Cara Sembunyikan / Tampilkan Foto di Album Tersembunyi Xiaomi

Cara Sembunyikan dan Tampilkan Foto di Album Tersembunyi Xiaomi
Cara Sembunyikan dan Tampilkan Foto di Album Tersembunyi (Foto: techadvisor.co.uk)

Sebelumnya sudah banyak artikel di blog ini yang membahas seputar album tersembunyi. Yap, mau tidak mau saya harus memperbarui setiap artikel tentang hal ini karena ada sedikit perbedaan seiring pembaruan yang terus bergulir.

Nah, pada artikel ini kami berikan informasi tentang cara menyembunyikan dan menampilkan foto/video di album tersembunyi alias hidden album. Cara ini kami uji di perangkat yang menjalankan MIUI 10 versi terbaru saat artikel ini ditulis.

Sebelum menggunakan album tersembunyi ada dua hal wajib agar fitur ini bisa digunakan, yaitu login ke Akun Mi dan aktifkan sinkronisasi Galeri ke Mi Cloud.

Cara login ke Akun Mi sangat mudah. Buka Setelan > Akun Mi. Silahkan ikuti langkah-langkah login, mulai dari masukkan data login (username, nomor hp, email) dan password hingga verifikasi nomor ponsel yang terdaftar di Akun Mi.

Bagi kamu yang belum punya akun juga bisa daftar langsung lewat Akun Mi. Silahkan ikuti langkah-langkah mendaftar Akun Mi.

Nah, untuk cara mengaktifkan sinkronisasi Galeri ke Mi Cloud. Buka Setelan > Akun Mi > Mi Cloud > Galeri. Aktifkan semua atau nonaktifkan pada opsi Otomatis unduh foto dari Mi Cloud.

Jadi saat kamu sinkronisasi diaktifkan tidak ada foto dari Mi Cloud yang diunduh ke Galeri.

Setelah proses mengaitkan Akun Mi dan mengaktifkan sinkronisasi Galeri ke Mi Cloud. Saatnya menggunakan fitur album tersembunyi di Xiaomi.

Note: Cara berikut ini di-update Maret 2022 sesuai dengan MIUI 12 terbaru.

Cara Menyembunyikan Album di Galeri Xiaomi

  • Buka Galeri.
  • Kemudian buka tab Album.
  • Selanjutnya silakan pilih salah satu album dengan cara ketuk dan tahan lalu di bagian bawah silakan pilih Sembunyikan.
  • Kemudian album yang dipilih akan disembunyikan. Kamu juga bisa memilih album lainnya untuk disembunyikan.

Namun, saran saya lebih baik membuat album baru khusus untuk album tersembunyi, kemudian menambahkan foto/video di album tersebut. Setelah membuat album kamu bisa sembunyikan.

Cara Menampilkan Album Tersembunyi di Xiaomi

  1. Buka Galeri.
  2. Kemudian ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas layar untuk membuka menu pilihan lalu pilih Setelan.
  3. Selanjutnya pilih Lihat album tersembunyi.
  4. Kemudian kamu akan melihat daftar album yang disembunyikan.
  5. Jika ingin mengembalikan album ke Galeri, kamu bisa tekan Tampilkan di sebelah kanan daftar album yang disembunyikan.

Note: Cara di atas sudah di-update sesuai dengan antarmuka MIUI terbaru saat ini.

Foto atau video yang disembunyikan di album tersembunyi tidak langsung berada di Galeri Mi Cloud. Jika kamu berganti ponsel dan menggunakan Akun Mi yang sama. Maka otomatis foto/video juga tersedia di album tersembunyi di ponsel baru.

Sedangkan jika ingin menambahkan foto ke Galeri yang ada di Mi Cloud, kamu bisa melakukan sinkronisasi agar foto di upload ke Mi Cloud secara otomatis. Selanjutnya kamu bisa download foto di Mi Cloud kapan saja, baik lewat hp maupun PC/laptop.