Beranda Aplikasi 5 Aplikasi GPS Penunjuk Jalan Android Terbaik 2017

5 Aplikasi GPS Penunjuk Jalan Android Terbaik 2017

10783
1

Aplikasi GPS Penunjuk Jalan disebut juga dengan GPS navigation, yaitu peta jalan yang menjadi penunjuk arah. Teknologi navigasi ini biasanya digunakan pada kendaraan karena memiliki manfaat sebagai penunjuk arah yang akurat. Saat ini setiap kendaraan, khususnya mobil sudah dilengkapi dengan teknologi GPS, karena selain sebagai penunjuk arah jalan, teknologi GPS juga memiliki fungsi sebagai pengaman. Misalnya mobil di curi, dengan memanfaatkan GPS yang terpasang di mobil tersebut, pemiliknya bisa mengetahui keberadaan mobil dan dengan mudah bisa ditemukan.

Semakin berkembangnya teknologi saat ini membuat banyak developer membuat aplikasi penunjuk jalan untuk smartphone, khususnya Android. Ada banyak aplikasi navigasi yang tersedia secara gratis dan memiliki fitur canggih untuk bernavigasi ketika dalam perjalanan. Tidak hanya fiturnya yang canggih, beberapa aplikasi GPS penunjuk jalan bisa digunakan secara offline atau tanpa terhubung ke internet.

Beberapa developer pembuat aplikasi peta jalan ini tidak hanya menghadirkan fitur offline dan lokasi peta yang akurat, bahkan sekarang telah banyak aplikasi yang menawarkan tampilan landmark 3D, sehingga ketika menggunakan aplikasi penunjuk jalan di kota kita bisa melihat tampilan 3D layaknya gambar kota sungguhan. Disini saya coba memberikan ulasan dari 5 aplikasi penunjuk jalan terbaik Android untuk bisa kamu gunakan sesuai dengan fungsinya.

Aplikasi GPS Penunjuk Jalan Terbaik untuk Android

Aplikasi GPS Penunjuk Jalan
Aplikasi GPS Penunjuk Jalan Terbaik Android

Aplikasi berikut ini saya kumpulkan berdasarkan kelengkapan fitur yang tersedia dalam aplikasi, kamu bisa memilih salah satu aplikasi untuk bisa kamu gunakan ketika dalam perjalanan atau mencari lokasi tertentu.

1. Waze

Salah satu aplikasi GPS penunjuk jalan terbaik untuk Android adalah Waze. Aplikasi ini merupakan aplikasi komunitas berbasis lalu lintas dan navigasi paling banyak digunakan. Jika kamu suka bepergian, aplikasi Waze cocok kamu gunakan. Bergabung dengan komunitas pengguna aplikasi ini akan memiliki banyak keuntungan karena kamu bisa mendapatkan informasi real-time tentang lalu lintas seperti info macet, kecelakaan, jalan ditutup, razia polisi dan info lainnya dari sesama pengguna Waze.

Aplikasi GPS Penunjuk Jalan

Selain itu, fitur yang disediakan juga lengkap, mulai dari navigasi, rute, peringatan berkendara dan masih banyak lagi fitur yang berguna dalam perjalanan kamu. Aplikasi Waze bisa disebut sebagai sosial media berbasis lokasi karena dengan aplikasi ini kamu bisa mengedit lokasi, berbagi lokasi, bertemu dengan teman sesama pengguna dan membuat lokasi bertemu di peta. Karena aplikasi ini memiliki komunitas pengguna yang banyak diseluruh dunia, maka aplikasi ini bisa dijadikan seru-seruan bersama teman-teman kamu. Download Waze di Play Store.

2. Google Maps

Menggunakan perangkat Android tidak perlu menginstall aplikasi Maps milik Google ini karena aplikasi Maps merupakan aplikasi bawaan setiap smartphone Android. Dalam paket aplikasi Google Maps terdapat beberapa aplikasi diantaranya Navigation dan Street Views yang berguna bagi kamu yang suka travelling. Peta milik Google ini sangat akurat 220 negara dan wilayah. Selain itu, dalam bernavigasi aplikasi ini menyediakan paduan suara ketika berkendara atau bisa disebut sebagai asisten.

Aplikasi GPS Penunjuk Jalan

Aplikasi Maps juga menyediakan informasi real time tentang keadaan lalu lintas, kamu juga bisa membuat rute perjalanan dengan menentukan awal (lokasi sekarang) hingga lokasi tujuan, kemudian aplikasi akan membuat rute yang akan kamu lewati nantinya. Tampilan peta dalam aplikasi Maps tersedia dalam berbagai mode tampilan seperti satelit, traffic, transit dan lainnya. Saya pribadi biasa menggunakan tampilan satelit karena bisa melihat peta jalan dalam tampilan sungguhan karena terlihat sebagai foto satelit. Download Maps di Play Store.

3. TomTom GPS Navigation

Selain Google, TomTom juga merupakan perusahaan teknologi yang memiliki peta sendiri. Peta milik TomTom ini banyak digunakan digunakan oleh aplikasi navigasi. Aplikasi peta offline ini juga menyediakan informasi lalu lintas secara real time yang akan membantu kamu mendapatkan informasi lalu lintas.

Aplikasi GPS Penunjuk Jalan

Selain itu, aplikasi TomTom juga menyediakan tampilan peta 3D yang menakjubkan. Selain itu, TomTom juga menyediakan fitur membuat rute perjalanan dan menambahkan pemberitahuan kecepatan. Aplikasi juga memungkinkan kamu membuat alamat atau kotak pada lokasi tertentu. Fitur ini berguna saat kamu menandai suatu lokasi sebagai tempat teman kamu dan ketika membuat rute cukup dengan dengan memiliki tujuan berdasarkan kontak yang kamu buat. Download TomTom GPS Navigation di Play Store.

4. Sygic: GPS Navigation

Bagi kamu yang ingin memiliki aplikasi GPS offline, Sygic Navigation bisa kamu gunakan. Aplikasi peta offline memang sangat diperlukan karena tidak semua rute yang akan kita lalui memiliki koneksi internet yang bagus. Oleh karena itu, dengan memiliki aplikasi penunjuk jalan yang menyediakan peta offline bisa menjadi pilihan agar bisa digunakan di semua lokasi. Sygic menggunakan peta TomTom yang memiliki keakuratan lokasi seperti Google.

Aplikasi GPS Penunjuk Jalan

Sygic: GPS Navigation menggunakan peta milik TomTom, yaitu salah satu perusahaan pemilik peta selain Google. Menariknya, selain menyediakan peta offline, Sygic juga menyediakan peta dalam tampilan 3D sehingga dalam bernavigasi akan lebih menyenangkan. Ketika membuat rute perjalanan tampilan peta 3D menjadi penunjuk arah yang tidak membosankan. Dalam perjalanan, Sygic bisa menjadi pemandu jalan yang baik karena menyediakan fitur rute lengkap dengan paduan suara untuk memberitahukan belokan. Download Sygic: GPS Navigation di Play Store.

5. MapFactor GPS Navigation

Aplikasi GPS Navigation terakhir adalah MapFactor. Aplikasi ini memiliki banyak fitur, beberapa fitur yang tersedia sama dengan yang terdapat pada aplikasi penunjuk jalan diatas. MapFactor juga menyediakan paduan suara dalam bernavigasi, aplikasi juga menyediakan peta 3D dan peta offline agar bisa digunakan tanpa internet.

Aplikasi GPS Penunjuk Jalan

Berbeda dengan aplikasi penunjuk arah diatas, MapFactor menyediakan fitur pencari lokasi dan kode pos. Ada sekitar 1,8 juta kode pos yang sudah terdaftar di aplikasi ini. Jadi, kamu bisa mencari lokasi berdasarkan kode pos lokasi tersebut. Download MapFactor GPS Navigation di Play Store.

Demikianlah ulasan tentang 5 aplikasi GPS penunjuk jalan terbaik untuk Android. Dari kelima aplikasi diatas pastinya memiliki fitur yang berbeda serta kelebihan dan kekurangan. Mana aplikasi GPS Navigation terbaik dari kelima aplikasi tersebut? Menurut saya pribadi yang terbaik adalah Waze dan Google Maps. Keduanya sulit dibedakan jika melihat dari sisi teknologi dan fitur yang tersedia. Namun, pilihan kembali kepada kamu, saya hanya memberikan review saja sebagai paduan kamu dalam memiliki aplikasi navigation.

  • Saya suka Waze gan. Makasih infonya.