Cara Sembunyikan dan Tampilkan Foto di Album Tersembunyi Xiaomi

Cara Sembunyikan dan Tampilkan Foto di Album Tersembunyi Xiaomi
Cara Sembunyikan dan Tampilkan Foto di Album Tersembunyi (Foto: techadvisor.co.uk)

Sebelumnya sudah banyak artikel di blog ini yang membahas seputar album tersembunyi. Yap, mau tidak mau saya harus memperbarui setiap artikel tentang hal ini karena ada sedikit perbedaan seiring pembaruan yang terus bergulir.

Nah, pada artikel ini kami berikan informasi tentang cara menyembunyikan dan menampilkan foto/video di album tersembunyi alias hidden album. Cara ini kami uji di perangkat yang menjalankan MIUI 10 versi terbaru saat artikel ini ditulis.

Sebelum menggunakan album tersembunyi ada dua hal wajib agar fitur ini bisa digunakan, yaitu login ke Akun Mi dan aktifkan sinkronisasi Galeri ke Mi Cloud.

Cara login ke Akun Mi sangat mudah. Buka Setelan>Akun Mi. Silahkan ikuti langkah-langkah login, mulai dari masukkan data login (username, nomor hp, email) dan password hingga verifikasi nomor ponsel yang terdaftar di Akun Mi.

Bagi kamu yang belum punya akun juga bisa daftar langsung lewat Akun Mi. Silahkan ikuti langkah-langkah mendaftar Akun Mi.

Nah, untuk cara mengaktifkan sinkronisasi Galeri ke Mi Cloud. Buka Setelan>Akun Mi>Mi Cloud>Galeri. Aktifkan semua atau nonaktifkan pada opsi Otomatis unduh foto dari Mi Cloud.

Jadi saat kamu sinkronisasi diaktifkan tidak ada foto dari Mi Cloud yang diunduh ke Galeri.

Setelah proses mengaitkan Akun Mi dan mengaktifkan sinkronisasi Galeri ke Mi Cloud. Saatnya menggunakan fitur album tersembunyi di Xiaomi.

Baca juga  Cara Menggambar Grafiti di Android

Cara Menyembunyikan Foto di Mi Cloud

  1. Buka Galeri.
  2. Klik dan tahan pada foto untuk memilih salah satu atau beberapa foto sekaligus.
  3. Selanjutnya pilih Sembunyikan (ikon gembok)
Cara Sembunyikan dan Tampilkan Foto di Album Tersembunyi Xiaomi

Setelah itu foto yang kamu pilih (tandai) tadi akan menghilang karena telah beralih ke album tersembunyi. Untuk pertama kali, biasanya kamu akan diminta untuk membuat akses ke album tersembunyi dengan memasukkan sandi atau kunci pola.

Harap diingat karena kunci tersebut adalah sandi perlindungan privasi yang akan digunakan setiap mengakses album tersembunyi. Lupa sandi perlindungan privasi?

Cara Menampilkan Foto yang Disembunyikan di Album Tersembunyi

  • Buka Galeri.
  • Pilih tab Album.
  • Tarik atau seret layar dari atas ke bawah hingga muncul ikon gembok dan halaman kunci (pola)
  • Masukkan sandi perlindungan privasi atau gunakan sidik jari jika kamu mengaktifkan akses sidik jari untuk sandi perlindungan privasi.
  • Pilih salah satu foto, kemudian pilih Lainnya dan pilih Tampil. Atau,
  • Klik dan tahan untuk menandai beberapa foto, kemudian pilih Tampil (ikon gembok)
  • Pilih album, tempat dimana foto dari album tersembunyi akan ditampilkan di Galeri.

Foto atau video yang disembunyikan di album tersembunyi tidak langsung berada di Galeri Mi Cloud. Jika kamu berganti ponsel dan menggunakan Akun Mi yang sama. Maka otomatis foto/video juga tersedia di album tersembunyi di ponsel baru.

Sedangkan jika ingin menambahkan foto ke Galeri yang ada di Mi Cloud, kamu bisa melakukan sinkronisasi agar foto di upload ke Mi Cloud secara otomatis. Selanjutnya kamu bisa download foto di Mi Cloud kapan saja, baik lewat hp maupun PC/laptop.