Beranda Blogging Tutorial Blog: Membangun Blog dari Awal

Tutorial Blog: Membangun Blog dari Awal

13
3

Tutorial Blog – Menulis tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan blogging seperti tips, trik, cara-cara, konten bin artikel, SEO dan lain lain lain lain. Sebenarnya tidak ada keinginan yang mengarah ke topik blogging. Namun, tidak ada salahnya menulis tentang blogging. Rasanya tidak lengkap jika tidak menulis tentang topik ini karena di awal membangun blog sempat mengisi artikel yang membahas tentang blog.

Mungkin sekarang saatnya membahas seputar blogging secara menyeluruh alias satu artikel untuk semua. Harus dibaca semua karena jika membaca seperti jalan kodok alias lompat-lompat, maka sobat blogger akan kehilangan beberapa poin penting dalam artikel ini. Sisakan waktu beberapa jam untuk membaca. Lama? Tidak, beberapa menit juga kelar jika membaca tanpa memahami secara mendalam. Dan, jika membaca sambil mendalami, mungkin butuh beberapa hari. Hehe, bookmark aja dulu.

Tutorial Blog: Membangun Blog dari Awal

Tutorial Blog

Baiklah, sebelum membangun blog tidak semua mengikuti langkah-langkah atau tips yang penting demi kelanjutan blog. Kebanyakan melupakan sesuatu yang saya sebut sebagai “pengetahuan dasar” ngeblog, yaitu hal-hal yang wajib diketahui sebelum membuat sebuah blog. Saya sampaikan hal ini terlebih dahulu. Simak berikut ini sob.

  • Memikirkan matang-matang. Ngeblog itu harus fokus dan serius. Sebelum membangun sebuah blog pikirkan terlebih dahulu tentang topik. Caranya cukup mudah, pilih saja topik yang sobat kuasai karena memang ini anjuran semua blogger senior. Sekali terjun dalam dunia ini jangan keluar karena menyerah alias tidak kuat lagi. Ini namanya blogger rasa durian, nimkmat tapi musiman.
  • Jadikan sebagai hobi. Ngeblog akan menyenangkan jika sudah menjadi hobi. Ngeblog karena melihat orang lain memiliki penghasilan tinggi dan sobat tertarik karena memandang dari segi penghasilan. Siap-siap bulan depan sobat sudah tidak ngeblog lagi, maksimal 2 bulanan lah. Jika belum menjadi hobi, jadikan!
  • Berkomitmen. Bukan dalam hubungan kamu sama dia saja yang harus berkomitmen karena dalam blogging juga sama. Misalnya, sobat ingin membuat blog tentang tips Android, berkomitmenlah. Jangan melanggar komitmen pada diri sendiri. Maksud saya, jangan membuat banyak blog dalam waktu singkat seperti buat blog Android, seminggu kemudian buat blog asuransi karena CPC-nya gede. Jangan! Apapun yang terjadi harus pada komitmen awal. Diawal membangun blog, semakin banyak blog yang dibangun dalam waktu singkat semakin banyak pula peluang lahirnya blog-blog terbengkalai. Tidak masalah jika blog gratis, bagaimana jika blog custom domain alias Top Level Domain (TLD)? Banyangin sendiri saja.
  • Artikel tentang blog. Kebanyakan blogger diawal membangun blog sangat suka dengan blog yang membahas blog. Wajar sih karena kebanyak belajar dan membaca tutorial blog sehingga merasa passion mereka disini. Memang tidak salah, hanya saja menulis tentang blog akan melahirkan blog baru dengan topik berbeda karena dalam beberapa waktu keinginan untuk membuat blog baru dengan topik berbeda akan segera datang dan hal ini melanggar poin kedua, yaitu komitmen. Jadi, mending tidak usah menulis tentang blogging, cukup belajar dan menulis saja.
  • Banyak membaca daripada menulis. Menulisnya 1 jam, tapi membaca tutorial blog bisa seharian. Jika sudah tahu cara menulis dan update blog, mengapa harus belajar tanpa kenal waktu? Tidak ada yang salah selama mau belajar asal mengatur waktu. Artikel dulu baru belajar, update utama belajar blogging yang kedua saja. Tenang, nggak akan ada yang cemburu kok.
  • Tidak puas dengan tampilan blog. Ini erat kaitannya dengan poin diatas karena kebanyakan membaca artinya melihat banyak tampilan blog sehingga muncul keinginan untuk mengikuti. Alhasil, jadilah pergantian dan utak atik template atau tema. Beri tepuk tangan bagi yang merasa karena saya juga sedang bertepuk tangan. Jangan diketawain karena ini hanya berbagai kesalahan agar yang baru-baru tidak merasakan.
  • Jangan menyerah. Buat sobat yang ingin membangun blog dan menghasilkan uang darinya, jangan menyerah. Menghasilkan itu gampang-gampang susah, gampangnya sedikit susahnya banyak. Sedikit certia nih, saya selama 4 bulan Cuma melihat maksimal 1 jam terangnya dunia yang disinari oleh sang mentari karena selebihnya di kamar. Tapi, saya tidak menyerah karena masih banyak yang lebih lama dari saya dan mereka tetap kuat kuat, mengapa saya tidak?

Dari beberapa poin tutorial blog diatas harus ditanamkan dalam hati sehingga tumbuh menjadi tekad yang kuat dan tidak akan menjadi blogger musiman dan mudah menyerah.

Jika tertarik untuk ngeblog karena melihat penghasilan orang lain, sobat tidak akan bertahan lama karena untuk mendapatkan penghasilan dari blog butuh proses yang berlangsung dalam waktu beberapa bulan bahkan tahunan. Ini akan membuat kamu cepat menyerah sob. Maklum, orang Indonesia suka yang instan. Hari ini buat blog besok ingin dapat ratusan dolar per hari. Tak patut! Untuk mengatasi hal tersebut ingat poin yang kedua, komitmen.

Setelah sobat yakin dan siap, mulailah membangun blog. Jika belum sepenuhnya siap buatlah blog belajar sampai menemukan blog seperti apa yang membuat nyaman, passion sobat. Tidak masalah jika membuat 3 blog sebagai blog belajar karena ada bagusnya memiliki banyak blog untuk menanam backlink nantinya atau dijadikan blog dummy. Tapi, harus berkomitmen pada satu blog, jangan sampai kebanyakan blog membuat sobat tidak fokus dan akhirnya repot sendiri mengurus banyak blog sembari belajar.

Boleh saja membuat banyak blog, tapi tunggu blog pertama mendapatkan pengunjung yang stabil dan kalau bisa berpenghasilan tinggi. Baiklah, lanjut!

Membuat blog pertama

Dalam hal ini pastinya sobat sudah tahu tentang cara membuat blog. Bisa menggunakan platform gratis di blogger.com atau wordpress.com. Namun, sebelum membangun sobat harus mengetahui beberapa poin penting berikut ini.

Peta blog

  • Topik dan nama blog
  • Pemilihan URL atau domain

Konten

  • Fokus pada satu topik ( maksimal 3 topik.
  • Menentukan kategori.
  • Menentukan banyak kata dan paragraf serta peletakan gambar berdasarkan pada jumlah paragraf tertentu.
  • Menentukan peletakan artikel terkait. Misal, diatas paragraf akhir.

Maksud dan tujuan beberapa poin diatas agar blog fokus yang akan berpengaruh pada teknik Search Engine Optimization (SEO) dan  kerapian sebuah blog.

Mengatur blog

Sebuah blog harus diatur terlebih dahulu sebelum update artikel untuk pertama kali. Beberapa yang harus diatur sebagai berikut.

  • Struktur permalink. Ini untuk blog yang menggunakan platform wordpres.com dan wordpress self-hosted. Sedangkan di blogger.com tidak perlu diatur karena sudah diatur oleh sang pemilik platform.
  • Meta description. Bagian ini penting untuk SEO dan merupakan salah satu syarat SEO.
  • Mendaftar dan verifikasi. Daftarkan dan verifikasi blog di Google Webmaster, Analytics, Bing Webmaster, Alexa, Web Directory dan Social Bookmark.

Mengisi konten

Konten atau artikel merupakan nyawa dari sebuah blog, banyaknya pengunjung yang datang ke blog sobat tergantung artikel. Jadi, artikl apa yang mau diisi tentu sudah sobat persiapkan sejak awal memilih topik. Namun, untuk membangun blog yang memiliki banyak pengunjung tentu butuh konten yang SEO Friendly, konten yang berkualitas agar bisa menduduki posisi teratas di Search Engine (SE). Beberapa poin berikut bisa membantu konten atau artikel blog sobat mendapatkan posisi bagus di mesin pencari.

  • Kualitas konten. Algoritma mesin pencari sangat cerdas, untuk itu kualitas konten akan mempengaruhi penempatan posisinya di mesin pencari. Pastikan setiap pengguna yang datang merasa senang membaca artikel di blog sobat.
  • Panjang artikel. Semakin panjang artikel maka semakin banyak kata yang digunakan. Artinya semakin banyak keyword yang terkandung dalam artikel

Kualitas konten tergantung panjang artikel karena untuk memuat konten yang berkualitas tidak cukup dengan kata-kata yang sedikit. Sebaliknya, konten yang panjang tidak selalu berkualitas. Sampaikan menurut yang kamu kuasai saja karena jangan merasa terpaksa harus menulis artikel yang panjang sehingga kamu memasukkan banyak kata yang tidak penting hanya untuk memperpanjang artikel. Setidaknya konten yang lengkap dalam menyampaikan sesuatu memiliki kandungan 500 hingga 600 kata.

Frekuensi update

Banyak blogger senior menyarankan untuk update blog setiap hari agar mendatangkan banyak pengunjung. Menurut saya hal ini tidaklah wajib karena tidak semua jenis blog harus di update setiap hari. Blog yang harus di update secara rutin adalah blog yang bersifat langganan. Namun, jika blog kamu mengharuskan update setiap hari tidak ada salahnya juga kamu rutin menulis artikel asal tetap memperhatikan kualitas konten. Jangan memaksa update jika tidak memiliki ide yang bagus karena akan mempengaruhi kualitas konten hanya demi mementingkan frekuensi update.

Meskipun begitu, bukan berarti tidak update setiap hari lantas membuat kamu terbiasa malas menulis artikel sob. Jika hari ini tidak menulis, kamu bisa memanfaatkan untuk mencari ide artikel berikutnya dan membuat survey kecil-kecilan agar artikel yang akan ditulis nantinya menjadi artikel yang berkualitas.

Dalam menulis artikel, mencari ide-ide yang bagus serta membuat artikel dengan mudah, sebenarnya ada beberapa tips jitu, tapi saya akan bahas pada kesempatan lain. Jika saya menyampaikan semua secara berutan, maka artikel ini akan sangat panjang dan membuat sobat bosan membacanya. Pada artikel ini saja sudah ada beberapa langkah yang saya lewat, tapi saya yakin sobat sudah tahu beberapa hal itu.

Sekarang lanjut ke tutorial blog berikutnya,

Tips sebelum dan sesudah update

Tutorial blog update artikel

Sebelum update atau mempublikasikan artikel, tentunya sobat sudah tahu bahwa artikel harus di baca dan pratinjau terlebih dahulu untuk memeriksa kesalahan ketik atau memperbaiki bahasa yang kurang pas. Ya, meskipun saya akui hal ini selalu diabaikan karena sudah lama mengetik terus harus memeriksa ulang. Tapi, tetap harus dilakukan.

Selain itu, kamu juga harus memeriksa semua elemen seperti kategori, tag, url dan penempatan link internal yang pas dengan anchor text mengandung kata kunci (keyword).

Setelah mempublikasikan artikel, kita semua pasti ingin artikel tersebut cepat di indek oleh mesin pencari dalam beberapa menit kedepan. Pada blog yang menggunakan platform wordpress mungkin akan lebih cepat terindek. Nah, bagi kamu yang menggunakan blogger bisa mengikuti tips berikut agar artikel yang barus saja di posting di indek oleh mesin pencari.

Caranya:

  • Beritahu Google dengan memasukkan url artikel baru disini.
  • Lanjut submit url artikel disini dan disini untuk Indonesia

Cara diatas akan membantu artikel di index dalam beberapa menit.

Teknik SEO

tutorial blog dan SEO

Saya bukan ahli SEO dan termasuk orang yang nggak mau ribet soal SEO karena jika benar-benar menerapkan SEO butuh kesabaran dan kerja keras serta sedikit modal untuk mendukung SEO yang mendorong artikel blog sobat menuju posisi teratas mesin pencari. Pun begitu beberapa faktor penting dalam SEO bisa kamu terapkan.

Caranya:

  • Menulis judul yang bagus dan memiliki panjang 40 hingga 70 karakter agar tidak terpotong ketika tampil di mesin pencari.
  • Menulis artikel yang panjang, normalnya 500 hingga 600 kata. Seperti yang saya sebutkan diatas, panjang artikel tersebut membuat apa yang disampaikan dalam artikel lebih lengkap.
  • Mencari backlink karena poin ini masih menjadi jagoan dalam hal SEO. Bisa mencari backlink dengan rajin blogwalking atau menggunakan jasa backlink dan review blog di blog orang lain yang memiliki pagerank tinggi (pagerank sudah mati).

Lanjut ke tutorial blog bagian akhir meskipun masih banyak poin-poin penting lainnya yang harus saya sampaikan. Namun, hingga paragraf ini saya sudah menulis sangat panjang. Mungkin poin lainnya harus saya tulis pada artikel berikutnya.

Penutup

Jika semua tutorial blog yang saya tulis disini sobat lakukan, saya yakin sobat akan menghasilkan blog terbaik yang memiliki banyak pengunjung. Memang tidak mudah karena banyak godaan dan hal-hal lain yang akan mempengaruhi. Tapi, jika benar-benar serius dan tekun, sobat akan membuat blog yang sukses meski menggunakan platform gratis.

Jangan ambil pusing soal SEO karena yang paling penting adalah konten, semakin tinggi kualitas konten yang dihasilkan maka akan semakin tinggi peluang blog kamu untuk mendapatkan posisi bagus di mesin pencari. Teruslah menulis dan ngeblog dengan rasa senang.

Masalah terberat adalah rasa malas dan hal ini mempengaruhi ide-ide untuk muncul di pikiran kamu. Jika hal ini terjadi, ingatlah poin-poin di awal artikel. Jangan memaksa harus mencari ide agar bisa update artikel. Cobalah untuk rileks, browsing untuk membaca sesuatu atau menonton acara di tv. Ide akan muncul dengan sendirinya. Ketika ia telah muncul, buka MS Office Word dan menulis ide tersebut mulai dari judul dan peta artikel. Saya akan bahas ini pada tutorial blog berikutnya. Salam.

  • wah artikel yang sangat membantu bgt utk yg mau belajar blog dari awal kususnya sy, terus update artikel yg lainnya. Thanks

    • Terima kasih mas

      Mudah-mudahan akan sering update artikel tutorial blog selanjutnya.

  • Wah keren ini blognya..saya juga sedang membangun blog baru mas..kelihatannya tipsnya bisa saya coba terapkan diblog saya.. terima kasih.. dan salam kenal 🙂