5 Aplikasi Pembuat Lagu Terbaik di Android

Adyblog.com – Aplikasi Pembuat Lagu Terbaik di Android.  Musik tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Jadi, tidak heran jika banyak yang memiliki hobi dibidang musik, baik sebagai pemain musik, pencipta lagu maupun penyanyi. Saat ini sudah banyak teknologi yang mendukung kita dalam menciptakan dan membuat aransemen lagu.

Tidak seperti beberapa tahun silam dimana kita membuat lagu hanya di studio musik. Saya masih ingat ketika SMA dimana kami ingin rekaman lagu untuk didengar sendiri dan dimasukkan ke radio yang ada disekitar tempat tinggal.

Nyatanya semua itu tidak mudah, untuk rekaman satu lagu saja butuh beberapa ratus ribu agar kami dapat memiliki file Mp3 untuk dibanggakan. Namun, jaman sudah berubah. Sekarang rekaman tidak perlu studio karena sudah banyak aplikasi pembuat lagu sendiri yang hadir untuk perangkat Android maupun PC.

Menariknya lagi, aplikasi tersebut bisa didapatkan secara gratis meski hanya versi demo. Untuk Android, aplikasi pembuat aransemen lagu bisa didapatkan secara gratis. Ya, walaupun pihak pengembang membatasi fitur pada versi gratis. Namanya aplikasi terbaik pasti ada versi premium bagi yang ingin membayar.

5 Aplikasi Pembuat Aransemen Lagu Terbaik untuk Android

5 Aplikasi Pembuat Lagu Terbaik di Android

Aplikasi untuk membuat lagu sendiri merupakan salah satu aplikasi favorit saya sejak pertama kali menggunakan Android. Tidak hanya berkreasi dengan membuat musik sendiri. Aplikasi ini juga menyediakan tempat berbagi bagi musisi kreatif yang menghasilkan karya musik langsung dalam genggaman mereka.

Saya pernah menghabiskan banyak waktu hanya untuk mendengar karya dari musisi yang membuat lagu menggunakan aplikasi Android. Saya salut sama mereka, saya telah mencoba berhari-hari namun hanya beberapa detik yang jadi.

Mungkin kurang pengetahuan secara teori tentang istilah dalam musik yang membuat saya merasa cukup rumit dalam menghasilkan sebuah lagu.

Baiklah, berikut 5 aplikasi pembuat lagu sendiri di Android.

1. Stagelight: Audio and MIDI DAW

Saya pertama kali mengenal aplikasi ini sejak awal kemunculannya, dimana aplikasi persembahan Open Labs Music Software ini dipromosikan oleh band papan atas dunia, Linkin Park. Bagaimana saya tidak penasaran untuk mencoba aplikasi pembuat aransemen musik yang dipromosikan band favorit saya.

Stagelight merupakan salah satu aplikasi pembuat lagu yang terbaik. Bagaimana tidak, aplikasi ini memiliki fitur lengkap untuk menciptakan sebuah lagu mulai dari pelajaran dan tutorial, loop, instrumen keyboard, efek gitar dan rekaman audio untuk memasukkan vocal.

Semua itu terasa cukup untuk menghasilkan sebuah lagu keren hanya menggunakan smartphone Android. Jika kamu ingin mencoba, silahkan download aplikasinya. Beberapa fitur mungkin perlu versi premium agar bisa diakses. Namun, mencoba semua yang tersedia secara gratis tidak ada salahnya.

Donwload Stagelight di Play Store.

2. PocketBand – Social DAW

Aplikasi pembuat lagu yang satu ini merupakan aplikasi pertama yang saya gunakan. Ketika pertama kali menggunakan aplikasi ini saya mencoba mengedit musik demo yang ada setiap pertama kali kita menggunakan aplikasi ini.

Tak ubahnya seperti Stagelight, PocketBand juga memiliki fitur lengkap. Ratusan instrumen disediakan dalam aplikasi persembahan 2Beat ini. Jika kamu pernah menggunakan software Fruity Loop Studio untuk PC, maka kamu akan merasa tampilan aplikasi ini mirip dengan FL Studio.

PocketBand menyediakan versi pro atau premium untuk dapat menggunakan setiap fitur yang ada. Bagi kamu yang ingin menghasilkan lagu utuh mungkin perlu membayar untuk versi pro karena PocketBand tidak membuka fitur rekaman audio untuk memasukkan rekaman vocal dan melodi. Jika ingin belajar dulu menggunakan aplikasi ini, silahkan download secara gratis.

Download PocketBand di Play Store.

3. Music Maker JAM

Memiliki banyak instrumen, efek, loop serta bisa memasukkan rekaman vocal. Sudah pasti aplikasi pembuat lagu terasa lengkap. Salah satunya adalah aplikasi Music Maker JAM Android.

Sama seperti aplikasi diatas, Music Maker JAM juga merupakan salah satu aplikasi pembuat musik yang banyak diminati. Kamu bisa mencoba aplikasi ini untuk memulai membuat lagu sendiri.

Pengembang juga menyediakan pembelian dalam aplikasi, beberapa fitur tidak tersedia secara gratis. Maklum saja, pengembang aplikasi pastinya butuh biaya dan tenaga untuk bisa menghasilkan aplikasi se-keren ini.

Download Music Maker JAM di Play Store.

4. Caustic 3

Caustic 3 juga menjadi salah satu aplikasi pembuat lagu pilihan pengguna Android. Tampilan aplikasi ini keren, mirip dengan tampilan Sytrus, yaitu plugins untuk FL Studio dimana tampilan terpisah seperti sebuah software bukan plugins.

Aplikasi ini juga bisa membuat lagu maupun ngemix alias nge’DJ. Menariknya, aplikasi ini bisa menambah rekaman audio dari penyimpanan dan bisa mengakses penyimpanan eksternal seperti SD Card dan USB.

Disini saya masukkan link download Caustic 3 versi demo, namun bisa digunakan tanpa atas. Jika kamu ingin memiliki fitur tanpa batas silahkan beli Caustic Unlock Key yang terjual terpisah disini dengan harga sekitar Rp 104 ribuan.

Download Caustic 3 di Play Store.

5. Walk Band – Music Studio

Aplikasi pembuat instrumen lagu ini lebih cocok bagi kamu yang ingin mulai belajar membuat lagu sendiri. Berbeda dengan semua aplikasi diatas. Walk Band tidak memiliki fitur bagi yang ingin memasukkan rekaman audio seperti vocal dan saya tidak tahu sampai kapan pengembang aplikasi akan menyediakan fitur audio recording.

Namun, aplikasi ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi yang ingin belajar menggabungkan instrumen musik.

Kamu bisa melihat hasil karya pengguna lain karena ada tempat untuk berbagi hasil karya musik ke sesama pengguna. Hasil karya mereka sangat bagus, bahkan saya merasa lebih sulit membuat instrumen menggunakan aplikasi jika dibandingkan dengan aplikasi diatas. Namun, tentunya aplikasi ini akan menjadi tantangan bagi yang suka tantangan.

Download Walk Band di Play Store.

Dan, akhirnya sampai di bagian akhir artikel ini. Saya harap kamu tidak bosan membaca artikel yang lumayan panjang ini. Saya hanya ingin kamu mendapatkan informasi lengkap dalam sebuah artikel. Saya sangat senang dan bahagia bisa berbagi dan akan lebih merasa bahagia jika kamu mau membagikan artikel ini ke sosial media.

Demikian informasi tentang 5 Aplikasi Pembuat Lagu Terbaik di Android. Semoga dengan informasi ini kamu menemukan referensi yang tepat untuk membuat aransemen lagu sendiri menggunakan Android. Jika ada sesuatu yang ingin disampaikan, silahkan tulis di komentar.

Exit mobile version