Manfaat Memiliki Website Self-Hosted

Profesi sebagai penulis atau content writer semakin banyak dilirik terutama di era teknologi serba maju seperti sekarang ini. Kita bisa bekerja sebagai freelancer dan menulis untuk banyak klien. Lebih menyenangkannya lagi profesi freelancer ini bisa bekerja di mana pun kita mau, cukup berbekal laptop dan internet.

Untuk yang sudah berpengalaman dalam hal menulis, apalagi secara online, mungkin pengetahuan mengenai website dan blog bukan hal yang asing lagi. Namun, bagi mereka yang sama sekali belum pernah mencicipi dunia blog mungkin akan merasa kewalahan.

kata bijak menjadi penulis

Jika memiliki hobi menulis dan ingin menjadikannya serius dan mendatangkan pemasukan, maka Anda perlu menampilkan tulisan-tulisan secara online melalui website atau blog. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan memiliki website sendiri.

1. Memiliki website menunjukkan bahwa Anda memiliki kehadiran online yang sifatnya profesional

Layaknya industri lain, industri penulisan pasti juga penuh dengan kompetisi. Memiliki website memberikan Anda kesempatan untuk unggul dibanding penulis-penulis lain karena klien atau penerbit bisa dengan mudah menemukan Anda secara online.

2. Website memungkinkan klien dan pembaca menemukan tulisan-tulisan Anda

Jika ingin serius menekuni profesi sebagai penulis, maka Anda perlu menunjukkan karya-karya ke klien, pembaca, atau bahkan penerbit. Jika memiliki tulisan bagus tapi hanya disimpan untuk pribadi, bagaimana Anda akan menunjukkan kemampuan sebagai seorang penulis yang andal? Website bisa berfungsi sebagai resume atau portofolio karya-karya Anda.

3. Website membantu Anda untuk terus berlatih meningkatkan kemampuan menulis

Memiliki website akan membantu atau bahkan memaksa Anda untuk terus berlatih menulis, apalagi bagi penulis pemula. Semakin sering Anda berlatih, maka semakin baik kualitas karya anda.

4. Website membantu Anda membangun koneksi dan relasi dengan sesama freelance writer dan bisa meningkatkan kepercayaan diri

Apa pun industri yang Anda tekuni, membangun koneksi dan relasi dengan orang-orang seprofesi sangat bermanfaat. Anda bisa saling bertukar informasi yang mungkin berguna bagi pekerjaan anda.

5. Website bisa digunakan sebagai senjata marketing dan branding

Website Anda merupakan portofolio Anda dan bisa digunakan sebagai sarana untuk memasarkan diri Anda sebagai penulis. Jika Anda memiliki banyak tulisan bagus, maka Anda akan memiliki competitive advantage yang memungkinkan Anda unggul dibanding penulis-penulis lain dan dicari oleh banyak klien.

Saya sudah membahas manfaat memiliki website bagi penulis, maka tentu langkah selanjutnya adalah membuat website. Ada banyak platform gratis yang bisa Anda gunakan, misalnya wordpress.com atau blogger.com. Hanya saja, sebagai konsekuensinya, website Anda akan terkesan kurang profesional karena harus mengikuti nama domain bawaan dari masing-masing platform, contohnya:

namawebsiteanda.blogspot.com
namawebsiteanda.wordpress.com

Oleh sebab itu, saya menyarankan Anda untuk menggunakan self-hosted website.

Self-hosted website memberikan Anda lebih banyak kontrol terhadap website anda. Anda bisa menggunakan custom domain sesuai keinginan dan menggunakan plugin-plugin yang bermanfaat bagi website anda. Untuk bisa memiliki self-hosted website, Anda memerlukan bantuan dari perusahaan web hosting. Ada banyak sekali perusahaan web hosting Indonesia yang bisa dipilih, tetapi saya merekomendasikan Anda untuk menggunakan Hostinger.

Hosting Terbaik di Hostinger

Hostinger merupakan perusahaan hosting Internasional yang memiliki cabang di banyak negara, termasuk Indonesia. Hostinger sudah melayani lebih dari 29 juta pelanggan di seluruh dunia dan hampir 15 ribu pelanggan baru mendaftar tiap harinya sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas layanan yang mereka berikan.

Hostinger memiliki 3 paket hosting yang bisa Anda pilih, yaitu Web Hosting Single, Web Hosting Premium, dan Web Hosting Bisnis.

Setiap paket memiliki fitur dan spesifikasi berbeda yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Web Hosting Single : Paket termurah yang dimiliki Hostinger yang bisa anda miliki dengan Rp 13.850 per bulannya. Paket ini cocok untuk website kecil dan sederhana yang belum memiliki kunjungan tinggi serta tidak membutuhkan fitur terlalu canggih.

Web Hosting Premium : Paket ini merupakan paket terpopuler Hostinger dan cocok jika website Anda sedang berkembang dan memiliki jumlah kunjungan yang cukup tinggi. Saya sangat merekomendasikan paket ini untuk para penulis yang ingin membuat self-hosted website karena Anda memiliki lebih banyak kontrol terhadap website. Selain itu, fitur-fitur yang ditawarkan oleh paket ini juga lengkap. Anda cukup mengeluarkan Rp 29.950 per bulannya untuk berlangganan paket premium ini.

Web Hosting Bisnis : Seperti dapat diduga dari namanya, paket ini ditujukan untuk website dan bisnis stabil. Jika website Anda memiliki kunjungan yang tinggi dan membutuhkan fitur-fitur canggih dan proteksi yang tiada duanya, maka paket ini merupakan pilihan yang tepat. Cukup dengan membayar sebesar Rp 45.950 Anda bisa menikmati paket Web Hosting Bisnis ini.

Domain Di Hostinger Lebih Murah

Salah satu keuntungan dengan memiliki self-hosted website adalah kebebasan dalam menentukan nama domain. Anda bisa menggunakan ekstensi seperti .com, .net, .co.id dll. Hostinger juga menyediakan layanan domain. Anda bisa mengecek ketersediaan domain yang anda minati dengan menggunakan fitur di atas.

Buat Website cantik dengan Website Builder di Hostinger

Tampilan website sangat penting untuk menjadi perhatian karena hal tersebut yang menentukan apakah pembaca akan tertarik membaca tulisan Anda atau malah langsung meninggalkan website Anda karena tampilan website tidak menarik atau justru membingungkan.

Hostinger memiliki fitur berupa website builder yang sangat berguna untuk Anda yang masih awam dalam dunia web design. Anda bisa memilih dari banyak template yang tersedia.

Menurut saya, terkait harga yang harus saya keluarkan untuk berlangganan paket hosting di Hostinger, saya mendapatkan lebih dari yang dibayangkan. Fitur-fitur yang ditawarkan sangat canggih. Selain itu, tim Support sangat membantu ketika saya harus berhadapan dengan masalah terkait website. Oleh karena itu, saya sangat merekomendasikan Hostinger jika Anda membutuhkan layanan web hosting Indonesia.

Exit mobile version