Beranda Aplikasi Aplikasi Pembuat Film Pendek di Android

Aplikasi Pembuat Film Pendek di Android

5723
0

Adyblog.com – Membuat film pendek di Android itu gampang-gampang susah. Namun, bukan berarti tidak bisa sama sekali. Dengan memanfaatkan beberapa aplikasi edit video kita bisa membuat film pendek, film dokumenter dan jenis film lainnya dengan sangat mudah. Kreativitas yang tinggi akan menghasilkan film yang bagus, jadi dalam hal ini kita membutuhkan beberapa aplikasi Android yang akan kita gunakan dalam pembuatan film.

Membuat film pendek memang lebih mudah dari komputer/lapotop karena banyak software film maker yang bisa kita gunakan. Saya sendiri biasa menggunakan Adobe Premiere Pro, After Effects dan Final Cut Pro. Hasil edit video menggunakan After Effects pernah saya posting di akun Youtube saya. Baiklah, sebelum keinginan untuk membuat film pendek dari Android terlaksana. Ada baiknya sobat memiliki beberapa aplikasi yang akan saya jelaskan disini.

Aplikasi Pembuat Film Pendek di Android

Aplikasi Pembuat Film Pendek di Android
Aplikasi Pembuat Film Pendek di Android

Beberapa aplikasi dibawah ini bisa sobat pilih sesuai keinginan.

  1. Aplikasi edit video. Aplikasi ini akan kita manfaatkan untuk memotong, menggabungkan video dan menambahkan musik/suara kedalam video. Aplikasi edit video yang bisa digunakan diantaranya: VideoShow, VidTrim dan InShot. Silahkan download secara gratis di Play Store.
  2. Aplikasi perekam suara. Aplikasi ini nantinya akan kita gunakan untuk menambahkan suara pada video, cocok untuk adegan berbicara dalam jarak jauh sehingga suara yang diucapkan dalam adegan tersebut tetap terdengar dengan jelas oleh penonton. Aplikasi perekam suara yang bisa kamu gunakan diantaranya: Perekam Suara dan Audio Recorder and Editor.

Setelah mendapatkan semua aplikasi diatas, berarti kamu sudah bisa membuat film pendek dari Android. Dalam hal ini diperlukan sedikit ilmu tentang membuat film, misalnya pengetahuan tentang posisi perekaman dari sisi mana kamu akan memulai video.

Cara merekam video

Dalam hal ini saya akan memberi contoh video tentang teman kamu yang akan berangkat menggunakan motor. Pertama kamu ambil video dia sedangkan berjalan di dalam rumah menuju pintu keluar, ini untuk adegan pertama. Adegan kedua kamu ambil di depan pintu dengan posisi sedikit mengambil dari samping. Adegan ketiga ambil video teman kamu ketika sesaat ketika ia ingin membuka jok atau bagasi motor untuk mengambil helm.

Lanjut ke adegan keempat. Rekam video teman kamu dengan menempatkan kamera dalam bagasi. Jadi, video akan mereka ketika tangan mulai masuk bagasi hingga tangan teman kamu menutupi kamera sepenuhnya dan adegan keempat selesai. Adegan kelima bisa kamu ambil ketika ia memasukkan kunci motor untuk menghidupkan motor yang digunakannya.

Sedangkan adegan keenam dan seterusnya bisa kamu ambil adegan berbicara, misalnya ketika ia berbicara dengan seseorang untuk permisi atau mengatakan ia akan pergi. Ambil adegan agak jauh dari kamera, rekam video tersebut tanpa suara. Dan, untuk mengisi dialog kita akan gunakan aplikasi perekam suara. Sampai pada langkah ini kamu sudah mengumpulkan semua adegan dan siap untuk pembuatan film.

Cara membuat film pendek dari Android

Cara membuat film pendek dari Android

Potong semua video yang telah kamu rekam tadi. Pemotongan dilakukan untuk membuat bagian video yang tidak penting misalnya untuk membuang beberapa detik ketika kamu mengatakan “roll and action” atau “mulai”. Atau memotong bagian akhir video sebelum perekaman dihentikan.

Setelah semua video dipotong. Lanjut dengan mengisi suara pada adegan dialog tadi dengan menggunakan aplikasi perekam suara untuk mengisi dialaog dalam film pendek kamu. Simpan video dialog ini dan kamu memiliki beberapa video untuk digabungkan menjadi sebuah film pendek.

Semua video sudah dipotong, video dialog juga sudah diisi suara. Sekarang tinggal menggabungkan semua adegan tersebut agar menjadi sebuah film. Kamu bisa gunakan aplikasi edit video, yaitu VideoShow untuk menggabungkan semua video.

Bagian akhir, setelah semua video digabungkan. Sekarang tinggal mengubah filter sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu bisa mengubah video dengan filter untuk menjadikan video tersebut sedikit gelap atau kamu juga bisa mengubah video dengan menggunakan filter hitam putih. Pilih sesuai keinginan saja, simpan dan film pendek kamu sudah jadi. Tinggal di upload ke Youtube atau ke sosial media.

Aplikasi apa saja yang diperlukan dalam membuat film pendek dari Android? Silahkan baca : 5 Aplikasi Android untuk Bikin Film Pendek

Demikianlah informasi tentang aplikasi pembuat film pendek di Android lengkap dengan cara-cara pembuatan film. Semoga informasi ini membantu dan bisa dijadikan sebagai pelajaran dasar untuk membuat film yang bagus. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke sosial media. Terima kasih, salam film maker.