Cara Mengambil Screenshot Panjang di Samsung Galaxy A Series (One UI)

Cara Screenshot Panjang di Samsung Galaxy A Series

Seperti smartphone Android lainnya, Samsung juga menyediakan fitur screenshot panjang, terutama pada perangkat baru atau perangkat lama yang sudah mendapatkan update.

Bagi kamu pengguna Samsung Galaxy A Series yang menjalankan antamuka One UI, seharusnya kamu sudah mendapatkan update patch 1 Desember 219.

Update tersebut menambahkan beberapa peningkatan, salah satunya fitur screenshot dimana sekarang sudah tersedia fitur long screenshot yang mudah digunakan.

Bagaimana caranya? Silahkan simak langkah-langkah mengambil screenshot panjang di Galaxy A Series berikut ini.

Cara Screenshot Panjang di Samsung Galaxy A Series (One UI)

  • Silahkan ambil screenshot seperti biasa menggunakan tombol fisik atau gestur.
  • Kemudian akan muncul pop-up di bagian bawah layar yang berisi tools untuk mengedit dan membagikan hasil screenshot.
  • Selanjutnya pilih ikon tanda panah ke bawah untuk mengambil screenshot panjang.
  • Setelah selesai hasil screenshot akan disimpan di galeri.

Cukup mudah, bukan? Perlu diperhatikan sebelum mengambil screenshot panjang, pastikan halaman yang ingin kamu screenshot bisa di-scroll ke bawah.

Seperti contoh gambar di atas, saya mengambil screenshot halaman Pengaturan. Dalam hal ini saya menggunakan Samsung Galaxy A50 yang sudah upgrade ke patch 1 Desember 2019.

Bagi kamu yang belum update, silahkan update terlebih dahulu. Fitur screenshot panjang ini belum tersedia pada patch sebelumnya. Jadi jika perangkat kamu sudah mendapatkan update patch 1 Desember 2019, silahkan diupdate terlebih dahulu.

Baca juga  Cara Mengubah Tombol Navigasi di HP Samsung Menjadi Mode Gestur Layar Penuh

Saat ini saya baru mencoba di Galaxy A50, jika terdapat perbedaan pada seri Galaxy A lainnya akan saya tambahkan keterangan di bagian bawah artikel ini nantinya.