Beranda Aplikasi 2 Aplikasi yang Diperlukan Untuk Merekam Layar Android Jadi Video

2 Aplikasi yang Diperlukan Untuk Merekam Layar Android Jadi Video

334
0

Adyblog.com – Merekam Layar Android Jadi Video. Dalam membuat video tutorial Android tentunya kita memerlukan aplikasi perekam layar Android yang bagus baik itu aplikasi yang memerlukan akses root maupun aplikasi yang tidak memerlukan akses root atau tanpa root. Untuk membuat video dari aktivitas layar Android, aplikasi yang diperlukan bukan hanya aplikasi perekam layar saja, namun ada aplikasi lain yang juga diperlukan, seperti aplikasi edit video yang memiliki kemampuan memotong dan mengedit video secara mudah.

Disini saya akan memberikan ulasan tentang 2 aplikasi yang diperlukan untuk merekam layar Android dan menjadikannya sebagai video tutorial. Tentunya aplikasi yang saya maksud adalah aplikasi terbaik yang telah saya uji sendiri menggunakannya. Aplikasi disini bekerja pada perangkat Android yang menjalankan sistem operasi Android 5.0 Lollipop ke atas, jadi sebelum menggunakan aplikasi pastikan bahwa kamu menggunakan perangkat yang mendukung. Alternatif lain kamu bisa mencoba cara menggunakan aplikasi Android yang tidak mendukung versi tertentu seperti versi Gingerbread atau versi Jelly Bean kebawah. Baca: Cara menggunakan aplikasi Android yang tidak mendukung versi Gingerbread.

2 Aplikasi yang Diperlukan Untuk Merekam Layar Android Jadi Video

Lollipop Screen Recorder

Aplikasi perekam layar Android ini merupakan aplikasi perekam layar Android terbaik menurut saya karena penggunaannya yang simple. Tidak banyak tool dalam aplikasi ini, kamu hanya akan menemukan tombol rekam dan stop rekaman saja, selanjutnya tombol “Play” dan berbagi setelah kamu selesai merekam aktivitas layar Android. Aplikasi ini sangat berguna untuk membuat video tutorial Android atau merekam game Android untuk kemudian di upload ke youtube. Aplikasi Lollipop Screen Recorder memiliki pilihan kualitas video hasil rekaman mulai dari 640 x 360 hingga full HD 1920 x 1080.

Merekam Layar Android Jadi Video

Aplikasi Android untuk merekam layar memang banyak tersedia di Play Store, namun beberapa diantaranya memerlukan akses root atau hanya bisa dipasang pada perangkat yang menjalankan superuser saja. Memang untuk menjalankan aplikasi perekam layar yang mudah harus root perangkat kamu, namun hal ini tidak terjadi pada perangkat yang telah menjalankan Android 5.0 Lollipop keatas karena versi baru Android ini tidak perlu di root untuk mendapatkan superuser.

Ok, setelah selesai merekam aktivitas layar, kamu hanya perlu membuka kembali aplikasi Lollipop Screen Recorder dan memilih “Stop Recording” untuk menghentikan aktivitas merekam layar menjadi video. Nah, selanjutnya kamu memerlukan aplikasi memotong dan mengedit video agar bisa memotong bagian video yang tidak diperlukan seperti saat aplikasi mulai dijalankan atau saat kamu mematikan aplikasi perekam layar yang ikut dalam video karena masih aktif. Download Lollipop Screen Recorder di Play Store.

VidTrim

Merekam Layar Android Jadi Video

Aplikasi yang memiliki fungsi utama sebagai pemotong video di Android ini juga yang terbaik yang pernah saya gunakan. Cara menggunakan VidTrim sangat mudah, buka aplikasi dan pilih video yang ingin kamu potong atau edit, dan pilih Trim (Logo gunting) untuk memotong video. Klik save jika telah selesai. Kamu bisa menyimpan versi baru video atau menyimpan dengan mengubah file aslinya.

Selain memotong video, VidTrim juga memiliki fitur lainnya yang juga berguna dalam mengedit video seperti: menambahkan efek pada video, memberi frame, mengubah nama file bahkan menyimpan video sebagai Mp3 jika video yang ingin kamu edit merupakan video lagu. Download VidTrim di Play Store.

Baca juga:

Demikianlah artikel 2 Aplikasi yang Diperlukan Untuk Merekam Layar Android Jadi Video ini. Semoga dua aplikasi yang di review disini bisa membantu yang membutuhkan informasi tentang cara merekam layar android lengkap dengan video editornya.

loading...