Cara Merekam Suara Jernih Tanpa Noise di Android

Cara Merekam Suara Jernih Tanpa Noise di Android

Adyblog.com – Salah satu aplikasi bawaan Android adalah aplikasi perekam suara. Mungkin hampir semua produsen smartphone Android memasukkan aplikasi perekam suara pada produk mereka. Masing-masing memiliki fitur yang berbeda, namun hanya sedikit yang benar-benar menyediakan noise canceling yang bisa mengurangi kebisingan.

Jika kamu merekam suara ketika bernyanyi, suara bising mungkin akan sangat mempengaruhi hasil rekaman. Meskipun kamu sudah merekam dalam ruangan tertutup, tetap saja noise jelas kedengaran. Mic pada smartphone memang sensitif sehingga bisa menangkap suara kecil sekalipun. Jadi, tidak heran jika pada hasil rekaman agar terdengar suara bising atau noise. Untuk mengatasi masalah ini saya punya solusi, yaitu dengan menggunakan aplikasi ASR yang bisa kamu download di Play Store.

Cara Merekam Suara Jernih Tanpa Noise di Android

Cara Merekam Suara Jernih Tanpa Noise di Android

Simak cara merekam suara jernih tanpa noise di Android berikut ini:

  1. Download aplikasi ASR di Play Store.
  2. Buka aplikasi, masuk ke Pengaturan dengan klik ikon roda gigi.
  3. Selanjutnya pilih Rekaman.
  4. Dalam menu Rekaman, silahkan gulir kebawah dan aktifkan Pengabaian kegaduhan.
  5. Selesai, silahkan kembali ke tampilan awal dan mulai rekaman.

Selain pengaturan Pengabaian kegaduhan, kamu juga bisa mengatur format rekaman. Untuk hasil terbaik silahkan pilih format MP4 atau WAV. Kedua format tersebut mendukung semua smartphone. Memang ada format OGG, namun pada beberapa perangkat mungkin tidak mendukung untuk format tersebut.

Aplikasi ASR tersedia gratis untuk di download, namun untuk menggunakan semua fitur kamu harus membeli lisensi. Harga lisensi aplikasi ASR cukup terjangkau, membeli di Play Store juga bisa menggunakan pulsa.

ASR sering saya gunakan untuk mengisi suara video karena kualitas suara yang dihasilkan aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi. Aplikasi ASR benar-benar bisa menghilangkan noise dalam hasil rekaman.

Silahkan dapatkan dan coba aplikasi ASR untuk menghasilkan rekaman suara yang jernih tanpa noise.