Cara Mengaktifkan Buka Layar Ketuk 2x di Samsung Galaxy
Samsung One UI (xda-developers.com)

Samsung Galaxy seri terbaru seperti Galaxy A Series dan M Series sudah menggunakan antarmuka terbaru dari Samsung, yakni One UI. Antarmuka yang lebih baik dari sebelumnya, ringan dan memiliki banyak fitur menarik.

Nah, salah satu fitur yang akan saya bahas disini adalah double tap alias ketuk layar 2x. Fitur ini memungkinkan kita menyalakan layar tanpa menekan tombol power, melainkan cukup mengetuk layar dua kali saja.

Selain cepat dan mudah dalam menghidupkan layar, fitur ini juga sangat bermanfaat dalam mengurangi penggunaan tombol power. Pastinya kamu tidak ingin bukan, ponsel kesayangan kamu tombolnya cepat rusak.

Cara Mengaktifkan Buka Layar Ketuk 2x di Samsung Galaxy

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan ketuk layar 2x di Samsung Galaxy A Series dan M Series terbaru? Daripada penasaran, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Buka Pengaturan.
  • Kemudian pilih Fitur lanjutan.
  • Selanjutnya masuk ke opsi Gerakan dan gestur.
  • Terakhir geser tombol on/off pada opsi Ketuk dua kali utk mengaktifkan.
cara mengaktifkan ketuk layar 2x di Samsung Galaxy A Series dan M Series terbaru

Selain di HP Samsung kelas atas, fitur ketuk layar 2x ini juga terdapat pada Galaxy A Sereis lainnya dan Galaxy M Series yang sudah menjalankan antarmuka One UI. Cara di atas akan terus di-update agar bekerja di HP Samsung terbaru.

Baca juga :  Cara Mengubah Tombol Navigasi di HP Samsung Menjadi Mode Gestur Layar Penuh

Ketuk Layar 2x di Samsung Galaxy (One UI 4)

  • Pergi ke Pengaturan HP Samsung.
  • Pilih Fitur lanjutan.
  • Kemudian pilih Gerakan dan gestur.
  • Selanjutnya aktifkan Ketuk 2x utk mematikan layar dan Ketuk 2x utk menghidupkan layar (jika tersedia).

Kedua fitur ketuk layar 2x tidak tersedia di semua tipe HP Samsung. Meski belum saya coba semua, biasanya fitur seperti ini tersedia berdasarkan antarmuka yang dijalankan. Jadi, tidak ada salahnya untuk diperiksa.

Sayangnya, Samsung tidak membekali widget tombol kunci pada smartphone yang tidak memilik fitur ketuk 2x untuk mematikan layar.

Padahal tombol tersebut akan menjadi pelengkap dalam menghemat penggunaan tombol power. Sebab, kita bisa mengunci layar tanpa menggunakan tombol power.

Sekedar informasi, fitur ketuk layar 2x juga ada di smartphone Xiaomi. Menariknya, Xiaomi memiliki tombol widget kunci untuk mengunci layar alih-alih menggunakan tombol power.

Semoga saja ada update yang memberikan widget tombol power untuk semua lini Samsung Galaxy terbaru. Sehingga kita bisa mengurangi penggunaan tombol power, baik untuk menyalakan maupun mengunci layar.

Baca juga :  Cara Menyembunyikan Aplikasi di Samsung Galaxy A Series 2019 One UI

Itulah informasi tentang cara mengaktifkan ketuk layar 2x di Samsung Galaxy terbaru yang menjalankan antarmuka One UI. Jika ada sesuatu yang ingin disampaikan, jangan ragu tulis di kolom komentar.