Beranda Aplikasi Cara Membersihkan Cache di Android

Cara Membersihkan Cache di Android

111
0

Cara Membersihkan Cache di Android – Kebanyakan pengguna Android mengalami masalah aplikasi yang keluar sendiri, aplikasi yang tidak bisa dibuka atau kekurangan memori padahal tidak menginstall banyak aplikasi.

Jika kamu mengalami masalah seperti yang saya jelaskan di atas, sebaiknya kamu membersihkan cache aplikasi dan data dalam cache yang menguras memori perangkat. Apa manfaat membersihkan cache di Android? Ada banyak manfaat selain menjadikan aplikasi Android jadi ringan tanpa menghapus aplikasi itu sendiri.

Selain itu, pastinya dengan membersihkan data cache maka memori perangkat khususnya memori internal akan menjadi lapang. Sehingga kamu tidak perlu bingung dengan memori yang banyak digunakan meski tidak banyak menginstall aplikasi.

Cara Membersihkan Cache di Android

Cara Membersihkan Cache di Android
Cara Membersihkan Cache di Android

Disini saya akan menjelaskan 2 cara membersihkan cache di Android agar smartphone Android kamu menjadi lebih ringan, lebih fresh dan tidak ada lagi aplikasi yang keluar sendiri atau tulisan “sayangnya aplikasi blabla sudah berhenti”.

1. Membersihkan cahce langsung dari aplikasi

Cara membersikan cache di Android yang pertama ini langsung dari aplikasi dengan cara membuka pengaturan, pilih aplikasi. Selanjutnya cari aplikasi yang ingin kamu bersihkan cache aplikasi tersebut. Pilih “Hapus Cache” untuk membersihkan cache aplikasi. Jika diperlukan kamu juga bisa membersihkan data aplikasi dengan cara klik “Hapus Data”. Setelah itu aplikasi siap digunakan dan akan menjadi lebih ringan.

Cara Membersihkan Cache di Android
Cara Membersihkan Cache di Android

2. Membersihkan cache dengan melalui penyimpanan

Untuk cara yang kedua membersihkan cache dengan menghapus data dalam cache melalui pengaturan penyimpanan. Buka Pengaturan » Penyimpanan. Setiap perangkat Android mungkin memiliki menu pengaturan yang berbeda, jadi pastikan kamu bisa menemukan pengaturan penyimpanan.

Screenshot_2015-12-18-00-22-19

Selanjutnya pilih “Data dalam cache” seperti yang terlihat pada gambar di atas. Bersihkan juga melalui “Serbaneka”. Kedua data dalam memori ini menguras banyak ruang penyimpanan, sehingga kamu harus rajin membersihkan. Tenang saja, membersihkan data dalam cache dan serbaneka tidak akan merusak atau menghapus aplikasi yang telah kamu install.

3. Membersihkan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga

Cara membersihkan cache di Android selanjutnya bisa dengan menggunakan aplikasi yang tersedia secara gratis di Play Store. Untuk membersihkan cache dengan mudah kamu bisa menggunakan aplikasi Clean Master. Cara membersihkan cache dengan menggunakan aplikasi Clean Master bisa dengan menghapus sekaligus atau memilih satu per satu aplikasi yang ingin dibersihkan cache aplikasinya.

Menggunakan Clean Master tidak hanya membersihkan cache saja, bahkan kamu bisa membersihkan sampai yang membuat ponsel menjadi lemot atau loading lama.

Itulah cara membersihkan cache dengan mudah. Jika kamu pengguna Xiaomi kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi Clean Master karena salah satu fitur pembersih yang dimiliki Xiaomi adalah Clean Master. Jadi bisa dibilang Clean Master merupakan aplikasi bawaan di kebanyakan perangkat Xiaomi.

SHARE
Loading...