4 Cara Screenshot di Redmi 9 dan Note 9 Series, Pilih yang Mana?

Cara Screenshot Redmi 9 dan Note 9 Series

Sama dengan kebanyakan ponsel Redmi lainnya, mengambil screenshot di Redmi Note 9 juga bisa dilakukan dalam beberapa cara. Jadi pengguna bisa memilih cara yang paling mudah dan nyaman digunakan.

Ada beberapa cara mengambil screenshot yang dibagi dalam tiga cara, yakni screenshot menggunakan tombol fisik, gestur dan pintasan.

Nah, bagi kamu yang belum tahu atau ingin mengetahui cara yang lainnya. Berikut ini cara mengambil screenshot di ponsel Redmi Note 9 series.

Cara Screenshot Redmi 9 dan Note 9 Series

Cara Screenshot Redmi 9 dan Note 9 Series

1. Screenshot Menggunakan Tombol Fisik

Bukan sesuatu yang baru, saya yakin sudah banyak yang tahu cara tradisional ini, yakni menggunakan kombinasi tombol fisik.

Di ponsel Xiaomi, kamu bisa mengambil screenshot dengan cara tekan tombol power + volume bawah secara bersamaan. Maka, layar akan berkedip sebagai tanda pengambilan screenshot berhasil.

2. Screenshot Melalui Pusat Kontrol

Terdapat banyak pintasan jika kita membuka panel pusat kontrol. Nah, salah satunya ada tombol pintasan screenshot (ikon gunting).

Cara Screenshot Redmi 9 dan Note 9 Series

Cara mengambil screenshot cukup mudah, yakni untuk MIUI 12 tarik layar kanan atas ke bawah, lalu ketuk tombol screenshot. Untuk versi MIUI 11 ke bawah cukup tarik bagian layar atas membuka panel pusat kontrol.

3. Screenshot Gestur Usap 3 Jari

Screenshot mode gestur menjadi yang paling banyak digunakan sejak fitur ini tersedia. Bahkan sudah banyak ponsel merek lain yang mengikuti mode screenshot 3 jari.

Baca juga  Cara Mengambil Screenshot Panjang di Xiaomi

Caranya mudah, tentukan laman yang mau di-screenshot, lalu usap layar ke bawah menggunakan 3 jari secara bersamaan.

4. Mengambil Screenshot Panjang

Long screenshot ini hanya opsi tambahan bagi kamu yang ingin mengambil tangkapan layar secara full pada laman yang bisa di-scroll.

Cara mengambil screenshot panjang sangat mudah. Tentukan area yang ingin di-screenshot. Pastikan area laman yang bisa di-scroll, lalu ambil screenshot menggunakan salah satu cara di atas.

Selanjutnya layar akan berkedip dan muncul gambar kecil (pop-up) di sisi kanan layar. Langkah selanjutnya ketuk tombol Gulir yang ada di bawah gambar kecil mengambang tersebut.

Gulir layar sampai batas yang diinginkan lalu ketuk Selesai untuk menyimpan hasil screenshot.

Nah, itu tadi cara mengambil screenshot di Redmi Note 9 Series. Cukup mudah, bukan? Silahkan pilih kira-kira cara mana yang menjadi favorit kamu.