Beranda Bisnis Pertimbangkan Sebelum Kamu Memulai Bisnis

Pertimbangkan Sebelum Kamu Memulai Bisnis

21
0

Menjalankan sebuah bisnis merupakan keinginan banyak orang. Tapi, tidak sedikit yang hanya menjadi angan-angan belaka karena terhalang oleh beberapa hal. Sebab, berbisnis bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan usaha dan kerja keras. Selain itu, berbisnis juga membutuhkan modal dan ide. Modal adalah yang paling penting karena meskipun memiliki ide cemerlang untuk sebuah bisnis, modal selalu menjadi hal tersulit bagi pelaku bisnis yang ingin memulai bisnis mereka.

Setelah memiliki modal dan ide bisnis, baik bisnis baru maupun bisnis yang di modifikasi menjadi bisnis yang lebih menarik dan menguntungkan. Ada lagi beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu usaha serta kerja keras untuk mengembangkannya. Oke, usaha sudah maksimal tapi bertahan dari berbagai kemungkinan juga merupakan hal yang sulit. Bagi yang bertahan dari jatuh bangun mengembangkan bisnis akan berpeluang untuk menjadikan bisnis yang sukses. Namun, bagi yang tidak bertahan tentu akan menemukan sesuatu yang tidak diinginkan.

Pertimbangkan Sebelum Kamu Memulai Bisnis

Sebelum memulai sebuah bisnis, ada baiknya kamu mengetahui apa saja yang perlu diperhitungkan sebelum memulai bisnis. Berikut ini saya berikan sedikit informasi yang saya dapatkan dari seorang pebisnis sukses seperti yang sampaikan kepada kompas.com.

Martha Puri, ia adalah pemilik Ideku Handmade. Ia sudah memulai bisnisnya sejak tujuh tahun lalu. Salah satu alasan mengapa ia terus berusaha untuk mengembangkan bisnis tersebut karena rasa suka terhadap bisnis yang ia jalani.

Bisnis yang ia jalankan bergerak dibidang kerajinan tangan, ia membuat karya dari tangan-tangan kreatif, seperti gambar dan pekerjaan yang berkaitan dengan jahit menjahit.

Ia berpesan “Yang paling penting ketika mau melakukan bisnis adalah harus cari yang benar-benar kita suka,” seperti yang disampaikannya pada acara Google Indonesia, Jakarta.

Ia juga mengatakan, apa yang kamu suka dan jadikan usaha sesuai dengan bidang dan keahlian kamu.

Bisnis yang dijalankan sesuai dengan keahlian dan bidang yang Anda sukai akan membuat kamu bisa menghadapi rintangan apapun.

“Jadi bukan hanya ikut-ikutan tren aja, karena kalau hanya ikut tren, selesai tren tersebut, maka bisnisnya selesai juga,” pungkasnya.

Memulai sebuah bisnis memang lebih baik jika kita mendasari bisnis tersebut dengan bidang dan keahlian kita. Bisnis seperti ini akan lebih mudah dijalani dan resiko kegagalan lebih kecil. Contoh bisnis seperti ini bisa berupa bisnis sesuai hobi. Jika kamu hobi musik kamu bisa memilih bisnis yang berkaitan dengan musik. Jadi, kamu bisa menjalankannya dengan rasa senang. Berbagai kemudahan akan kamu rasakan karena bisnis tersebut benar-benar kamu sukai.

Ada banyak bisnis yang bisa kita jalani sebagai bisnis. Asal bisnis tersebut bergerak dibidang yang kamu sukai, pasti bisnis tersebut akan mendatangkan hasil sesuai keinginan. Salah satu contohnya adalah bisnis kuliner. Tidak hanya terbatas pada jualan makanan siap saji saja, bahkan kamu bisa membuka bisnis rumahan dengan membuat makanan untuk dipasarkan ke beberapa kedai maupun mini market.

loading...