Apa itu SEO? – Defenisi dan Pengertian SEO Lengkap untuk Pemula

Selamat datang Sobat adyblog.com..
Ini merupakan posting pertama saya pada kategori  SEO di website saya yang sederhana ini. Pada Kesempatan ini saya mau membahas teknik SEO dasar untuk Pemula yang mau belajar tentang SEO. “Apa itu SEO?” ini merupakan pertanyaan yang banyak di tanyakan oleh pemula dalam belajar SEO termasuk saya yang juga masih belajar tentang SEO ini. Definisi dan pengertian SEO memang sangat luas sekali, tapi memiliki satu tujuan utama, yaitu mendatangkan banyak pengunjung di website atau blog.

Apa itu SEO?
SEO atau singkatan dari (Search Engine Optimization) merupakan suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di search engine seperti Google, Bing, dan Yahoo.
Tentang SEO – Pengertian dan Defenisi SEO
Pengertian dari SEO sangat luas tetapi inti dari semuanya tetaplah sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada halaman/posisi satu di search engine dengan kata kunci yang ditarget.

belajar SEO

Sejarah SEO
Mari kita flashback sejenak tentang sejarah SEO.
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).
Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Keuntungan Melakukan SEO
Apa keuntungan melakukan atau optimasi SEO? Banyak, banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, diantaranya yaitu :
  • Meningkatkan Traffic pengunjung

Kita semua pasti tahu “Meningkatkan traffic pengunjung” adalah tujuan utama SEO. Jika sebuah website atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti mendapatkan pengunjung (visitor) yang sangat banyak, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Keyword Planner.

  • Meningkatkan Daya Saing
Jika posisi suatu website lebih tinggi maka secara otomatis daya saing sebuah website pun akan lebih tinggi. Sebenarnya masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang tidak bisa saya sebutkan semua. Saya yakin dengan 2 hal ini saja pasti anda pasti sudah mengerti mengenai keuntungan SEO..
1. On Page SEO
    Kata On Page SEO atau SEO on Page pasti sudah tidak asing bagi yang ingin belajar SEO, kata kata tersebut sering kita jumpai di Tutorial SEO yang kita cari di Search Engine. On Page SEO adalah suatu teknik optimisasi halaman website, yaitu dengan menerapkan beberapa keyword yang ditarget kedalam website itu sendiri. Keuntungan dari On Page SEO ini yaitu website atau blog anda akan lebih dinilai relevan oleh google agar mudah ranking #1 Google.
    Berikut dasar yang harus diterapkan dalam On Page SEO :
    1. Title Tag
    2. Meta Description
    3. URL
    4. Heading (h1, h2, h3, h4)
    5. Image & Image ALt Tag
    6. Link to Site Authority
    Tittle Tag
    Title Tag adalah Judul pada sebuah posting/artikel. Umumnya title tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu judul posting tersebut.
    Meta Description
    Meta descriptions adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat artikel postingan anda, agar meta description terlihat menggoda dan menarik pengunjung website, anda perlu memodifikasinya dengan Mengeditmenggunakan plugin WordPress SEO by Yoast. Berikut contoh gambar Meta Description.
    URL
    URL atau singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet, ini menurut wikipedia 🙂 Seperti alamat rumah lengkap menurut saya agar pak pos mudah menemukan alamat 😀
    Heading
    Heading adalah kumpulan kata yang menjadi kalimat judul atau sub-judul dalam sebuah dokumen html.
    Html menyediakan 6 tingkatan heading, dimana heading level 1 (< h1 >) adalah yang terbesar, biasa berada di judul posting, dan heading level 6 (< h6 >) adalah yang terkecil.
    Link to Authority Site
    Apa itu Link to authority site? yaitu merupakan sebuah posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs–situs terpercaya. Contohnya seperti yotube, wikipedia, facebook, Twitter, WordPress dan masih banyak lagi situs-situs yang dipercayai google.
    Bagaimana cara mengetahui situs yang dipercayai google? Anda dapat melihatnya dari Page Rank (PR) situs tersebut, jika page rank situs tersebut memiliki Page Rank lebih dari 7 maka bisa dikatakan situs tersebut sudah dipercayai google ( Authority Site ).
    Kemudian bagaimana cara untuk mengetahui PR dari suatu situs? cara termudah yaitu anda cukup menginstall Extensi WebRank SEO dari browser Google Chrome dengan cara mendownloadnya terlebih dahulu dari Toko Web Chrome, untuk anda yang Mozila Firefox anda dapat menggunakan seo toolbar dari Seobook. Anda bisa cek disini.


    2. Off Page SEO

    Off Page SEo adalah cara mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs atau biasa disebut Backlink. Apa itu Backlink?
    “Backlink adalah Link dari halaman situs kita yang berada pada halaman situs lain yang memiliki Page Rank (PR) tinggi.” Cara mengetahui situs tersebut sudah saya jelaskan diatas tadi.
    Search Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang berkualitas Backlink dari Authority Site atau situs yang dipercayai Google dan mempunyai Page Rank tinggi seperti Wikipedia, Twitter, Facebook, WordPress, dan lain-lain.
    Website atau blog anda akan di angkat posisinya oleh google jika mempunyai backlink dari authority site tersebut, dan bahkan bisa menjadikan website kita  mendapatkan ranking tinggi, tentunya dengan kata kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari situs yang memiliki Page Rank tinggi.
    Saya harap anda sudah mengerti tentang apa itu Backlink.
    Perbedaan Backlink dengan Link Spam
    Sedikit tambahan untuk anda tentang perbedaan Backlink dan Link Spam. Tentang backlink sudah saya jelaskan diatas, sekarang tentang Link Spam. Apa yang di maksud Link Spam? Link Spam menurut saya adalah kebalikan dari Backlink, jika Backlink di dapatkan dari situs yang memiliki Page Rank tinggi atau situs yang di percayai google, Sedangkan Link Spam adalah link dari orang yang berkometar di blog dengan meninggalkan banyak link yang tidak berkualitas dari situs yang tidak memiliki Page rank tinggi.
    Walaupun dalam hal ini saya juga suka meninggalkan Link Spam di blog lain, tapi pada blog orang baik yang mengizinkan kita meninggalkan banyak link di blog mereka 😀
    Sekian dulu posting kali ini semoga membantu dan bermanfaat. Komentar yang baik dan bukan spam selalu saya tunggu.
    Advertisement
    2 Comments

    Komentar