Cara Mengatasi BBM Pending atau Error di Android

0
Cara Mengatasi BBM Pending atau Error di Android

Adyblog.comCara mengatasi BBM pending atau error di Android bisa dengan reboot Android atau menghidupkan ulang perangkat. Namun, beberapa kasus cara ini tidak mengatasi masalah tersebut dan BBM Android tetap pending atau error. Hal ini disebabkan oleh data aplikasi yang terlalu banyak di simpan di direktori perangkat atau akses jaringan yang tidak memungkinkan untuk melakukan pengiriman dan penerimaan data oleh sistem aplikasi.

Pending BBM kadang dipengaruhi oleh sistem layanan Blackberry terutama bagi yang menggunakan smartphone Blackberry. Selain itu bisa pula karena pengaruh jaringan oleh provider seperti pending BBM kartu 3, karti Indosat, Smartfren, Telkomsel dan lainnya. Namun, pending karena layanan provider sangat jarang terjadi karena umumnya hal ini terjadi karena aplikasi yang memiliki bug atau data aplikasi yang sudah menumpuk. Disini saya akan berbagi informasi cara mengatasi BBM pending maupun error.

Cara Mengatasi BBM Android Pending atau Error

Cara Mengatasi BBM Pending atau Error di Android
Cara Mengatasi BBM Pending atau Error

Jika kamu mengalami pengiriman pesan BBM yang selalu pending atau pesan di silang, sebelum melakukan reboot atau restart smartphone. Sebaiknya kamu mengetahui beberapa kemungkinan penyebab pengirim pesan tersebut pending.

Dua kemungkinan yang menyebabkan BBM pending dan error sebagai berikut:

  • Memeriksa koneksi jaringan. Jangan buru-buru, lakukan tes jaringan terlebih dahulu atau mematikan dan menghidupkan kembali jaringan smartphone kamu.
  • Memeriksa pembaruan aplikasi. Pembaruan kecil dari developer biasanya perbaikan bug. Jadi, dengan melakukan pembaruan kamu menghilangkan error atau kesalahan dalam program (coding) aplikasi.

Setelah melakukan kedua poin diatas namun masalah masih belum teratasi. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Pengaturan » Aplikasi
  • Pilih aplikasi BBM.
  • Selanjutnya pilih “Hapus Data” dan “Hapus Cache”.
  • Kemudian kamu pilih “Paksa Berhenti”. Hal ini akan menghentikan aplikasi berjalan di background atau sistem berhenti mengakses data aplikasi secara menyeluruh sampai kamu membuka kembali aplikasi tersebut.

Dengan melakukan semua cara diatas masalah BBM pending dan BBM error akan teratasi. Kamu tidak perlu mencopot aplikasi kemudian menginstall ulang  karena hal itu akan membuang kuota internet secara percuma.

Dengan cara diatas kamu tidak menghapus aplikasi secara keseluruhan, hanya menghapus data secara cache aplikasi. Menghapus data dan cache nantinya aplikasi menjadi seperti aplikasi baru. Kamu harus login terlebih dahulu dengan Blackberry ID kamu sebelum menggunakan aplikasi.

Agar tidak terjadi lagi masalah BBM pending dan error. Lakukan pembaruan ketika notifikasi pembaruan tersedia atau memeriksa update secara berkala. Biasanya pembaruan selalu disepelekan oleh pengguna, padahal semua perbaikan dan penambahan fitur baru hanya ada pada aplikasi yang telah diperbarui.

Loading...