Rasa Malas Ngeblog Itu Biasa

0
Rasa malas ngeblog bagi seorang blogger bukan hal yang asing lagi. Hampir setiap blogger merasakan bagaimana rasa malas ngeblog pada saat-saat tertentu. Wajar-wajar saja jika rasa malas itu muncul secara tiba-tiba. Mungkin karena kecapean, belum menemukan ide untuk artikel, atau karena mempunyai blog yang lain yang lebih disukai.
Rasa malas ngeblog itu biasa, teman tidak perlu khawatir. Ngeblog itu juga tidak harus update setiap hari, yang penting aktif walau hanya sekedar ngecek komentar yang masuk, menjawab pertanyaan setiap yang berkomentar di blog teman atau blogwalking. Merespon setiap pertanyaan dengan baik itu perlu bagi sesama blogger untuk menjaga silaturrahmi dan membantu yang membutuhkan sesuatu seperti yang kita posting.
Kadang saya juga ngerasa malas ngeblog, tapi bukan berarti itu suatu pertanda buruk, asal kita tidak menuruti rasa malas itu dan membiarkannya berlarut-larut. Semalas apapun saya ngeblog, pasti setiap hari saya sempatkan membuka blog dan blogwalking ke blog teman blogger lainnya untuk menambah pengetahuan dan menyapa.
Malas ngeblog itu lebih kepada malas menulis artikel atau malas karena traffic yang turun dari hari kehari. Tidak ada cara terbaik untuk mengatasi rasa malas ngeblog ini, karena semua itu ada pada diri kita sendiri. Jadi blogger itu harus pantang menyerah, pasang surut traffic itu hal yang wajar. Jangan cuma masalah traffic turun terus jadi malas ngeblog.
Ada banyak hal yang bisa dilakukan ketika malas ngeblog karena belum menemukan ide atau karena melihat traffic yang turun dan tidak sesuai harapan. Teman bisa lakukan hal-hal yang lain. Misalnya dengan berkunjung ke blog orang lain membaca untuk menambah wawasan, atau nongkrong di forum-forum blogger untuk ikut memberikan pendapat tentang yang dibahas di forum tersebut.
Rasa malas ngeblog jika menyerang saya, hal yang saya lakukan adalah berkunjung ke blog teman blogger lain, membaca artikel mereka untuk mendapatkan pengetahuan baru dan pastinya blogwalking. Saya memang sangat senang blogwalking. Diam-diam membaca artikel orang lain tanpa berkomentar itu rasanya nggak komplit, seperti ada yang kurang. Dan bukan hanya membaca artikelnya saja, komentar-komentar yang berupa pertanyaan tentang  apa yang mereka keluhkan juga tak kalah membuat saya senang. Sedikit pengalaman saya akan saya berikan sebagai jawaban untuk orang-orang yang berkomentar tersebut. Walaupun tidak ada apa-apanya, tapi saya berharap bisa sedikit membantu mereka.
Rasa malas ngeblog itu biasa, tapi jangan biarkan diri teman larut dalam rasa malas itu. Sapalah teman-teman blogger yang lain melalui komentar blog mereka atau di forum blogger. Hal ini sudah sering saya lakukan, dan ternyata memang efektif untuk menghilangkan rasa malas. Bahkan dari berkomentar di blog dan forum jadi menambah semangat kita ngeblog, dan mudah menemukan ide baru untuk sebuah artikel.
Hanya ini yang bisa saya tulis berdasarkan apa yang pernah saya alami, lebih dan kurangnya saya mohon maaf. Salam blogger!
Loading...