Tips Memilih Domain yang Bagus Untuk Blog

0
Tips Memilih Domain yang Bagus Untuk Blog. Bagi masih memakai sub domain silahkan menggunakan domain dengan anda sendiri, ada .com .net atau .org terserah anda mau pakai domain yang mana. Untuk yang sudah dikenal masyarakat pastinya domain .com, saya rasa anda juga sudah mengetahuinya. Menggunakan nama domain sendiri ini membuat blog anda terlihat lebih profesional dan memiliki kebanggaan tersendiri tentunya.
Pada artikel ini saya menjelaskan 3 poin pentingnya saja. Karena ini tips memilih domain, jadi sedikit tentang blog juga saya bahas disini. Karena akan lebih mudah jika saya tidak membahas hanya domain saja.
Ok, berikut 3 poin yang merupakan tips memilih domain yang bagus untuk blog.
1. Menentukan ide dan konsep blog
Ide atau konsep dari blog yang ingin anda buat bisa jadi paduan anda untuk membuat sebuah blog. Jika anda sudah punya ide untuk blog, anda akan mudah menemukan nama blog dan nama domain yang akan anda gunakan. Jika telah menemukan ide untuk blog anda, pikirkan 2 nama yang ingin anda gunakan.

2. Menentukan deskripsi blog
Menentukan deskripsi blog ini saya masukkan pada poin kedua karena menentukan deskripsi blog adalah sebagai alternatif jika anda ingin membuat blog dan nama domain menggunakan nama anda sendiri. Misalnya anda ingin membuat blog tentang SEO, tapi anda ingin menggunakan domain dengan nama anda sendiri. Nah, dengan menentukan deskripsi blog anda tetap bisa menggunakan domain namaanda.com. Jadi anda bisa membuat deskripsi blog anda, misalnya “Blog tentang Belajar SEO”

Tips Memilih Domain yang Bagus Untuk Blog

3. Memilih nama domain
Setelah 2 poin diatas telah telah anda pertimbangkan, lanjut kepada memilih domain. Ada 3 hal yang harus anda pertimbangkan memilih domain yang akan anda gunakan sebagai URL blog anda nantinya. Berikut penjelasannya.

#3.a. Nama domain menggunakan 2 kata
Baiknya anda menggunakan domain yang terdiri dari 2 kata, misalnya namasaya.com, blogsaya.com dan nama domain lainnya, yang terpenting menggunakan 2 kata saja. Nama domain dengan 2 kata lebih mudah diingat jika pengunjung blog anda ingin kembali lagi mengunjungi blog anda.

#3.b. Nama domain berdasarkan konsep blog
Pertimbangkan konsep blog yang akan anda buat, hal apa yang akan anda bahas di blog anda, misalnya anda ingin buat blog tentang SEO, anda bisa membuat nama blog anda dengan memasukkan kata SEO. Nama domain yang menggunakan konsep blog akan lebih mudah dalam hal SEO, karena mengandung kata kunci di dalamnya. Domain atau URL yang mengandung kata kunci dari konsep blog anda akan lebih mudah dalam hal SEO. Untuk mengenal SEO anda bisa baca disini.

#3.c. Mengecek ketersediaan nama domain
Setelah semuanya anda tentukan, kunjungi situs penyedia domain baik penyedia lokal maupun luar negeri untuk mengecek ketersediaan domain yang telah anda tentukan. Jangan lupa lupa bahwa anda telah menyediakan 2 nama domain seperti yang telah saya jelaskan pada poin 1 untuk antisipasi tidak tersedianya domain pilihan anda. Saat mengecek ketersediaan domain, jangan anda paksakan nama domain yang ingin anda gunakan jika tidak ada. Seperti contoh namasaya.com tidak tersedia, anda memaksakan untuk menggunakan domain seperti nama5aya.com atau namasay4.com. Hal itu akan membuat domain (URL) blog anda sulit diingat oleh pengunjug.

Untuk mengubah nama domain (Custom Domain) di blogspot telah saya bahas pada artikel Ternyata Mengubah Domain Sendiri di Blogspot Itu Gampang.

Saran saya, anda buat dulu blog menggunakan sub domain untuk mencari jati diri anda. Apa yang akan anda posting, atau hal apa yang akan anda bahas pada blog anda. Sebaiknya anda mulai dari blog gratis atau menggunakan sub domain dulu seperti blogspot.com. Setelah anda benar-benar yakin baru anda beralih menggunakan domain sendiri.

Saya tidak membahas tentang ini secara panjang lebar, karena ini menurut pengalaman saya sendiri. Jadi saya tulis yang penting atau yang intinya saja. Semoga tulisan singkat saya ini bisa membantu anda yang ingin beralih menggunakan domain sendiri.
Terima kasih telah membaca artikel Tips Memilih Domain yang Bagus Untuk Blog ini. Jika anda mempunyai tips lainnya, saya persilakan untuk menambah tips pada form komentar dibawah posting. Komentar yang berbobot tanpa menyematkan link aktif atau promosi link, dan bukan spam selalu saya tunggu. Salam Blogger!

Loading...