8 Aplikasi Dompet Digital Terbaik, Kamu Sudah Punya yang Mana Saja?

Aplikasi Dompet Digital Terbaik

Ketika era digital semakin berkembang, layanan keuangan digital atau dompet digital mulai populer di Indonesia. Banyak orang mulai beralih dari transaksi menggunakan uang tunai ke transaksi digital menggunakan dompet digital.

Nah, di Indonesia sendiri sudah banyak aplikasi dompet digital yang bisa digunakan. Apa saja sih aplikasi dompet digital di Indonesia yang cukup populer?

Dikutip dari Sakutips.com, berikut delapan aplikasi dompet digital terbaik dan paling banyak digunakan di Indonesia.

Aplikasi Dompet Digital Terbaik

DANA

DANA adalah aplikasi dompet digital yang dikeluarkan oleh PT. Digital Dana Indonesia. DANA dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi seperti pembayaran produk digital, transfer sesama pengguna, transfer ke bank, tarik tunai, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini sudah memiliki izin dari OJK dan Bank Indonesia dan dapat digunakan untuk pembayaran transaksi offline di berbagai merchant yang bekerja sama dengan DANA.

Saldo DANA dapat diisi dari gerai retail offline dan lewat mobile banking dengan minimal top-up mulai dari Rp 20.000 biaya admin Rp 500 atau minimal Rp 50.000 untuk gratis biaya admin.

OVO

OVO juga dikenal sebagai dompet digital terbaik di Indonesia. Layanan keuangan digital yang didirikan oleh Lippo Group ini dapat melakukan banyak transaksi seperti pembelian produk digital, pembayaran tagihan, penarikan tunai, dan lainnya.

Lewat aplikasi OVO, pengguna juga dapat membeli produk asuransi dan berinvestasi dengan membeli reksa dana. OVO juga menawarkan kartu kredit hasil kerja sama dengan OVO dan Bank BRI, yaitu OVO U Card.

Saldo OVO dapat diisi lewat gerai retail, merchant partner, atau lewat mobile banking dengan minimal top-up Rp 20.000 dan biaya top-up Rp 1.000.

GoPay (Gojek)

GoPay adalah uang elektronik yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran dan keuangan lewat aplikasi Gojek. Pengguna dapat membayar semua layanan di aplikasi Gojek, baik itu merchant partner online maupun offline.

Saat ini sudah banyak merchant yang mendukung pembayaran lewat GoPay, sehingga layanan keuangan milik PT. Dompet Anak Bangsa ini menjadi populer dan banyak digunakan.

Saldo GoPay dapat diisi lewat gerai retail, driver Gojek, atau lewat mobile banking dengan minimal top-up Rp 10.000 dan biaya admin top-up Rp 1.000.

ShopeePay

ShopeePay adalah dompet digital yang ada di aplikasi Shopee. Seperti dompet digital pada umumnya, ShopeePay juga dapat digunakan untuk membayar berbagai macam transaksi, baik di aplikasi Shopee maupun di merchant partner online dan offline.

Namun, ShopeePay belum dapat digunakan untuk penarikan tunai. Pengguna dapat melakukan transfer antar bank gratis biaya admin dengan minimal transfer Rp 50.000 dan mendapatkan kuota gratis transfer 10 kali per bulan.

Untuk top-up, pengguna dapat melakukan top-up lewat gerai retail seperti Alfamart dan Indomaret, mitra Shopee, transfer bank, mobile banking, dan lainnya dengan minimal Rp 10.000. Nominal masing-masing mitra mungkin terbeda termasuk biaya top up.

LinkAja

LinkAja merupakan layanan keuangan digital yang dimiliki oleh Telkomsel dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). LinkAja memiliki fitur pembelian produk digital, pembayaran berbagai macam tagihan, transfer bank, tarik tunai dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini juga salah satu metode pembayaran yang digunakan oleh aplikasi My Pertamina. Jadi, bagi kamu yang menggunakan My Pertamina wajib nih gunakan aplikasi dompet digital pelat merah ini.

i.saku

i.saku merupakan layanan keuangan digital yang dimiliki oleh Indomaret. Lewat aplikasi ini kamu bisa membayar tagihan, membeli produk digital seperti pulsa, token listrik dan lainnya lewat aplikasi i.saku.

Kamu bisa gunakan i.saku untuk membayar transaksi di Indomaret, membeli produk digital atau membayar tagihan belanja di beberapa e-commerce langsung lewat aplikasi i.saku.

DOKU

Bagi sebagian orang DOKU masih terdengar asing, namun layanan dompet digital DOKU sendiri sudah lama hadir di Indonesia. Bahkan sebelum tren dompet digital di Tanah Air.

Kini DOKU semakin berkembang dengan banyaknya layanan yang tersedia seperti aplikasi dompet digital pada umumnya. Kamu bisa tarik tunai saldo DOKU di Alfamart dan jaringannya.

AstraPay

AstraPay merupakan layanan keuangan digital milik PT. Astra Digital Arta yang merupakan anak perusahaan PT. Astra International Tbk. Lewat aplikasi AstraPay kita bisa membayar angsuran di jaringan Astra dan merchant partner.

Selain itu, juga bisa membeli pulsa data, token listrik, membayar berbagai macam tagihan seperti listrik, PDAM, internet dan tv kabel, asuransi, BPJS Kesehatan, pajak, juga transportasi.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa aplikasi dompet digital atau layanan keuangan digital di Indonesia yang dapat membantu mempermudah transaksi pembayaran dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satu aplikasi tersebut, pastikan kamu telah mempertimbangkan beberapa hal seperti kemudahan top-up saldo, kelengkapan produk digital.

Selain itu, dompet digital yang kamu pilih harus memiliki fitur tarik tunai, serta pastikan aplikasi tersebut sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memastikan keamanan transaksi dan keuangan kamu.