Apa Itu NUP dan Bagaimana Bisa Mendapatkannya

Kamu berniat untuk mencari rumah baru di perumahan bekasi? Namun kamu agak sedikit bingung memilih unit yang akan kamu beli? Sebenarnya untuk memilih unit rumah baru memang harus hati-hati. Pasalnya orang-orang akan lebih waspada mengingat rumah baru sebagian besar masih dalam tahap pembangunan. Bangunan pun belum jadi 100% dan masih berupa kerangka bata. Ada juga perumahan baru yang masih berbentuk tanah pondasi.

Hal ini membuat banyak orang berlomba-lomba membeli rumah baru yang ditangani oleh developer ternama dan tepercaya. Mereka akan rela menunggu dalam waktu yang lama hingga rumah tersebut jadi. Untuk mendapatkan hak beli rumah tersebut biasanya para klien ini akan melakukan booking dahulu. Salah satu sistem booking unit properti baru yang terkenal adalah Nomor Urut Pemesanan (NUP).

Apa itu NUP?

Pada dasarnya NUP adalah salah satu metode untuk mendapatkan atau membeli rumah primary atau rumah baru. Biasanya kondisi rumah baru yang dibangun developer ini masih dalam bentuk pondasi atau kerangka bangunan saja. Harapan dari developer adalah ketika launching perumahan, maka sudah ada klien yang membeli unit di klaster atau area perumahan tersebut. Konsep dari NUP ini seperti membeli nomor urut pembelian rumah.

Jadi, kamu bisa memilih di unit berapa dan lokasi unit di sebelah mana yang akan kamu tinggali. Umumnya untuk membeli NUP ini hanya memerlukan sejumlah uang. Nominal membeli NUP ini beragam ya. Setiap developer tentu memberikan nominal yang berbeda-beda tergantung dari lokasi dan bangunan.

Bagaimana Mendapatkan NUP?

Proses untuk mendapatkan NUP pada dasarnya tidak sulit. Kamu bisa mencari NUP ke pihak developer langsung atau e-commerce properti yang menyediakan penjualan NUP. Biasanya e-commerce properti ini telah bekerja sama dengan banyak developer ternama dan tepercaya. 

Apabila kamu ragu untuk membeli NUP, kamu perlu mencari tahu dulu developer tersebut. Cari tahu portfolio developer tersebut dalam mengembangkan area perumahan. Biasanya developer tepercaya sudah banyak bekerja sama dengan pihak bank.

Biasanya ada ketentuan NUP yang berlaku. Berikut ini keterangan tersebut, 

  • Biaya NUP biasanya dimulai dari Rp500.000.
  • Kamu perlu mempersiapkan KTP dan NPWP apabila ingin membeli NUP. 
  • Di beberapa kondisi ada juga NUP yang dapat di refund. Namun, tidak semua NUP bisa di refund, ya. Kamu harus mengecek status NUP di awal untuk memahami syarat dan ketentuan NUP dengan lengkap. 

Keuntungan membeli NUP

Di dalam dunia properti, kita mengenal istilah booking di awal. Tujuannya adalah agar properti yang akan kita beli bisa langsung kita tandai dengan tanda jadi. Hal ini dilakukan agar properti yang kita taksir tidak habis dibeli orang lain. Ada beberapa keuntungan dari NUP yang bisa kamu dapatkan. Yuk simak informasinya berikut ini!

Kelebihan NUP

  • Calon klien atau pembeli bisa secara bebas memilih lokasi, lantai, atau tipe unit properti. Tetapi ini harus kamu cek kembali ke pihak developer ya. 
  • Calon pembeli bisa mendapatkan harga unit termurah atau harga perdana. Biasanya pihak developer akan menginformasikan ini kepada target konsumen. Di sini Anda bisa cari tahu lebih mengenai seberapa murah tawaran pihak developer.

Kelebihan NUP untuk para pengembang atau developer properti

  • Developer berpotensi bisa mendapatkan calon klien di awal sebelum unit atau properti selesai dibangun. 
  • Sistem NUP pun bisa menjadi cara untuk melakukan research pasar bagi developer.
  • Target penjualan dari pihak developer bisa lebih cepat tercapai. 

Nah sudah jelas ya mengenai NUP? Jadi bagi kamu yang sedang ingin mencari rumah dijual di bekasi atau kota lain kamu bisa mencari developer yang menerapkan metode ini.