Beranda Tips Trik Mengatasi Baterai Android Boros Saat Tidak Digunakan

Mengatasi Baterai Android Boros Saat Tidak Digunakan

113
0

Kadang sangat menjengkelkan ketika kita mengetahui baterai smartphone android boros padahal seharian tidak digunakan. Mencari cara mengatasi baterai android yang boros ini adalah langkah tepat jika kita tidak mengetahui penyebabnya. Untuk itu saya memberikan cara yang biasanya saya lakukan ketika mengalami hal ini.

Dalam kasus ini saya sering mengalami baterai smartphone boros, terutama saat standby malam hari. Secara logika, tidak mungkin baterai smartphone kita akan berkurang puluhan persen hanya dalam beberapa jam saja. Sementara tidak kita gunakan, adalah hal yang wajar jika kita gunakan bermain game HD online, namun mengapa baterai tetap boros meski pada saat standby?

Penyebab yang utama adalah jaringan (koneksi) dan aplikasi yang berjalan di background. Kedua hal ini adalah penyebab utama baterai smartphone tetap boros saat tidak digunakan. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan fitur penghemat daya yang tersedia di hampir semua smartphone berbasis android.

baterai boros

Fitur penghemat daya ini biasanya akan menghentikan proses koneksi internet untuk beberapa aplikasi yang berjalan di background. Kita bisa memilih aplikasi yang diinginkan untuk tetap berjalan saat ponsel standby. Aktifkan hanya aplikasi yang penting saja, aplikasi instant messenger seperti BBM, LINE, WeChat dan lain sebagainya.

Selain cara tersebut, bisa juga dengan mengaktifkan mode penerbangan jika smartphone Anda hanya untuk aktivitas online saja yang membutuhkan koneksi internet. Jika tetap ingin menerima telpon masuk, Anda bisa menghemat baterai dengan cara mengganti status jaringan, saat tidak smartphone tidak digunakan, Anda bias mengganti jaringan yang digunakan ke jenis 2G.

Pada mode 2G smartphone akan lebih hemat dalam mengkonsumsi daya, dan saat ingin Anda gunakan kembali, silahkan beralih ke mode jaringan 3G yang lebih cepat dalam mengakses internet.

Tips tersebut adalah yang paling baik dalam menghemat baterai android saat standby atau sedang tidak digunakan. Perhatikan juga suhu dimana ponsel tersebut Anda letakkan, karena suhu sekitar juga berpengaruh terhadap ketahanan baterai smartphone android Anda.

SHARE
Loading...