Ini Dia 2 Cara Screenshot di Samsung Galaxy A10 dan A10s

Cara Screenshot di Samsung Galaxy A10 dan A10s

Setelah meluncurkan Galaxy A10 yang cukup sukses di pasaran, Samsung kemudian meluncurkan penerus ponsel entry-level tersebut dengan tambahan huruf ‘s’ yaitu Galaxy A10s.

Bukan sekedar penambahan huruf ‘s’ di bagian belakang saja, Samsung juga menambahkan beberapa peningkatan dari versi sebelumnya. Salah satu yang mencolok yaitu dual kamera yang tidak ada pada Galaxy A10.

Namun disini saya tidak membahas tentang peningkatan spesifikasi, melainkan berbagi tentang salah satu fitur yang cukup banyak ditanyakan. Yap, cara mengambil screenshot di Samsung Galaxy A10 dan A10s.

Ada dua cara mengambil screenshot di Galaxy A10 yaitu menggunakan tombol fisik dan mode gestur. Cara keduanya sama karena menjalankan antarmuka One UI.

1. Cara Screenshot di Samsung Galaxy A10/A10s Menggunakan Tombol Fisik

Sepeti pada kebanyakan smartphone Samsung lainnya yang mengusung layar penuh, cara mengambil screenshot menggunakan tombol fisik yaitu: tekan tombol volume (-) dan tombol power secara bersamaan.

Hasil screenshot akan langsung tampil di status bar. Kamu bisa buka, edit dan hapus langsung dari status bar. Hasil screenshot akan disimpan di Galeri dalam album Gambar layar.

2. Cara Screenshot di Samsung Galaxy A10/A10s Mode Gestur

Selain menggunakan tombol fisik, Samsung juga menambahkan screenshot gestur. Cara mengaktifkan fitur ini sangat mudah. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka Pengaturan.
  • Pilih Fitur lanjutan.
  • Pilih Gerakan dan gestur.
  • Pilih Usap telapak tangan untuk mengambil.
  • Terakhir, aktifkan. Kamu juga bisa melihat contoh cara pengambilan pada halaman ini.
Baca juga  Tips Mengambil Foto Selfie yang Baik Agar Terlihat Cantik

Sayangnya, screenshot gestur ini sedikit lebih sulit digunakan terutama bagi yang belum biasa. Saya sendiri sering gagal dan memilih menggunakan tombol fisik. Padahal mode gestur seharusnya membantu menghemat tombol fisik.

Jika dibandingkan dengan smartphone merek lain, Samsung memberikan hanya satu pilihan gestur. Berbeda dengan screenshot 3 jari yang ada di Xiaomi, dan terdapat beberapa pilihan lainnya.

Itulah cara mengambil screenshot di Samsung Galaxy A10 dan A10s. Selain keduanya, cara ini juga bisa dipakai di seri Galaxy A lainnya yang menjalankan antarmuka One UI.

Loading...