Beranda Tips Trik Berhasil! Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Berhasil! Cara Menghemat Kuota Internet di Android

74
0

Adyblog.com – Penggunaan kuota internet sampai saat ini masih menjadi masalah di Indonesia. Soalnya, Indonesia termasuk negara yang paket internetnya super mahal, belum lagi jaringan generasi keempat (4G) yang belum merata, bahkan jaringan 3G saja belum menjangkau setiap desa. Tapi ya sudahlah kita tidak membahas kekurangan internet Indonesia.

Karena sebuah alasan, yaitu paket internet yang mahal. Maka, menghemat kuota adalah satu-satunya jalan terbaik agar terus bisa terhubung ke internet, berinteraksi dengan teman-teman di sosial media, chatting dan lain sebagainya. Pertanyaannya, apakah bisa menghemat kuota internet tanpa mematikan data seluler? Ya, karena saat ini sudah ada aplikasi yang bisa membantu menghemat penggunaan data internet.

Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Cara Menghemat Kuota Internet di Android
Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Disini saya akan berbagi cara menghemat kuota internet menggunakan aplikasi yang dipersembahkan oleh Opera.

  1. Download aplikasi Opera Max di Play Store.
  2. Buka aplikasi, kemudian klik Sambungkan.
  3. Selesai

Setelah disambungkan, Opera Max akan mulai menghemat penggunaan data di Android kamu. Cara kerja Opera Max dengan melakukan kompresi pada data yang di unduh saat kita menggunakan Android seperti foto video dan lainnya yang memakan banyak data.

Karena efekif menghemat kuota internet bukan berarti Opera Max tanpa kekurangan karena setiap aplikasi pasti memiliki hal itu. Kekurangan Opera Max, yaitu foto menjadi kurang bagus seperti foto BBM karena secara otomatis Opera Max mengubah kualitas foto menjadi kecil agar tidak banyak menggunakan data saat sistem mengunduh data.

Tidak hanya foto, video juga sama karena aplikasi ini akan menurunkan kualitas video. Jadi, jangan heran jika kualitas foto dan video menjadi jelek karena itu konsekuensi menggunakan Opera Max.

Aplikasi ini terbukti sangat ampuh dalam menghemat kuota internet. Pada penggunaan normal untuk bermain sosial media dan chatting. Aplikasi ini hanya memakan kurang dari 100 MB per hari. Sangat hemat bukan? Namun, bagi pengguna yang kurang suka melihat kualitas foto yang buruk, aplikasi Opera Max digunakan pada saat tertentu saja.

Selain menghemat kuota, kamu juga bisa mengelola penggunaan internet seperti membuat batas penggunaan kuota per hari. Kamu juga bisa mencegah aplikasi untuk berjalan di latar belakang. Jadi, saat tidak digunakan aplikasi tidak akan berjalan selama layar Android mati.

Demikianlah informasi cara menghemat kuota internet di Android. Semoga informasi ini bermanfaat bagi banyak orang. Selain informasi ini, kamu juga bisa membaca Cara Mengatasi Masalah Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android.

SHARE
Loading...