Beranda Tips Trik Membuat Aplikasi Android Jadi Ringan Tanpa Hapus Aplikasi

Membuat Aplikasi Android Jadi Ringan Tanpa Hapus Aplikasi

175
0

Membuat Aplikasi Android Jadi Ringan Tanpa Hapus Aplikasi – Seringkali pengguna Android merasa heran memori perangkat mereka semakin lama semakin sempit padahal tidak melakukan apapun seperti menambah aplikasi baru. Hal ini cukup menjengkelkan karena harus menghapus beberapa aplikasi agar ruang penyimpanan kembali lapang. Perlu kamu ketahui, aplikasi Android semakin lama gunakan akan semakin berat, memori yang digunakan pun semakin besar dan hal ini berdampak pada performa smartphone itu sendiri. Oleh karena itu kita harus pandai-pandai dalam mengelola perangkat yang kita punya agar tetap pada performa terbaiknya.

Disini saya akan berbagi tentang cara mengoptimalkan aplikasi Android agar lebih ringan, kamu tidak perlu uninstall dan install aplikasi karena tindakan semacam ini akan menghabiskan waktu dan tentunya kuota internet. Pastinya kamu tidak mau kuotan internet terbuang percuma hanya karena install ulang aplikasi.

Saya sendiri cukup sering melakukan install aplikasi, coba gunakan kemudian hapus kembali. Tapi, ini untuk tujuan review saja agar saya bisa mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi atau game tersebut untuk bisa ditulis di blog ini. Memang lumayan banyak kuota yang dihabiskan untuk ini, tapi itu tidak berarti apa-apa asalkan saya bisa memberikan review aplikasi bagi para pembaca blog ini.

Baiklah, disini saya akan memberikan trik sederhana saja. Semoga bisa membantu kamu yang sedang mengalami masalah aplikasi yang berat atau penggunaan memori yang berlebihan. Jadi, tidak ada lagi keluhan mengenai memori perangkat yang habis tanpa install aplikasi baru atau aplikasi yang memiliki kinerja cukup berat sehingga berdampak juga pada performa smartphone kamu.

  1. Buka pengaturan > aplikasi.
  2. Pilih aplikasi yang di instal, selanjutnya pilih salah satu aplikasi yang berat yang ingin di buat menjadi ringan.
  3. Pilih hapus data dan hapus cache.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat gambar dibawah ini. Tampilan mungkin berbeda untuk masing-masing merek ponsel yang digunakan, namun pengaturan ini umumnya sama hanya beda tampilan dan penempatan saja.

Membuat Aplikasi Android Jadi Ringan Tanpa Hapus Aplikasi

Itulah sedikit trik cara membuat aplikasi Android jadi ringan tanpa menghapus aplikasi itu sendiri. Setelah melakukan proses di atas, misalnya pada aplikasi BBM, untuk kembali menggunakan aplikasi tersebut kamu harus login lagi menggunakan BB ID atau misalnya menghapus aplikasi Facebook, maka kamu haru login kembali ke aplikasi karena proses hapus data menghapus semua data yang di simpan oleh aplikasi termasuk akun yang login di aplikasi tersebut.

Cara di atas tidak akan menghapus aplikasi apalagi merusaknya, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk melakukan cara di atas. Hanya saja jika kamu lakukan pada aplikasi BBM, pastikan kamu tau password login ke aplikasi BBM, jika tidak maka semua kontak yang ada akan hilang karena kamu harus mendaftar atau membuat BB ID yang baru.

loading...