Pengertian Karya Ilmiah, Ciri-ciri dan Sistematika Penyusunan

Pengertian Karya Ilmiah, Ciri-ciri dan Sistematika Penyusunan

ADYBLOG.com – Banyak orang yang bertanya bagaimana cara membuat karya ilmiah yang baik dan benar? atau bagaimana cara membuat karya ilmia sederhana? Sebenarnya menyusun atau membuat karya ilmiah terbilang mudah jika kita tahu pengertian, ciri-ciri serta sistematika penyusunan karya ilmiah.

Disini saya akan berbagi informasi untuk kamu yang sedang mencari informasi seputar karya ilmiah. Saya akan jelaskan singkat saja tanpa contoh, dan kamu bisa membuat karya ilmiah sendiri dengan mengikuti sistematika penyusunannya.

Pengertian Karya Ilmiah, Ciri-ciri dan Sistematika Penyusunan

Pengertian Karya Ilmiah, Ciri-ciri dan Sistematika Penyusunan

Pengertian karya ilmiah

Singkatnya, karya ilmiah adalah tulisan atau karangan yang disusun secara sistematis dan logis. Contohnya menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan dan penelitian.

Sedangkan menurut Wikipedia, karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Ciri-ciri karya ilmiah

  • Mengungkapkan suatu permasalahan secara logis, fakta yang terpercaya, serta analisis yang objektif.
  • Pendapat-pendapat yang dikemukakan berdasarksn fakta dan tidak berdasarkan imajinasi, perasaan, atau pendapat yang bersifat subjektif.
  • Ragam bahasa yang digunakan bersifat Lugas.
    • Menggunakan kalimat secara efektif,
    • Menghindari kalimat yang bermakna ambigu(bermakna ganda),
    • Menghindari penggunaan kata konotatif,

Sistematika penyusunan karya ilmiah

Laporan penelitian/karya ilmiah terbagi dalam lima bab,yaitu sebagai berikut:

Baca juga  Memilih Tempat Kuliah dan Jurusan Sesuai Minat

Bab 1 : Pendahuluan
Bab ini berisi latar belakang masalah, perumusan masalah, pembahasan, tujuan, metode penelitian serta manfaat penelitian.

Bab 2 : Kerangka teori
Bab ini berisi pembahasan teori, kerangka pemikiran dan argumentasi serta penjelasan teori yang digunakan untuk melakukan penelitian.

Bab 3 : Metode penelitian
Bab ini memaparkan metode penelitian dan tujuan yang digunakan dalam penelitian.

Bab 4 : Analisis data
Bab ini berisi analisis data untuk menghasilkan penemuan seperti yang telah disebutkan dalam tujuan penelitian. Salah satunya sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis.

Bab 5 : Kesimpulan dan saran
Bab ini disebut juga sebagai penutup yang berisi kesimpulan hasil penelitian sekaligus saran-saran yang bisa diberikan.

Nah, itulah sedikit informasi tentang karya ilmiah. Semoga bermanfaat dan membantu kamu yang sedang mencari informasi seputar karya ilmiah.

Loading...

Ada Komentar?