Beranda Tips Trik Membuat Smartphone Android Menjadi Modem Tanpa Kabel USB

Membuat Smartphone Android Menjadi Modem Tanpa Kabel USB

5
4

Bagaimana membuat smartphone Android menjadi modem? Saya rasa sudah banyak yang tahu bagaimana cara menjadikan android sebagai modem. Cara yang umum yaitu dengan menghubungkan perangkat android ke laptop lewat kabel USB.

Kali ini saya tidak ingin membahas bagaimana cara menjadikan android sebagai modem dengan menggunakan USB, tapi saya akan membahas bagaimana menjadikan android sebagai modem tanpa menggunakan kabel USB, yaitu memanfaatkan portable Wi-Fi hotspot.

Caranya mudah dan sederhana, dan menurut saya hampir semua smartphone android bisa dijadikan modem. Jadi, Anda tidak perlu susah-susah mencari smartphone android apa saja yang bisa dijadikan modem, cukup periksa pengaturan nirkabel dan jaringan pada menu pengaturan android Anda.

Saya tidak menampilkan tutorial gambar, karena ini mencakup berbagai smartphone Android tidak tergantung merek apa, mahal atau tidaknya sebuah smartphone tersebut.

Membuat Smartphone Android Menjadi Modem Tanpa Kabel USB

Masuk ke Pengaturan, pada bagian Nirkabel & Jaringan pilih Selengkapnya (More..). Selanjutnya masuk ke Tethering & poertable hotspot, dalam menu ini Anda tinggal memberi centang pada Portable Wi-Fi hotspot. Sebelum masuk kita menuju ke laptop/komputer, ada baiknya Anda mengkonfigurasi Wi-Fi hotspot dengan masuk ke Wi-Fi hotspot konfigurasi (masih dalam menu Portable Wi-Fi hotspot).

Pada konfigurasi Wi-Fi hotspot, Anda buat nama jaringan (SSID) yang nanti akan Anda gunakan saat melakukan koneksi ke laptop. Setelah selesai membuat nama, kemudian atur security dengan menggunakan password, kemudian klik simpan.

Kita lanjut ke laptop, setelah Anda mencentang portable Wi-Fi hotspot maka akan muncul koneksi baru, klik salah satu jaringan yang tersedia, masukan nama dan password yang tadi sudah Anda buat di smartphone, kemudian klik Connect. Sampai pada tahap ini Anda sudah selesai.

Sekarang Anda sudah sukses menjadikan smartphone android sebagai modem tanpa menggunakan kabel USB. Jika Anda menggunkan laptop pribadi, centang saja bagian Connect Automatically pada pada taskbar jaringan sebelum melakukan koneksi, atau bisa juga dengan klik kanan pada jaringan yang aktif, kemudian pilih properties. Tinggal memberi centang pada koneksi otomatis agar saat melakukan sambungan tidak perlu memasukkan nama dan password.

loading...