Beranda Tips Trik Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang

Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang

38
0

Adyblog.com – Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang. Apakah kamu sedang kehilangan ponsel? Tertinggal di suatu tempat atau diambil oleh orang lain? Kehilangan ponsel merupakan masalah besar bagi sebagian orang karena tidak ada rutinitas sehari-hari tanpa ponsel.

Di jaman modern seperti ini hampir semua orang memiliki ponsel dan kebanyakan memiliki smartphone. Dan, hampir semua pengguna smartphone tidak bisa lepas dari smartphone mereka, tidak ada hari-hari tanpa ditemani oleh gadget multi-fungsi ini.

Meskipun tidak terpisahkan, bukan berarti ponsel tidak akan hilang karena manusia tidak lepas dari yang namanya lupa dan khilaf.

Lalu, bagaimana cara menemukan ponsel yang telah hilang? Nah, bagi pemilik Android menemukan ponsel mereka mungkin akan sedikit mudah. Pun begitu tidak ada jaminan 100% bisa ditemukan. Tapi, bukan berarti kita tidak berusaha menemukannya.

Saat ini Google menyediakan opsi mengamankan dan menemukan ponsel yang hilang dengan pengelola perangkat Android yang bisa digunakan dari ponsel Android maupun laptop. Tapi disini saya menyarankan untuk menggunakan laptop saja karena lebih mudah menggunakannya.

Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang

Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang
Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang

Sebelum mulai melacak posisi ponsel yang hilang. Perlu dicatat bahwa kamu harus tahu akun email berikut sandi email yang kamu gunakan pada ponsel Android yang hilang dan cara ini hanya bekerja pada perangkat Android saja.

  1. Masuk ke situs Android Device Manager.
  2. Login menggunakan email yang digunakan pada ponsel yang hilang.
  3. Selanjutnya kamu akan melihat nama perangkat yang kamu gunakan, Xiaomi misalnya.
  4. Kemudian klik ikon “GPS” atau akun “Lokasi Perangkat” yang biasa dilihat di ponsel atau aplikasi peta (Maps).
  5. Selanjutnya kamu akan melihat posisi ponsel yang hilang.

Setelah mengikut semua langkah diatas sekarang tinggal bagaimana cara kamu menemukannya. Saran saya, bawa laptop tersebut dekat dengan lokasi ponsel yang ditemukan. Selanjutnya ikuti tips berikut ini:

  1. Buka kembali Android Device Manager, sebaiknya biarkan tetap terbuka.
  2. Di bagian bawah nama perangkat yang muncul di situs Android Device Manager ada 2 pilihan. Pertama, “Deringkan” untuk membuat perangkat yang hilang berdering selama lima menit dengan volume suara full. Kedua, “Kunci” untuk mengunci ponsel yang hilang dengan sandi yang di atur ulang.
  3. Pilih “Kunci” terlebih dahulu sebelum mengaktifkan “Deringkan”. Pastikan kamu sudah berada di lokasi ponsel yang ditemukan.

Pada situs Android Device Manager kamu bisa melihat perkiraan jarang ponsel yang hilang dengan kamu berdasarkan lokasi laptop yang digunakan. Keakuratan lokasi dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya: koneksi atau jaringan dan layanan lokasi ponsel.

Apakah cara ini berhasil? Ya, terutama jika di daerah perkotaan yang memiliki kecepatan koneksi yang ngebut.

Apakah cara ini memiliki kekurangan? Ya. Cara melacak ponsel yang hilang dengan memanfaatkan layanan pengelola perangkat Android ini memiliki kekurangan seperti perangkat masih login email yang sama, perangkat harus terhubung ke layanan jaringan (internet).

Jika ponsel tersebut sudah di reset alias kembali ke pengaturan pabrik, otomatis semua data hilang termasuk login akun dan perangkat tidak akan bisa ditemukan. Seperti contoh gambar dibawah ini dimana saya baru menjual ponsel kurang lebih seminggu yang lalu dan ponsel tersebut telah di reset atau dikembalikan ke pengaturan pabrik.

Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang
Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang

Saran terbaik adalah menjaga ponsel Anda dengan sebaik mungkin dan mengamankan ponsel tersebut dengan pengamanan berlapis sehingga sulit di akses. Setidaknya jika seseorang mengambil ponsel Anda tanpa izin, maka mereka membutuhkan waktu untuk mematikan ponsel tersebut.

Jika ponsel Android tersebut memiliki tipe baterai Non-removable atau tidak bisa dilepas. Disitulah keuntungannya, yaitu ketika ponsel diambil tanpa izin dan memiliki pengamanan, sulit untuk yang mengambil mematikan ponsel dengan mencabut baterai.

SHARE
Loading...