Cara Menghapus Data Android dari Jarak Jauh, Mudah dan Cepat

Cara Menghapus Data Android dari Jarak Jauh

Menghapus data Android dari jarak jauh diperlukan jika sewaktu-waktu kita kehilangan perangkat smartphone yang kita punya. Demi keamanan data dalam smartphone tersebut, tentu kita harus menghapus data tersebut dari jarak jauh.

Cara menghapus data Android jarak jauh sangat mudah dan cepat. Selain itu, ada dua pilihan yang bisa kita gunakan, yakni menghapus data Android langsung dari ponsel, dan menghapus data menggunakan PC. Kedua cara yang dimaksud sama-sama mudah dan cepat, tinggal kamu pilih mana yang paling kamu suka.

Cara Menghapus Data Android dari Jarak Jauh

Cara Menghapus Data Android dari Jarak Jauh

Untuk cara pertama mungkin menimbulkan pertanyaan. Bagaimana menggunakan ponsel sementara ponsel kita telah hilang?

Berdasarkan cara menghapus data Android dari jarak jauh yang saya baca di internet. Ada beberapa yang menurut saya tidak dijelaskan, seperti pertanyaan diatas. Kebanyakan tutorial meminta kita login menggunakan akun Google yang login di perangkat yang hilang.

Menurut saya cara tersebut kurang tepat. Kenapa?

Simak cara menghapus data Android jarak jauh berikut ini. Cara pertama ini menggunakan ponsel Android. Kamu bisa meminjam ponsel teman untuk menghapus data di ponsel yang hilang.

  • Download aplikasi Find My Device di Play Store.
  • Buka aplikasinya dan login sebagai tamu.
  • Kemudian muncul 3 pilihan, yakni Putar suara (play sound), Kunci (lock) dan Hapus (erase).
  • Pilih Erase (hapus) untuk menghapus semua data login dan akun di perangkat kamu.

Setelah selesai dengan cara diatas data Android kamu akan dihapus. Jika perangkat yang hilang dalam keadaan offline, maka penghapusan akan segera dilaksanakan saat perangkat terhubung ke internet.

Sedangkan cara kedua bisa menggunakan PC/laptop, yakni dengan mengunjungi situs Find My Device. Langkah menghapus data sama dengan cara yang digunakan pada cara pertama. Namun, lewat situsnya kamu bisa login menggunakan email yang login di perangkat yang hilang.

Itulah kelebihan Android, Google telah mempertimbangkan hal terburuk yang terjadi pada pengguna jika perangkat mereka hilang. Dengan kemampuan menghapus data jarak jauh, setidaknya data penting di akun tidak ikut hilang.

Loading...