Beranda Blogger Agar Blog Memiliki Banyak Pengunjung

Agar Blog Memiliki Banyak Pengunjung

14
2
Banyak faktor yang harus diketahui untuk membuat blog kamu memiliki banyak pengunjung. Faktor utama dan yang paling penting adalah artikel (konten) blog itu sendiri, sebagaimana yang telah saya tulis dalam artikel sebelumnya.
Pada artikel ini saya tidak menjelaskan banyak tentang apa saja yang harus kamu ketahui agar blog kamu memiliki banyak pengunjung. Alasannya sederhana, karena saya tidak ingin menulis artikel terlalu panjang dan berdampak pada sulitnya kamu memahami apa yang saya tulis. Jadi, untuk kali ini saya fokus pada satu faktor saja.
Ok, pengunjung yang saya maksud disini adalah pengunjung yang datang dari search engine atau uniqe visitor. Mendatangkan banyak pengunjung tentu bisa dengan mudah, cukup dengan masuk ke forum atau komunitas blogger di media sosial dan meninggalkan URL blog disana. Tapi, yang saya maksud disini bukan pengunjung dari media sosial. Walaupun ini sangat di sarankan untuk blog berumur dibawah 2 minggu.
Mendapatkan pengunjung yang datang dari search engine menjadi tantangan tersendiri buat saya dan kamu juga bisa merasa seperti saya. Karena ini akan menjadi penguji sejauh mana kemampuan kamu dalam membuat blog yang memiliki traffic pengunjung unik.

Agar Blog Memiliki Banyak Pengunjung

Umur blog
Inilah faktor kedua yang harus kamu ketahui agar blog kamu memiliki banyak pengunjung. Fokus menulis, memperbanyak artikel, namun jika bulan pertama blog kamu tidak mendapatkan pengunjung sesuai yang kamu inginkan. Jangan patah semangat karenanya, perlu kamu ketahui umur sebuah blog sangat mempengaruhi , salah satunya karena backlink blog yang berumur lama lebih banyak dari blog baru.
Agar Blog Memiliki Banyak Pengunjung
Idealnya, blog harus berumur minimal 3 bulan untuk mendapatkan minimal pengunjung 200 per hari. Sekali lagi saya sampaikan, jangan patah semangat jika blog kamu belum mendapatkan banyak pengunjung.  Fokus menulis dan terus pantau kata kunci yang membawa pengunjung datang ke blog kamu. Tujuannya agar kamu tahu kata kunci yang kuat dan cocok untuk blog kamu. Gunakan kata kunci tersebut untuk dikembangkan menjadi artikel yang baru dengan pembahasan yang lebih luas.
Fokus menulis, anggap saja  kamu sedang menunggu umur blog kamu berusia 3 bulan. Jika kamu rajin dan rutin dalam menulis artikel, bukan tidak mungkin kurang dari 2 bulan blog kamu mendapatkan 500 pengunjung per hari.
Blog yang sudah berumur lebih cepat artikelnya terindeks, dan memiliki kemungkinan besar akan mendapat posisi bagus di search engine. Ini salah satu kelebihan blog yang sudah berumur lama.
Blog sepi. Jangan sampai hanya karena blog kamu sepi, kamu jadi malas menulis dan lebih merisaukan jumlah pengunjung blog kamu. Ingat blog kamu masih muda, butuh banyak artikel untuk membuatnya tumbuh dan besar.
Tulisan saya ini bukan tips, bukan cara atau menggurui. Tapi lebih kepada pemahaman sebelum kamu mencari cara terbaik agar blog kamu memiliki banyak pengunjung. Atau menerapkan teknik SEO dan lain sebagainya di blog kamu. Sebaik apapun teknik SEO, artikel tetap yang memegang peran penting dalam sebuah blog, nyawa sebuah blog. Tidak ada SEO yang bagus meski kamu telah menerapkan syarat SEO dari pakar jika umur blog kamu masih muda.
loading...
  • Terima kasih untuk artikel ini, karena menjawab kebingungan saya. Namun saya ingin menanyakan kalimat ini, “Idealnya, blog harus berumur minimal 3 bulan untuk mendapatkan minimal pengunjung 200 per hari.”

    Saya punya blog yang telah berusia 3 bulan. Karena dibuat bersama teman-teman, kami pun bisa memposting 5 artikel per hari. Meski begitu, pengunjung blog belum ada dari seacrh engine. Memang pernah ada pengunjung dari SE, tapi hanya 1 atau 2 saja, selebihnya datang dari follower Twitter kami yang bisa mencapai 20 per hari.

    Berkaitan dengan blog saya tersebut, kira-kira apa masalahnya ya Mas? Padahal usia sudah 3 bulan, artikel sudah 400-an buah, tapi pengunjung masih sangat minim. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    • Untuk menambah pengunjung bisa dengan cara promosi di sosial media seperti Facebook. Bisa promosi berbayar atau gratis dengan cara share.
      Blog adalah brand kita, buat brand tersebut menarik dan punya ciri khas agar bisa mendapatkan yang namanya “Returning Visitors”. Untuk mendapatkan banyak pengunjung dari SE memang sulit untuk sebuah blog kategori berita/majalah. Tapi, mbak Riana bisa mengajukan ke Google Site News agar situs mbak menjadi bagian dari Google News. Cara lain mendatangkan banyak pengunjung bisa dengan beriklan di FB.