Beranda Tips Trik Cara Menjadikan Ponsel Android Sebagai Modem USB/WiFi

Cara Menjadikan Ponsel Android Sebagai Modem USB/WiFi

Ponsel Android memiliki banyak kelebihan yang membuat pengguna tidak bosan menggunakannya. Selain banyaknya aplikasi yang tersedia secara gratis, Android juga bisa dijadikan modem untuk terhubung ke internet melalui laptop. Banyak orang mencari cara membuat Android menjadi modem. Oleh sebab itu disini saya akan menyampaikan kepada sobat bagaimana menjadikan ponsel Android sebagai modem yang bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu modem dengan kabel USB dan tanpa kabel USB atau melalui WiFi Hotspot.

Membuat Android menjadi modem sangat mudah, kamu akan cepat mengerti setelah saya jelaskan caranya disini. Tapi sebelumnya pastikan memperhatikan cara berikut dengan sungguh-sungguh karena meskipun mudah tanpa memperhatikan dengan seksama cara tersebut akan terasa sulit.

Cara Menjadikan Ponsel Android Sebagai Modem USB/WiFi

membuat android jadi modem

Sebelumnya, persiapkan laptop dan tentunya ponsel Android. langsung saja, berikut cara menjadikan hp Android sebagai modem.

  1. Buka Pengaturan, kemudian pada bagian nirkabel dan jaringan pilih Selengkapnya.
  2. Selanjutnya pilih Tethering dan Portable Hotspot. Kemudian kamu akan menemukan dua menu, yaitu Penambatan USB dan HotSpot WiFi portable.
  3. Pilih salah satu. Jika kamu ingin melalui jaringan WiFi pilih HotSpot WiFi portable, jika menggunakan USB pilih Penambatan USB.
  4. Sampai dengan cara nomor 3 sebenarnya sudah selesai. Tapi, ada baiknya kamu mengatur terlebih dahulu di menu Pengaturan HotSpot WiFi portable untuk mengubah nama dan memberikan perlindungan dengan password agar pengguna lain tidak bisa menggunakan koneksi WiFi kamu. Setelah mengatur password dan nama WiFi hotspot kamu. Sekarang kita menuju laptop.
  5. Buka laptop, dibagian taskbar (di kanan bawah layar laptop) pilih Network (ikon jaringan/komputer). Kemudian klik dan pilih jaringan yang tersedia. Pilih jaringan yang tampil sebagai nama Hotspot yang kamu buat tadi. Masukkan nama kemudian password agar perangkat memulai koneksi.

Setelah semua langkah diatas kamu ikuti semua, maka Android kamu sudah terhubung ke laptop sebagai modem. Kamu bisa browsing, chatting dan main sosial media menggunakan laptop dengan modem hp Android.

Selain menggunakan Hotspot kamu juga bisa menggunakan kabel USB. Namun, cara ini tentu akan membuat kamu ribet karena kamu tidak bebas menenteng laptop atau tidak bebas meletakkan smartphone kamu untuk mendapatkan koneksi yang baik.

Membuat Android jadi modem menggunakan kabel USB bisa kamu lakukan jika ingin charge ponsel kamu. Sehingga selain sebagai modem dengan kabel USB kamu juga bisa mengisi daya smartphone.

Loading...