Beberapa Hal Penting Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuat Blog atau Website

Beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum membuat blog atau website. Sebelum anda memutuskan membuat sebuah blog, baik blog gratis maupun blog berbayar dengan membeli domain dan hosting atau membeli domain saja, ada beberapa hal yang bisa jadi paduan bagi anda yang akan saya bagikan melalui artikel ini.

Tinggal sedikit lagi anda akan memiliki sebuah blog, karena saya yakin anda membaca artikel ini karena anda ingin menjadi seorang blogger atau webmaster. Tapi sebelumnya pertimbangkan dulu beberapa hal yang ada pada artikel ini. Saya harap artikel ini bisa membantu anda dalam membuat sebuah blog yang bukan hanya sekedar ikut-ikutan karena melihat blog orang lain.
Saya menulis beberapa paduan intinya saja, untuk selanjutnya saya akan buat artikel tentang yang lainnya setelah blog anda jadi. Berikut beberapa hal yang bisa anda jadikan paduan.

1. Apa konsep blog anda? Dan hal apa yang akan anda bagikan dalam blog anda nanti?

Sebelum anda memutuskan membuat blog, pertimbangkan dulu tentang ide atau konsep yang akan anda bagikan di blog anda. Apakah anda ingin membagikan banyak hal atau anda akan fokus pada satu hal saja. Pertimbangkan juga tentang hal-hal yang paling banyak anda ketahui. Ini bisa menjadi paduan anda menemukan ide atau konsep tentang blog yang akan anda buat, juga berpengaruh pada kelanjutan blog anda selanjutnya. Jangan sampai anda kehabisan ide dalam menulis artikel yang akan anda bagikan, hanya karena ide atau konsep blog yang anda dapatkan dari blog lain.
Jangan jadikan blog anda sebagai blog campuran yang di dalamnya membahas berbagai macam hal. Memang tidak ada salahnya jika anda membagikan bermacam-macam hal dalam blog anda untuk menghindari agar anda tidak kehabisan ide dalam hal yang ingin anda bagikan. Tapi saya sarankan untuk fokus dulu kepada satu bidang saja, misalnya dalam bidang yang anda kuasai. Semakin anda fokus pada satu bidang, semakin baik pula untuk kemajuan blog anda terutama di awal-awal anda membuat blog.
Disini saya tidak menyarankan anda untuk membuat blog anda dengan konsep tertentu, karena semuanya saya serahkan sepenuhnya kepada anda. Hal apa yang akan anda bagikan nanti tentunya anda sendirilah yang tahu.

Cara Membuat Blog atau Website

2. Apa nama dan alamat (URL) blog yang ingin anda gunakan?

Setelah anda menemukan ide dan konsep blog yang akan anda buat, memilih nama tidak sembarangan atau mementingkan ego anda, misal dengan membuat nama dan alamat (URL) blog anda dengan nama anda sendiri. Ini jelas tidak sesuai dengan konsep blog anda. Nama adalah salah satu hal yang penting untuk sebuah blog, dan sangat berpengaruh pada deskripsi blog anda.
Siapkan nama yang baik untuk alamat blog anda sesuai konsep yang ingin anda bagikan kedalam blog anda nanti. Buat sebuah nama yang unik dan menarik, tentunya nama yang cukup mudah untuk di ingat sesuai konsep. Mengapa nama dan alamat blog harus sesuai dengan konsep blog saya? Karena dari nama dan alamat blog anda menggambarkan hal-hal yang akan anda bagikan di blog. Dari alamat (URL) blog anda pengunjung bisa menebak hal apa yang di bahas dan di bagikan blog anda.
Nama dan alamat blog anda juga berpengaruh terhadap Seoarch Engine Optimization (SEO) karena nama dan alamat blog anda bisa sebagai keywords untuk blog anda agar mudah ditemukan di Search Engine.

3. Dimana anda harus membuat blog dan CMS apa yang akan anda gunakan?

Advertisement
Ada banyak Content Management System (CMS) yang bisa anda gunakan, anda bisa memilih CMS yang paling banyak digunakan para blogger seperti WordPress dan Blogger.

Saya ingin :

  • Membeli domain saja. >> Gunakan Blogger.com
  • Membeli Domain+Hosting. >> Gunakan wordpress.com instal dari Hosting.

Masing-masing CMS mempunyai kelebihan dan kekurangan, pilih lah sesuai tingkat kemudahan menerut yang anda ketahui dari beberapa blogger, atau anda bisa mencarinya di Google Search Engine.

  • Kelebihan dan Kekurangan WordPress dan Blogspot.

4. Menyiapkan beberapa artikel untuk anda posting di blog.

Buatlah beberapa artikel sebelum anda membuat blog, sebagai artikel perdana yang akan anda posting setelah blog anda selesai dibuat. Tidak perlu membuat artikel banyak atau puluhan. Buatlah setidaknya 3 artikel, dimana ketiga artikel tersebut saling berkaitan. Jika sebelum membuat artikel, anda niatkan untuk membuat artiket terkait yang nantinya akan saling terhubung, saya yakin bukan hanya 3 artikel saja, anda akan mendapatkan ide bahkan lebih dari 3. Saat membuat artikel pertama dan anda mendapatkan ide untuk artikel selanjutanya. Masukkan judul artikel berikutnya kedalam artikel pertama anda meski artikel tersebut belum ada, hanya sebatas judul saja. Hal ini bertujuan agar artikel kedua mudah dalam mendapatkan ide.
Saya harap pada poin keempat ini anda cukup paham, karena poin keempat ini sangat penting untuk kelanjutan blog anda. Poin keempat ini adalah awal dari terbukanya gerbang ide dari blog anda.
Sebenarnya masih banyak hal-hail yang perlu anda ketahui selain yang saya tulis di atas, tapi saya sampaikan empat poin saja yang menurut saya yang paling penting. Beberapa hal yang lain saya yakin anda sudah paham setelah membaca artikel ini. Jika anda melanjutkan membuat blog setelah membaca artikel ini, saya yakin di kemudian hari anda akan jadi blogger master yang juga akan berbagi pengalaman yang lebih dari apa yang saya sampaikan pada artikel saya ini.
Saya minta maaf jika seandainya artikel ini kurang lengkap menurut anda, bukan saya malas menulis atau berbagi pengalaman. Saya hanya tidak mau anda berlama-lama dengan teori dan menghabiskan waktu hanya untuk teori-teori saja.
Selangkah lagi anda akan menjadi seorang blogger yang di kemudian hari akan menjadi webmaster. Saya yakin anda telah memilih CMS yang paling mudah untuk anda gunakan, dan pastinya telah menyiapkan nama dan alamat blog anda. Tinggal klik “Buat Website” anda menjadi seorang blogger atau webmaster yang suatu saat nanti akan bermanfaat untuk orang lain.
Sekian dulu artikel ini, beberapa hal diatas setidaknya yang perlu anda ketahui untuk persiapan sebelum anda membuat blog. Hal-hal diatas bisa saja tidak diperlukan, tetapi akan lebih baik jika kita membuat persiapan untuk kemudahan dalam membuat blog, agar tidak ada blog kedua dalam jangka waktu yang singkat dari pembuatan blog pertama karena kurangnya persiapan hingga anda menemukan hal baru yang anda rasa lebih bagus sebagai konsep blog anda. Itu akan membuang waktu dan membuat anda tidak fokus.
Artikel ini mungkin tidak sebagus artikel dari blog lain yang lebih jelas dalam memberi anda paduan membuat blog, tapi saya harap artikel ini bermanfaat dan bisa sedikit membantu anda.
Saya tunggu anda di blog baru anda, jangan lupa mampir disini. Saya akan datang di artikel pertama anda untuk mengucapkan selamat datang.

Advertisement