Beranda Pendidikan Teks Ulasan: Pengertian, Struktur dan Kaidah Kebahasaan

Teks Ulasan: Pengertian, Struktur dan Kaidah Kebahasaan

349
0

Adyblog.com – Halo teman-teman, saya balik lagi dengan artikel pendidikan, yaitu pembahasan mengenai “teks ulasan“. Disela jadwal belajar yang padat dan tugas yang menumpuk, saya tetap akan menyempatkan diri untuk menulis artikel tentang pelajaran di blog ini, meskipun sekali dalam seminggu.

Disini saya akan menjelaskan pengertian teks ulasan, struktur serta kaidah kebahasaan teks ulasan. Materi pelajaran teks ulasan perlu kalian ingat karena hingga kuliah nanti materi ini akan kembali dipelajari. Sebelumnya saya mohon maaf karena pada artikel ini belum bisa memasukkan contoh teks ulasan. Tapi saya yakin kalian bisa menemukannya di Google atau membuat sendiri contohnya.

Teks Ulasan: Pengertian, Struktur dan Kaidah Kebahasaan

Teks Ulasan, Pengertian, Struktur dan Kaidah Kebahasaan

Apa itu ulasan? Pertama kalian harus tahu dulu arti dari kata ulasan. Mungkin kalian pernah mendengar kata mengulas selain ulasan. Ya, kata dasarnya adalah ulas. Jadi, ulasan adalah tinjauan dari evaluasi. Singkatnya begitu.

Pengertian Teks Ulasan

Teks Ulasan adalah teks yang berisi tinjauan dan penilaian terhadap suatu karya seperti drama atau film. Misalnya kalian menonton sebuah pertunjukan drama, menonton film. Selanjutnya kalian ingin membuat ulasan mengenai drama atau film tersebut. Membuat teks ulasan tentu tidak bisa sembarangan, harus mengikuti struktur serta kaidah kebahasaan teks ulasan.

Jika kalian ingin membuat teks ulasan, maka penting untuk mengetahui struktur dan kaidah kebahasaan teks ulasan. Dengan begitu teks yang kalian buat akan sempurna. Membuat contoh teks ulasan bisa dengan cara menonton sebuah film. Tidak ada salahnya setelah menonton sebuah film kalian mencoba membuat teks ulasan singkat dengan topik ulasan judul film yang kalian tonton.

Struktur Teks Ulasan

Dalam memuat sebuah teks ulasan, kalian harus tahu struktur teks ulasan karena ini merupakan bagian penting membangun teks ulasan yang utuh. Berikut struktur teks ulasan yang harus kalian ketahui.

  1. Orientasi. Berisi pengenalan atau gambaran umum mengenai sebuah karya yang akan di ulas.
  2. Tafsiran. Bagian ini berisi gambaran mengenai sebuah karya (film/drama) yang di ulas. Semua isi karya akan disampaikan dalam tafsiran isi termasuk tokoh, tempat dan waktu dari sebuah karya.
  3. Evaluasi. Berisi pandangan dari pengulas terhadap hasil karya yang diulas. Penilaian dilakukan terhadap tafsiran isi.
  4. Rangkuman. Biasanya berisi kesimpulan dari suatu karya (drama dan film). Dalam bagian ini penulis juga memberi pandangan dan komentar pada suatu karya serta menyampaikan kualitas sebuah karya.

Dengan struktur diatas kalian sudah bisa membuat teks ulasan yang bagus. Lalu, bagaimana kaidah kebahasaan teks ulasan? Silahkan simak dibawah ini.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Kaidah kebahasaan teks ulasan bisa disebut sebagai kata-kata yang menjadi syarat penulisan sebuah teks ulasan. Kata-kata yang terkandung dalam teks ulasan haruslah kata-kata yang memenuhi syarat agar teks ulasan yang kalian buat menjadi teks ulasan yang baik dan benar.

  • Menggunakan kata-kata opini atau persuasif.
  • Menggunakan konjungsi internal dan konjungsi eksternal.
  • Menggunakan ungkapan sinonim dan antonim.
  • Menggunakan kata kerja material dan kata kerja relasional.

Nah, bagaimana dengan penjelasan diatas? Saya harap kalian sudah mengerti tentang pengertian teks ulasan, struktur serta kaidah kebahasaan teks ulasan. Dengan terus berlatih maka kalian akan bisa membuat teks ulasan yang bagus.

Demikian artikel tentang teks ulasan. Semoga bermanfaat bagi sesama pelajar.

loading...