Cara Mengambil Foto Long Exposure di Android

Cara Mengambil Foto Long Exposure di Android
Cara Mengambil Foto Long Exposure di Android

Cara Mengambil Foto Long Exposure – Mungkin kamu sudah pernah melihat foto pinggir jalan pada malam hari ya sob. Dalam foto tersebut tampak kendaraan yang lewat seperti cahaya melaju kencang. Tidak terlihat dari mana cahaya tersebut. Foto seperti ini disebut dengan foto Long Exposure (LE) atau disebut juga dengan Light Trail.

Foto long exposure bisa dengan mudah didapatkan jika kita menggunakan kamera DSLR. Tidak hanya foto lampu kendaraan saja, kamu juga bisa membuat light text dengan mengaktifkan flash smartphone, kemudian lakukan gerakan seperti melukis. Setelah jadi, foto long exposure akan menghasilkan light text menurut apa yang kamu lukis tadi. Kamu juga bisa mengambil gambar lampu-lampu yang bergerak untuk menghasilkan banyak karya foto long exposure.

Cara Mengambil Foto Long Exposure di Android

Cara Mengambil Foto Long Exposure di Android

Ada 2 pilihan untuk bisa menghasilkan foto long exposure di Android. Pertama kamu bisa menggunakan kamera yang mendukung long exposure atau shutter speed. Smartphone yang mendukung fitur ini adalah Xiaomi Mi 4i untuk smartphone kelas menengah kebawah.

Pilihan kedua dengan menggunakan aplikasi. Kamu bisa menggunakan aplikasi Camera Fv 5 untuk membuat foto long exposure di Android. Disini saya akan memberi contoh menggunakan aplikasi Camera Fv 5 agar semua smartphone Android bisa membuat foto long exposure.

  1. Download aplikasi Camera Fv-5 Lite di Play Store.
  2. Buka aplikasi, kemudian setting ISO 100-400.
  3. Di sebelah kiri tampilan aplikasi klik icon huruf P/S, pilih S, Controlled Exposure pilih Long+, Open Shutter ubah ke 20 detik (sec).
  4. Selanjutnya siap untuk memotret. Arahkan kamera ke lampu/cahaya yang bergerak. Usahakan untuk menggunakan tripod agar kamera tidak goyang.
Baca juga  Bagaimana Cara Mengambil Foto Bokeh Xiaomi Redmi 4A?

Jika kamu kurang paham dengan penjelasan poin ke-3, lihat gambar berikut ini.

Cara Mengambil Foto Long Exposure di Android
Setting Controlled Exposure
Cara Mengambil Foto Long Exposure di Android
Setting Open Shutter ke 20 Detik (Sec)

Dalam pengambilan foto, sebaiknya memang harus menggunakan tripod untuk menghasilkan gambar yang lebih baik karena open shutter bekerja selama 20 detik seperti yang ditentukan. Selama itu bukan tidak mungkin kamera akan goyang ketika smartphone kita pegang.

Jangan panik dulu setelah menekan tombol shutter kamu tidak melihat icon apapun di layar kamera karena hal ini menandakan pengambilan foto sedang berlangsung. Hasil akan muncul setelah berjalan menurut waktu pengambilan yang telah ditentukan. Setelah selesai kamu akan melihat icon-icon di layar akan muncul kembali dan hasil foto siap untuk di lihat.

Demikian artikel ini. Mohon maaf jika penjelasan dalam artikel ini sulit dimengerti. Jika punya sesuatu untuk ditanyakan, silahkan bertanya dengan menulis komentar di bagian bawah posting ini.

 

Loading...

Ada Komentar?