Beranda Blogger Bingung Mencari Ide Untuk Artikel Blog? Ini Solusinya

Bingung Mencari Ide Untuk Artikel Blog? Ini Solusinya

5
0
Bingung Mencari Ide Untuk Artikel Blog? Ini Solusinya
Mau menulis artikel apa ya hari ini? Pertanyaan ini pasti sering dialami setiap blogger pemula, termasuk saya. Sobat merasa bingung? Jangan berpikiran mau copas artikel blogger lain ya! Jika sobat bingung, tenang saja. Anda tidak sendiri, banyak blogger lain juga merasa hal yang sama seperti yang anda rasakan. Untuk pemula memang begitu, sama seperti yang saya rasakan. Tapi jangan terlalu diambil pusing nanti yang ada sobat malah copas artikel orang lain, itu tentu tidak boleh, apalagi sampai tidak mencantumkan link lengkap ke sumbernya.
Ada beberapa tips mencari ide untuk artikel blog yang boleh anda coba nih sobat. Jangan menuruti kebingungan anda, nanti malah anda susah menemukan ide.
Jika ingin menulis artikel blog tapi belum menemukan ide, inspirasi dan motivasi untuk sobat jadikan postingan di blog. Jangan terlalu memaksakan pikiran anda mencari ide, hal itu hanya akan membuat anda malah semakin pusing sobat, jika ide tersebut muncul karena anda memaksakan pikiran untuk mencarinya, maka yang anda sobat dapat adalah ide yang sebenarnya tidak sobat kuasai sepenuhnya. Hal itu akan membuat artikel anda tidak menarik.
Sebaiknya santai saja, coba googling, membaca berita, membaca ebook, buku dan lain sebagainya. Saya yakin secara tiba-tiba ide itu akan muncul. Dan ingat jangan ditunda-tunda, sobat langsung saja buka dasbor blogger, pilih entri baru untuk menuangkan ide tersebut kedalam postingan blog sobat. Mulailah menulis seolah-olah anda sedang berbicara dengan seseorang. Intinya jangan memaksakan diri saat anda kehabisan ide untuk menulis artikel blog.
Ketika ada waktu luang, tapi belum menemukan ide, anda bisa memesiksa kesehatan blog di webmaster tools, memeriksa trafik blog atau sekedar googling dan mencari bahan bacaan. Banyak membaca akan membuat anda banyak pengetahuan, dan mudah menggabungkan ide. Jika sedang malas membaca juga tidak masalah, anda bisa silaturahmi ke blog lain untuk menyapa dengan meninggalkan komentar.
Saya juga sering kehabisan ide. Sebenarnya banyak ide, saya yakin sobat juga begitu. Hanya saja susaah untuk mengeluarkan ide tersebut. Oleh karena itu saya menyarankan untuk googling mencari bahan bacaan. Saya biasanya googling mencari bahan bacaan dengan mengunjungi blog orang lain dan membaca komentar dari pengunjung blog tersebut. Biasanya kita akan menemukan komentar dari pengunjung blog itu yang berupa pertanyaan atau keluhan. Nah, dari komentar pengunjung blog itulah ide biasanya muncul. Apalagi pertanyaan di komentar tersebut sesuai dengan yang anda kuasai. Pasti sobat akan buru-buru menulis posting karena semangat yang menggebu-gebu telah menemukan ide.
Selain itu, anda juga bisa cek di Google Trends sobat. Disitu anda bisa melihat apa yang lagi trend, atau apa yang sedang banyak dicari di Google Search Engine. Dari google trends tersebut anda juga bisa dengan mudaha menemukan ide untuk menulis artikel blog. Di Google Trends ada banyak kata kunci penelusuran yang jadi topik populer, bahkan yang sudah beberapa tahun belakangan. Anda bisa lihat apa kata kunci yang banyak dicari di tahun 2013. Anda juga bisa mencari berdasarkan kategori, misalnya: Belajar blog, membuat blog, teknologi, berita dan lain sebagainya bisa anda temukan di google trends.
Nah, itu tadi beberapa tips berdasarkan pengalaman saya, anda bisa coba. Mudah-mudahan bisa sedikit membantu. Ingat! Intinya, bawa santai aja, jangan diambil pusing. Tidak ada aturan harus menulis artikel di blog setiap hari. Ok, salam blogger!
loading...