Beranda Blogger Membuat Blog Pilih Blogger atau WordPress?

Membuat Blog Pilih Blogger atau WordPress?

6
2
Dalam membuat sebuah blog hal yang pertama yang harus di pertimbangkan tentunya adalah platform mana yang ingin kita gunakan, baik yang gratis maupun berbayar. Masing-masing punya keunggulan tersendiri dalam akses dan fitur yang di sediakan. Untuk yang masih pemula menurut saya Blogger.com adalah rekomendasi yang tepat karena dari blogger anda bisa belajar dasar-dasar HTML, CSS dan JavaScript. Jika anda tidak mau belajar dasar-dasar bahasa pemograman anda bisa menggunakan wordpress.org (self-hosted).


Kedua platform yang paling banyak digunakan di dunia ini memiliki kekurangan dan kelebihan pastinya, tapi disini saya tidak membahas kelebihan dan kekurangannya. Anda bisa mencari informasi tersebut dengan browsing di Google, banyak situs yang membahas tentang kelebihan dan kekurangan platform tersebut. Disini saya hanya memberi beberapa gambaran bagi anda yang ingin memilih platform mana yang akan anda gunakan untuk menggunakan nama domain anda sendiri, bukan sub-domain yang di sediakan secara gratis.

Pilih Blogger atau WordPress


Blogger.com

Menggunakan blogger.com yang kita ketahui sebagai milik Google adalah platform yang banyak di gunakan oleh blogger pemula karena alasan ingin mengetahui dasar-dasar bahasa pemograman seperti HTML, CSS dan JavaScript. Di blogger (blogspot) segala sesuatunya digunakan secara manual, seperti edit template yang mengharuskan anda masuk ke template untuk mengedit HTML dari template tersebut, tentunya hal ini harus memiliki setidaknya pengetahuan dasar HTML. Memang banyak template gratis yang disediakan oleh para pembuat template yang bisa anda download. Tapi tentu saja template gratis ini masih memerlukan campur tangan anda untuk mengeditnya, sebagai contoh memasukkan URL di bagian navigasi atau mengubah dan menambah link credit dibagian bawah template tersebut.

Jika menggunakan nama domain sendiri yang anda beli dari penyedia nama domain dan hosting. Anda bisa langsung mengubah sub-domain blogspot.com menjadi nama-anda.com langsung dari dasbor blogger tersebut tanpa harus menggunakan atau menyewa jasa hosting.

( Baca: Ternyata Mengubah Domain Di Blogspot Itu Gampang )


WordPress.org (self-hosted)

WordPress termasuk salah satu Content Management System (CMS) yang paling banyak digunakan para webmaster, yaitu wordpress.org (self-hosted). Bagi yang kurang menguasai bahasa pemograman seperti HTML, CSS, JavaScript atau PHP, wordpress self-hosted adalah pilihan yang tepat bagianda yang ingin membuat blog/website. Karena anda akan dibantu oleh plugins yang disediakan oleh developers baik yang gratis maupun yang berbayar, begitu juga dengan banyaknya tema (theme) yang sediakan secara gratis, anda juga bisa menggunakan yang berbayar jika mempunyai dana untuk membeli tema.

Menggunakan wordpress self-hosted tentu sangat mudah, bahkan untuk seorang yang tidak menguasai bahasa pemograman sedikitpun. Anda akan dimanjakan dengan banyaknya plugins yang disediakan untuk mempermudah pekerjaan anda dalam mengelola blog/website anda tersebut. Anda hanya perlu membeli domain dan menyewa hosting. Kemudian menginstal wordpress dari cpanel hosting anda. Menginstal secara manual atau menginstal otomatis dengan menggunakan Auto Installer Softaculous.
Nah, bagaimana apakah anda sudah menentukan pilihan?  Saya harap artikel ini sedikit membantu. Membuat sebuah blog intinya harus serius dan benar-benar ingin ngeblog. Apapun platform yang anda gunakan pasti ada kelebihan dan kekurangannya, dan yang pasti pilihlah platform yang membuat anda nyaman, walau terkadang susah digunakan tapi kita akan banyak belajar dari yang sempat membuat kita merasa kesusahan. Sebelum kita tahu, kesusahan dalam ngeblog itu tentu sering ditemukan, tapi seiring berjalannya waktu dan banyaknya kita belajar dari kesusahan tersebut semuanya akan terasa mudah. Salam.

loading...
  • kalau saya pilih dua 2 nya,, diwordpress ada, di blogspot juga.. tapi, mengenai SEO ,, lebih , greget, di wordpress !!! itu, versi saya.

  • Iya bro, saya juga pakai keduanya. Untuk wordpress plugin SEO nya sangat membantu, bisa juga di pelajari analisa plugin itu untuk di terapkan di blogspot..