Beranda Tips Trik Cara Menyimpan Video di Instagram Tanpa Aplikasi Downloader

Cara Menyimpan Video di Instagram Tanpa Aplikasi Downloader

1622
0

Adyblog.com – Seperti yang kita ketahui bahwa Instagram merupakan salah satu media sosial berbagi foto dan video paling populer di dunia. Bahkan kepopuleran Instagram mampu mengalahkan Twitter yang telah lebih dulu hadir sebagai media sosial terbesar di dunia. Hal ini tentu tak lepas dari peran management Instagram yang terus berupaya menghadirkan layanan terbaik bagi penggunanya.

Namun, meski memiliki pengguna yang banyak, tetap saja tidak ada yang sempurna. Bagi sebagian pengguna yang ingin menyimpan video di Instagram tentu berpikir mengapa tidak ada pilihan untuk men-download video di Instagram, bahkan juga tidak ada pilihan untuk menyimpan foto. Hal ini sebenarnya wajar karena konten-konten yang ada di Instagram merupakan milik dari si pemilik akun yang tentu saja ada sebagian yang bisa digunakan ulang dan ada pula sebagian yang tidak ingin digunakan oleh orang lain. Meskipun begitu, ada saja yang menyediakan aplikasi downloader untuk Instagram. Namun, disini saya akan berbagi cara menyimpan video di Instagram langsung dari Android tanpa perlu aplikasi tambahan.

Cara SimpanĀ Video di Instagram Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Menyimpan Video di Instagram Tanpa Aplikasi Downloader

Sebelumnya saya akan jelaskan sedikit agar cara ini berhasil, karena beda smartphone tentu beda fitur aplikasinya, terutama aplikasi file manager (file explorer). Mungkin beberapa merek smartphone butuh aplikasi file manager tambahan selain aplikasi bawaan smartphone tersebut. Namun, bagi kamu yang menggunakan Xiaomi cukup menggunakan aplikasi file manager bawaan, yaitu Berkas. Aplikasi ini sudah didukung fitur yang memiliki kemampuan untuk mengubah ekstensi atau format file menjadi video dengan cara mengubah nama file tersebut.

Bagi kamu yang menggunakan smartphone merek Samsung mungkin perlu aplikasi file manager tambahan seperti ES File Managaer atau File Commander untuk nantinya dipergunakan untuk mengubah ekstensi file. Silahkan download dulu buat persiapan.

Cara menyimpan video Instagram langsung di Android tanpa aplikasi downloader.

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone kamu.
  2. Silahkan cari video yang kamu suka yang ingin di download.
  3. Tonton video tersebut dari awal sampai selesai.
  4. Selanjutnya buka aplikasi File Manager, pilih folderĀ Penyimpanan Internal, pilih folder Android, pilih Data.
  5. Dalam folder Data silahkan cari folder com.instagram.android kemudian pilih folder Cache.
  6. Silahkan cari file yang berukuran MB (misal 1,2 MB) karena file tersebut adalah cache video Instagram yang telah di tonton tadi.
  7. Selanjutnya ganti nama ekstensi (nama setelah tanda TITIK) dengan .Mp4
  8. Selesai, sekarang tinggal memindahkan file video ke folder yang diinginkan.

Setelah mengikuti langkah diatas maka video cache video telah berhasil di ubah menjadi file video seutuhnya.

Mengenai aplikasi file manager bisa coba mengubah nama menggunakan aplikasi file manager bawaan. Jika memang tidak mendukung untuk mengubah nama atau ekstensi, silahkan download aplikasi file manager yang telah saya jelaskan diatas tadi.

Sedangkan bagi kamu yang menggunakan smartphone Xiaomi, tidak perlu menginstal aplikasi file manager karena Xiaomi sudah memiliki aplikasi bawaan, yaitu Berkas yang mampu mengubah nama atau ekstensi file cache menjadi format video. Di Xiaomi file cache video biasanya bernama .clean. Jadi, kamu tinggal ubah .clean menjadi .Mp4.

Demikian informasi tentang cara menyimpan video Instagram tanpa aplikasi downloader. Jika memiliki sesuatu untuk disampaikan, silahkan tulis di kolom komentar.

loading...