Cara Mengaktifkan Notifikasi Popup (Multi Windows) di Galaxy A Series 2019

Cara Mengaktifkan Notifikasi Popup (Multi Windows) di Galaxy A Series 2019
Digitaltren.id

Sejumlah fitur menarik hadir di antarmuka One UI milik ponsel Samsung terbaru, termasuk Galaxy A Series (A10, A20, A30 dan A50). Notifikasi Popup dan Multi Windows akan saya bahas disini.

Notifikasi popup untuk aplikasi chatting memang ada pada hampir semua tipe smartphone terbaru saat ini. Namun hanya sedikit yang memberikan fitur multi windows yang bisa membuka aplikasi di atas aplikais lain tanpa mengganggu aplikasi yang sedang terbuka.

Nah, biasanya notifikasi popup aplikasi chat seperti WhatsApp, Messenger, LINE dan lainnya hanya menampilkan preview singkat dari isi pesan masuk.

Berbeda dengan di Galaxy A Series, dimana popup muncul sebagai ikon aplikasi seperti Balon Obrolan aplikasi Messenger. Apabila dibuka, maka akan muncul sebagai multi windows. Dengan begitu pesan tetap bisa dibuka meski kita sedang menonton video atau membuka aplikasi lainnya.

Bagaimana cara mengaktifkan notifikasi popup di Samsung Galaxy A Series? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengaktifkan Notifikasi Pop-up di Galaxy A Series 2019

  • Buka Pengaturan.
  • Pilih Pemberitahuan.
  • Klik Lihat semua untuk menampilkan semua aplikasi.
  • Sebagai contoh disini saya pilih WhatsApp dengan mengetuk nama atau ikon aplikasi.
  • Pilih opsi Notifikasi pesan.
  • Masuk ke menu Gaya notifikasi, kemudian pilih Suara dan pop-up.
Cara Mengaktifkan Notifikasi Popup (Multi Windows) di Galaxy A Series 2019

Setelah mengaktifkan notifikasi pop-up, kamu bisa mencoba dengan mengirim pesan. Pemberitahuan pop-up akan masuk berbentuk ikon WhatsApp, kemudian buka untuk melihat dan membalas pesan dalam multi windows.

Baca juga  Fungsi Utama Bixby di Smartphone Samsung

Ada 4 tombol pilihan pada jendela pop-up yang muncuk, pertama dari kiri untuk mengatur opacity, kemudian tombol untuk minimize ke ikon aplikasi. Tombol ketiga untuk membuka aplikasi pada tampilan penuh dan tombol keempat untuk menutup jendela pop-up.

Multi Windows di Galaxy A Series 2019

Fitur ini pastinya sangat berguna, terutama buat kamu yang suka nonton di ponsel. Dengan adanya fitur notifikasi popup dan multi windows ini kamu tetap bisa membuka dan membalas pesan sambil nonton.

Notifikasi pop-up di Samsung Galaxy A Series ini cocok untuk aplikasi pesan, termasuk DM Instagram, email, aplikasi Facebook dan lainnya. Namun beberapa aplikasi lebih diprioritaskan seperti WhatsApp dan aplikasi chat lainnya.

Jangan heran jika aplikasi lain sudah diaktifkan namun notifikasi pop-up tetap tidak muncul ketika ada pemberitahuan.