Beranda Blogging Langkah Awal Menjadi Seorang Blogger

Langkah Awal Menjadi Seorang Blogger

20
0

Saat ini menjadi seorang blogger sudah bukan hal yang asing, juga bukan hal yang hanya bisa dilakukan oleh sebagian orang. Siapapun bisa bergelut di dunia blogging, dengan catatan ia memiliki keinginan untuk menjadi blogger. Tentang tidak bisa coding dan lain sebagainya hanya sebuah ungkapan, bukan larangan jika ingin menjadi blogger harus menguasai coding.

Blogging atau yang lebih akrab disebut dengan nge’blog adalah kegiatan menulis sesuatu untuk konsumsi publik. Ia bisa berupa artikel inspirasi, motivasi, informasi atau tips. Selain itu, aktivitas blogging juga bisa berupa tulisan kegiatan sehari-hari karena sebenarnya blog adalah digital diary. Hanya saja karena bisa difungsikan sebagai hal lain, maka blog juga menjadi media berbagi informasi.

Langkah Awal Menjadi Seorang Blogger

Langkah Awal Menjadi Seorang Blogger

Bagi kamu yang ingin menjadi blogger, tentunya ingin mengetahui langkah awal menjadi blogger. Disini saya akan menyampaikan apa yang menurut saya penting untuk kamu yang ingin menjadi blogger.

1. Kamu punya keinginan

Punya keinginan disini maksudnya kamu benar-benar ingin menjadi blogger bukan karena ikutan tren atau melihat teman yang berhasil mendapatkan uang dan kamu ingin menjadi sepertinya. Keinginan harus didasari dengan hobi karena mereka yang bertahan dari terpaan dan pahit manisnya menjadi blogger akan sanggup bertahan walau tanpa menghasilkan.

2. Mulai dengan cerita pribadi

Seperti pada status sosial media, orang-orang selalu mengungkapkan apa yang ia kerjakan pada hari itu atau beberapa hari kemarin. Mulailah membuat blog dengan cerita pribadi, bisa berupa kegiatan kamu sehari-hari, cerita kamu melakukan perjalanan dan cerita lain yang ingin kamu tuangkan kedalam sebuah postingan blog.

3. Rajinlah membaca

Ngeblog bukan berarti kamu hanya menulis, kamu juga harus membaca untuk menambah ilmu pengetahuan. Baca apa saja yang kamu anggap sesuai dengan minat kamu. Jika kamu suka bisnis, bacalah artikel seputar bisnis. Hal ini akan membuat kamu menjadi orang yang kaya akan pengetahuan. Sembari menulis cerita pribadi, luangkan waktu untuk membaca. Dan, pada saatnya kamu bisa menciptakan blog yang berisi apa yang kamu ketahui.

4. Pilih platform yang kamu anggap paling mudah

Kamu tidak perlu membuat blog dengan platform yang mahal seperti wordpress dimana kamu harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkan hosting. Blog tidak terbatas pada platform, bahkan kamu bisa menggunakan platform gratis seperti Blogger. Jika kamu ingin belajar untuk menggunakan platform lain atau belajar blogging tidak ada salahnya. Hal ini tentu bagus untuk menambah pengetahuan kamu dalam mengelola blog secara teknis.

5. Maksimal dua blog pada tahun pertama

Tidak sedikit blogger yang membuat blog sia-sia karena pada 3 bulan pertama membuat blog ia merasa ada banyak topik yang ingin dia bahas sehingga harus menciptakan banyak blog, dan ujung-ujungnya banyak tak terurus. Dua blog saja sudah cukup, pertama blog pribadi dan blog kedua membahas topik yang kamu kuasai. Kamu bisa lebih menguasai dengan rajin membaca seperti pada poin ke-3.

6. Utamakan konten

Selain banyak membuat blog, tidak mengutamakan konten juga merupakan faktor yang membuat blogger gagal ngeblog. Biasanya mereka kebanyakan membaca untuk belajar blogging hingga melupakan kalau mereka harus update konten. Konten harus yang utama, untuk belajar kamu bisa mengatur waktu. Misalnya kamu update blog dua artikel perhari. Kejar target tersebut dan sisanya kamu bisa gunakan untuk belajar atau blogwalking.

Tulis konten sebanyak yang kamu bisa. Tidak ada batasan untuk update konten selagi itu konten original, bukan hasil dari copot artikel blog lain. Blog yang akan berkembang dengan cepat adalah blog yang memiliki banyak konten.

7. Jangan over memikirkan soal SEO

Konten utama, bukan SEO. Tanpa konten SEO tidak bisa dibangun. Ikuti saja teknik SEO yang diberikan oleh Google, selebihnya biarkan mesin pencari menentukan peringkat artikel blog kamu. Mesin pencari Google sangat cerdas, artikel yang kamu tulis berdasarkan hal yang benar-benar kamu jalani dan kamu ketahui akan mendapatkan peringkat yang bagus, untuk itu ciptakan konten yang berkualitas.

Selain beberapa poin diatas, selanjutnya konten, konten dan konten. Ciptakan konten untuk pembaca bukan untuk mesin pencari. Dengan begitu mesin pencari akan selalu menyuguhkan konten yang kamu tulis kepada siapa saja yang datang kepadanya untuk mendapatkan informasi.

Itulah beberapa hal yang harus kamu pahami sebagai langkah awal menjadi seorang blogger. Jangan pusingkan soal penghasilan karena blog yang berkualitas akan mendatangkan penghasilan. Jadikan penghasilan bukan sebagai alasan kamu ngeblog, tapi ubah ia menjadi sebuah hobi. Percayalah! Kamu akan menjadi blogger sukses.

loading...