Beranda Pendidikan Pengertian Kelas Maya dan Manfaatnya Untuk Pendidikan

Pengertian Kelas Maya dan Manfaatnya Untuk Pendidikan

713
0

Pengertian Kelas maya (Virtual Class) adalah kelas belajar yang diadakan tanpa bertatap muka. Semua aktivitas belajar kelas maya dilakukan dari internet oleh pengajar dan pelajar. Kelas ini memiliki banyak manfaat dan di negara berkembang kelas virtual diadakan sebagai pelajaran tambahan bagi pelajar atau disebut les private dunia digital.

Di era digital saat ini kelas maya bukan sesuatu yang baru sebagai simulasi digital karena saat ini sudah banyak kelas virtual ini diadakan. Baik oleh guru kelas digital maupun diskusi yang diadakan oleh pelajar. Bahkan ada yang belajar secara virtual dengan pelajar-pelajar dari luar negeri. Internet memang memiliki jangkauan yang luas sehingga bisa dimanfaatkan untuk hal positif seperti ini.

Pengertian Kelas Maya dan Manfaatnya

Pengertian Kelas Maya

Setelah mengetahui pengertian kelas maya secara singkat. Sekarang saatnya kita mengetahui manfaat kelas maya dalam dunia pendidikan. Ada banyak manfaat pastinya karena kelas ini hanya menggunakan teknologi sebagai pendukung belajar, misalnya laptop dan koneksi internet. Sedangkan tentang penerapan kelas maya sudah banyak Social Learning Network (SLN) yang mengadakannya. Salah satunya Edmodo Social Learning Network yang sudah ada sejak 2008 silam. Edmodo adalah sebuah media daring atau media belajar secara kelompok yang memanfaatkan internet dan fitur Learning Management System (LMS). Edmodo hanya salah satunya, masih banyak media belajar lainnya yang memiliki sistem yang sama.

Manfaat kelas maya

  1. Koneksi dan materi lebih luas. Kelas maya memiliki akses dan materi yang lebih luas karena sifatnya informasi di internet. Cukup dengan mencari materi di internet kamu bisa mendapatkan materi yang diinginkan.
  2. Lebih fleksibel. Kelas bisa diadakan dimana saja selama kamu dapat menggunakan komputer dan koneksi internet.
  3. Hemat waktu. Kelas ini membuat kamu tidak perlu pergi ke tempat belajar karena bisa dilaksanakan dari rumah, bahkan bisa dari mana saja dengan laptop dan terhubung ke internet.
  4. Hemat biaya. Pastinya, kelas ini tidak menggunakan kertas, pena dan lain sebagainya.
  5. Lebih aman. Dalam melaksanakannya kamu tidak perlu menggunakan kendaraan.

Dan masih banyak lagi manfaat kelas maya lainnya. Saya yakin kamu tahu hal itu.

Pendukung kelas maya

Dalam kelas ini kamu perlu tahu perangkat pendukung untuk melaksanakannya.

  1. Perangkat keras. Meliputi komputer, laptop, notebook dan tablet.
  2. Perangkat lunak. Meliputi Social Learning Network, Learning Management System, Learning Management Content.
  3. Pendukung lainnya termasuk jaringan atau koneksi internet, bisa menggunakan modem atau koneksi WiFi.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian kelas maya dan manfaatnya. Kelas maya atau e-learning ini bisa menjadi pilihan belajar lebih fleksibel. Sebuah inovasi baru dalam dunia pendidikan yang harus kita dukung agar bisa menjadi media belajar yang memberikan banyak manfaat.

SHARE
Loading...