Beranda Blogging Bingung Mencari Ide Artikel untuk Blog Kamu?

Bingung Mencari Ide Artikel untuk Blog Kamu?

48
5

Artikel atau konten adalah nyawa dari sebuah blog. Tidak peduli mau blog pribadi, blog referensi atau blog berita sekalipun. Artikel adalah yang paling penting. Namun, kebingungan akan ide untuk artikel selalu menghampiri hampir seluruh blogger. Sebenarnya tidak perlu bingung untuk masalah update konten karena membuat blog pasti sudah lengkap dengan segala sesuatunya. Blog dibangun atas pertimbangan terlebih dahulu, terutama dalam hal topik.

Membuat blog berarti sudah tahu topik apa yang akan diisi. Jadi, menurut saya tidak ada yang membuat bingung. Jika hal ini terjadi berarti blog berisi konten yang kurang dikuasai atau tidak dikuasai sama sekali.

Tapi tenang sobat, disini saya punya ide buat kamu yang suka bingung mau nulis apa sebagai artikel yang akan di posting hari ini. Sebenarnya hal ini bisa dicegah jika membuat blog yang berisi konten yang kamu kuasai atau membuat blog yang membahas sesuatu berdasarkan pengetahuan dan pengalaman pribadi.

Mencari ide untuk menulis artikel blog

tips mencari ide untuk artikel blog

Baiklah, disini saya ingin berbagi pengalaman buat sobat yang bingung setiap ingin menulis karena merasa tidak ada ide yang bagus untuk dijadikan artikel. Berikut tips mencari ide untuk mengisi artikel blog kamu.

Tulis apa yang sedang kamu pikirkan

Bahkan jika sedang bingung mencari ide untuk artikel kamu bisa menulis tentang kebingungan tersebut. Ide bisa berupa apa saja dan tentang apa saja. Selagi hal itu bisa bermanfaat untuk pembaca, mengapa tidak?

Baca lagi artikel yang telah kamu publikasikan

Kadang dengan membaca kembali artikel-artikel lama yang pernah kamu posting beberapa waktu yang lalu bisa menjadi ide untuk membuat artikel yang lebih dikembangkan lagi dari yang pernah kamu tulis. Bisa juga membahas topik yang sama namun telah di upgrade ke versi terbaru.

Asal browsing

Jangan salah, bagi seorang blogger asal browsing itu penting karena biasanya kamu bisa mendapatkan banyak hal baru, terutama ide untuk menulis artikel. Selain itu, kamu juga bisa browsing tentang apa yang ingin kamu ketahui sob. Dengan begitu kamu akan mendapatkan ide. Informasi yang kita butuhkan akan dibutuhkan juga oleh orang lain. Jadi, tidak ada salahnya menulis tentang apa yang kita butuhkan untuk memberikan informasi kepada pengunjung yang memiliki keinginan yang sama dengan kita.

Main ke forum blogger atau komunitas blogger

Di forum, segala sesuatunya tersedia. Mulai dari informasi penting, tutorial, bahkan keluhan-keluhan pun banyak disampaikan dalam sebuah forum atau komunitas blogger. Nah, kamu hanya perlu membaca setiap thread dan komentar karena dari situ kamu bisa menemukan ide untuk sebuah artikel.

Mencari di situs direktori artikel

Ini cara paling jitu dalam mencari ide artikel. Bukan hanya itu saja, dengan mencari ide di direktori artikel kamu bisa menemukan artikel secara utuh. Tinggal kamu sampaikan artikel tersebut dengan bahasa atau ciri khas kamu dalam menulis dan menyampaikan sebuah artikel. Caranya:

  1. Masuk ke situs direktori artikel gratis seperti amazines.com, enzinearticles.com dan situs direktori artikel lainnya.
  2. Pilih artikel berdasarkan kategori yang sesuai dengan topik blog kamu
  3. Gunakan fasilitas translate yang ada di dalam Chrome jika kamu menggunakan browser Chrome. Jika tidak, kamu bisa menggunakan Google Translate atau Bing Translate. Bisa juga menggunakan kamu dan mencari terjemahan kata satu per satu (kalau kamu mau).
  4. Terjemahkan artikel yang kamu pilih di direktori artikel tersebut. Kemudian salin ke Notepad atau MS Word.
  5. Perbaiki bahasa hasil terjemahan, sampaikan dengan cara kamu kemudian posting.

Semua cara tips dan cara diatas tidak akan membuat kamu bingung lagi mencari ide artikel. Jadi, tidak perlu susah payah lagi memikirkan ide karena kamu bisa rileks, tenang, karena tips diatas bisa membantu kamu menemukan ide untuk artikel dengan mudah.

Selain tips diatas, sebelumnya saya juga telah menulis artikel tentang turorial blog mulai dari awal menentukan ide hingga menjadi blog yang ramai pengunjung. Yang penting serius, rajin dan tekun menulis artikel. Terutama untuk blog baru yang belum stabil pengunjungnya, jadi harus memperkaya blog dengan terus mengisi artikel.

loading...
  • browsing dan di sekitar sendiri sih kalo nyari ide 😀

  • Menarik dan Bisa buat inspirasi

  • intinya banyakin membaca dah, pastinya gk kehabisan ide atau melihat lingkungan sekitar yang nantinya bisa dibuat cerita/ artikel baru……kira-kira seperti itu sih menurut pengalaman pribadi,,,hehe

    • Jelas mas, banyak membaca banyak tau dan dapat ide..