Cara Mudah Setting Aplikasi Perekam Layar Bawaan Xiaomi

Cara Mudah Setting Aplikasi Perekam Layar Bawaan Xiaomi

Bagi pengguna Xiaomi tidak perlu lagi pasang aplikasi screen recorder pihak ketiga karena sudah tersedia aplikasi bawaan. Menurut saya aplikasi perekam layar tersebut merupakan yang terbaik.

Aplikasi perekam layar bawaan di Xiaomi mulai tersedia di MIUI 9. Jadi, bagi pengguna MIUI 9 atau yang lebih baru tidak perlu lagi mendownload aplikasi pihak ketiga di Play Store.

Aplikasi screen recorder bawaan ini bisa digunakan untuk merekam semua aktivitas layar, seperti merekam video tutorial. Sedangkan untuk merekam gameplay bisa menggunakan screen recorder di Game Turbo.

Nah, untuk memaksimalkan hasil dari screen recorder bawaan ini, kamu perlu melakukan beberapa setting seperti berikut ini.

1. Mengubah Resolusi

Silakan ubah resolusi video ke yang paling tinggi. Di Redmi Note 7 yang saya gunakan ini resolusi tertinggi yaitu 2340 x 1080 sesuai dengan resolusi layar.

Kamu bisa memilih resolusi 1280 x 720 untuk kualitas yang lebih rendah dan ukuran file yang lebih kecil. Resolusi ini juga lebih baik untuk di edit ke aspek rasio 16:9 di aplikasi edit video.

2. Kualitas Video

Nah, untuk kualitas video kamu juga bisa pilih ke yang paling tinggi. Tapi pertimbangkan ukuran file yang akan lebih besar. Paling aman kamu bisa pilih 24 Mbps atau 32 Mbps.

Dalam percobaan yang saya lakukan untuk resolusi 2340 x 1080 pada kualitas 24 Mbps, ukuran file untuk video berdurasi 10 detik yaitu 4,3 MB. Sedangkan pada resolusi yang sama dengan kualitas 32 Mbps, ukuran file yang dihasilkan 6,2 MB.

Baca juga  Cara Mudah Clone App di Vivo Terbaru

3. Orientasi

Pada pengaturan orientasi saya biasa memilih otomatis jika ingin membuat video potret (vertikal). Hasilnya untuk saya edit langsung sesuai resolusi atau menambahkan background untuk video lanskap 16:9.

Namun, saya juga sering memilih mode lanskap (horisontal). Jadi, hasil rekaman layar sesuai resolusi. Tidak perlu menambahkan video pada layer kedua saat proses editing karena hasilnya sudah lanskap dengan background hitam.

4. Sumber Suara

Ada tiga pilihan yaitu: Hening, Mikrofon dan Suara sistem. Saya biasa memilih Mikrofon karena ingin merekam suara dari luar saat membuat video tutorial.

Sedangkan jika kamu ingin mereka suara game dengan jernih tanpa gangguan dari suara luar. Kamu bisa pilih Suara sistem untuk merekam suara internal. Pilihan sumber suara ini menjadi kelebihan aplikasi bawaan ini menurut saya.

5. Laju Bingkai Tetap

Pada opsi ini saya pilih untuk aktifkan di 30 fps. Pilihan paling tinggi di Redmi Note 7 yang saya gunakan.

Saya pilih aktifkan agar bisa mendapatkan frame rate yang stabil di 30 fps, tidak drop saat proses perekaman layar sedang berjalan.

6. Pilihan Perekaman Lainnya

Terdapat empat pilihan lainnya yang bisa kamu gunakan. Saya sendiri memilih untuk mengaktifkan pilihan:

  • Kunci layar untuk mengakhiri. Cukup tekan tombol power untuk mematikan layar sekaligus mengakhiri perekaman layar. Pada kondisi tertentu saya menggunakan pilihan ini.
  • Tampilkan gerakan sentuhan. Saya aktifkan karena sering merekam untuk video tutorial agar gerakan sentuhan terlihat. Jadi tidak perlu menggunakan mouse untuk menampilkan pointer.
Baca juga  Cara Merekam Permainan COC di Android Menjadi Video Tanpa Root

Nah, itu tadi beberapa pengaturan yang perlu kamu ubah untuk memaksimalkan hasil perekam layar di Xiaomi. Silahkan tentukan settingan yang pas untuk kamu.

Seperti yang sudah saya singgung di atas tadi, aplikasi perekam layar bawaan Xiaomi ini merupakan yang terbaik karena memiliki apa yang kita inginkan pada aplikasi perekam layar.

Tapi bukan berarti tidak ada kekurangan sama sekali. Bisa kita lihat frame rate (laju bingkai) mentok di 30 fps, tidak ada pilihan 60 fps.

Jika digunakan hanya untuk merekam video tutorial, aplikasi perekam layar bawaan ini sudah cukup baik. Namun untuk merekam aktivitas layar ketika bermain game, saya rasa masih kurang.

Nah, itulah cara setting aplikasi perekam layar bawaan Xiaomi yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi yang saya berikan cukup membantu kamu yang membutuhkan.

Loading...