Beranda Tips Trik 3 Cara Mudah Menjadikan Hp Android Sebagai Modem

3 Cara Mudah Menjadikan Hp Android Sebagai Modem

661
0

Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Modem – Untuk terhubung ke internet sangat mudah, memang benar kata orang-orang teknologi mempermudah pekerjaan manusia, apalagi sekarang sudah banyak teknologi canggih seperti smartphone, Android khususnya, mau apa aja bisa. Kalo kita flashback ke 10 tahun yang lalu, punya hp kamera itu sudah keren loh, ringtun poliponik aja udah keren. Coba 10 sampai 12 tahun yang lalu kamu pakai smartphone Samsung Note 5, saya yakin semua mata tertuju pada hp mu.

Baiklah, cukup ngelanturnya. Untuk terhubung ke internet dari PC/laptop harus ada modem atau koneksi wifi. Beberapa tahun yang lalu modem memang gadget yang eksis abis, namun sekarang sudah tergantikan karena smartphone sudah bisa dijadikan modem.

Cara Mudah Menjadikan Hp Android Sebagai Modem
3 Cara Mudah Menjadikan Hp Android Sebagai Modem

Disini ada 3 cara mudah menjadikan smartphone Android sebagai modem, terserah deh kamu mau pilih cara yang mana yang tentunya paling mudah buat kamu.

1. Menggunakan USB Tethering

Dalam bahasa Indonesia namanya penambatan USB. Cara ini menjadikan smartphone kamu sebagai modem menggunakan kabel USB. Dengan mengaktifkan fitur ini pada smartphone kamu, maka dengan mudah kamu bisa berbagi koneksi internet hp ke PC/laptop. Cara ini biasanya digunakan pada perangkat komputer yang tidak mendukung Wifi.

Cara menjadikan hp Android sebagai modem yang pertama ini bekerja baik pada perangkat komputer yang menjalankan Windows 7 ke atas, untuk Windows Xp sangat sulit bekerja karena kamu membutuhkan pengaturan dan software pendukung.

Jika menggunakan Windows 7 ke atas caranya cukup mudah, sambungkan ponsel kamu ke PC/laptop menggunakan kabel USB, selanjutnya buka Pengaturan » Lainnya » Tethering & Hotspot Portable » centang√ USB Tethering (penambatan USB).

2. Menggunakan Bluetooth Tethering

Cara ini berbagi koneksi internet hp kamu melalui bluetooth. Untuk cara menggunakan fitur ini sama, buka Pengaturan » Lainnya » Tethering & Hotspot Portable » centang√ Bluetooth Tethering (penambatan Bluetooth). Menggunakan cara menjadikan ponsel Android sebagai modem ini mungkin tidak bisa pada perangkat PC karena kebanyakan PC belum memiliki koneksi Bluetooth. Menggunakan cara kedua ini kamu harus memiliki laptop yang memiliki pilihan koneksi bluetooth.

3. Menggunakan Hotspot Portable

Cara yang terakhir ini merupakan cara favorit saya, karena menurut saya ini cara yang paling mudah. Untuk menggunakan Hotspot Portable ini, buka Pengaturan » Lainnya » Tethering & Hotspot Portable » centang√ Hotspot Portable. Lihat taskbar laptop kamu, klik icon jaringan, maka akan muncul nama hotspot (SSID), selanjutnya klik connect. Lihat gambar dibawah sebagai paduan.

Cara Menjadikan Hp Android Sebagai Modem

Pilihan lain dari cara ini, kamu bisa mengatur SSID dengan nama sesuai keinginan, kamu juga bisa mengamankan dengan password (WPA2 PSK). Jangan lupa centang koneksi otomatis di saat meng-klik icon jaringan tadi agar laptop kamu kenal dengan SSID ini. Setelah konek dengan laptop, jangan lupa untuk mengubah pengaturan wifi smartphone kamu ke “tidak dapat ditemukan” karena hal ini bisa mencegah orang lain disekitar kamu bisa menggunakan koneksi wifi ponsel dari berbagi wifi yang kamu lakukan.

Itulah 3 Cara Mudah Menjadikan Hp Android Sebagai Modem. Semoga bisa membantu kamu yang ingin menjadikan hp android sebagai modem. Jika mengalami kesulitan silahkan berkomentar.

loading...