Hutan Yang Menghilang

0
Hutan yang Menghilang – Kita lupa menanyakan “Kemana hutan kita?” Apa jawaban anda jika ada pertanyaan itu? Ada yang menjawab tidak tahu, ada juga yang menjawab “hutan telah berubah menjadi perkebunan kelapa sawit”. Ya benar.(Horeeee…..)
Hutan di daerah kita telah berubah menjadi kebun kelapa sawit. Sebutan hutan hanya tinggal nama saja, sejauh mata memandang yang terbentang hanya lahan gundul yang akan dijadikan areal perkebunan. Hutan yang indah seperti yang kita bayangkan dalam film Jurassic Park itu tidak ada.

Di daerah Sumatera, khususnya daerah ROHIL tempat saya. Hutan bisa dibilang sudah tidak ada karena telah menjadi lahan perkebunan yang sangat luas, bahkan untuk lahan daratan rendah sekalipun telah di sulap menjadi areal perkebunan kelapa sawit yang sangat luas. Daerah dengan daratan rendah tidak menyulitkan bagi pemilik perkebunan yang bermodal besar untuk membuka lahan perkebunan kelapa sawit yang luas. Mereka tidak segan-segan mengeluarkan dana yang sangat besar untuk menyewa alat berat (Excavator). Alat ini nantinya digunakan sebagai pembuatan kanal (drainase) dan tanggul di sekeliling areal perkebunan milik mereka.
adyblogcom
Beberapa waktu yang lalu saya sempat melintas di areal dimana akan dijadikan lahan perkebunan kelapa sawit. Saya melihat jauh hingga batas jarak pandang, ternyata hutan yang dulu jadi habitat banyak makhluk hidup telah hilang dan berganti dengan perkebunan kelapa sawit. Saya sempat bertanya-tanya apa hal terburuk yang akan terjadi beberapa puluh tahun kedepan? Tidak ada yang bisa memastikan, tapi saya yakin akan ada dampak buruk yang terjadi karena hilangnya hutan ini.
Dampak dari menghilang nya hutan dan berganti menjadi perkebunan kelapa sawit sudah kita ketahui beberapa diantaranya, yaitu hewan seperti Gajah yang sering masuk ke pemukiman dan kebun milik warga untuk mencari makanan, atau berkurangnya populasi Harimau Sumatera salah satu hewan yang dilindungi. Hal ini sudah jadi trending topik setiap tahunnya di Riau selain Kebakaran Hutan.

Saya suka dengan pemandangan alam, hamparan yang hijau. Tapi sayangnya bukan hutan yang saya lihat, melainkan perkebunan milik perusahaan dan perorangan. Entah apa yang akan saya jawab nanti kepada anak cucu jika mereka bertanya “Hutan itu seperti apa sih?” Mungkin akan saya jawab sambil menonton film Hollywood, atau saya akan menunjukkan perkebunan karet sebagai hutan, dan mereka akan berkata “Kok beda ya sama yang di film”.
adyblogcom
Saya berharap disetiap kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir ini mempunyai kawasan hutan lindung yang memang dikelola secara baik, walaupun luasnya tidak seberapa. Saya sangat ingin melihat pohon dengan diameter batangnya yang mencapai hingga 1 meter, tidak seperti sekarang dimana batang pohon karet lebih besar dari pohon yang tumbuh di hutan. 
Tempat wisata yang natural dengan pemandangan alam yang indah, hutan yang alami, pasti lebih memiliki suasana nyaman melebihi tempat wisata modern seperti sekarang. Semoga harapan ini masuk dalam daftar kegiatan pemerintah untuk pelestarian alam. Go green..!
Loading...