Tanpa di sadari kamu malas ngeblog karena ini

0
Ngeblog salah satu aktivitas, profesi yang harus dikerjakan dengan rajin, namun terkadang rasa malas sering menghampiri setiap blogger. Malas menulis, membuka blog, blogwalking dan lain sebagainya yang terkait dengan aktivitas ngeblog.
Malas ngeblog karena pemalas? Tidak, malas tidak berarti pemalas. Kadang memang ada saatnya blogger malas menulis artikel meski banyak ide yang harus ditulis. Hal ini wajar, setiap blogger pernah bahkan selalu berada pada titik dimana rasa malas menyerang.
Padahal malas dalam ngeblog kita yang menciptakan, bukan karena ada sesuatu yang membuat kita malas menulis. Ngeblog itu kebiasaan jadi sangat tidak mungkin ada rasa malas, apalagi bagi pemilik blog yang sudah menghasilkan dari blog mereka. Beberapa penyebab yang tanpa di sadari membuat kita malas ngeblog, sebagai berikut:
Sibuk dengan tampilan
Kadang membuat blog lebih banyak di lihat oleh kita sendiri sebagai pemilik blog, setiap kali membuka ada saja yang harus di ubah, widget di ganti, geser posisi, edit ini itu hingga akhirnya malas ngeblog karena sudah tidak ada ide. Terlebih jika kita baru siap mengedit kode-kode program yang ada dalam tubuh blog. Capek, stres, penat dan lain sebagainya membuat ide tulisan seakan hilang entah kemana.
Belajar hal lain selain ngeblog
Tanpa di sadari kamu malas ngeblog karena ini
Malas bisa juga di sebabkan karena kita memilih untuk belajar hal lain. Misalnya belajar hal-hal di luar topik blog, seakan ingin aktivitas lain selain ngeblog, akhirnya sibuk sendiri. Setelah selesai, tidak semangat lagi mau menulis. Saya sendiri juga seperti itu, tapi setelah selesai menulis blog saya belajar hal-hal lain yang berhubungan dengan cara mencari uang dari blog.
Saya memiliki sekitar 24 blog, beberapa blog saya pilih hari ini untuk saya tulis, setelah selesai saya lanjut belajar desain dan bahasa Inggris. Jadi, meskipun capek blog sudah terselamatkan. Artikel sudah di tulis dan di atur posting secara otomatis berdasarkan waktu yang di tentukan.
Tidak disiplin
Sebagai blogger juga harus disiplin dalam menulis artikel. Tentukan waktu menulis artikel, kurang disiplin membuat kita malas ngeblog tanpa kita sadari. Saya menentukan waktu menulis blog, biasanya siang sampai sore berdasarkan waktu sibuk blog, karena setiap blog yang kita punya mempunyai jam-jam tertentu dimana blog tersebut ramai di kunjungi. Jadi saya menulis siang 3-5 artikel untuk sebuah blog dan waktu publish artikel di atur pada jam tertentu.
Jadi, saya bisa memantau perkembangan yang berkaitan dengan topik atau belajar hal-hal lain dengan tenang tanpa menghabiskan waktu sia-sia tanpa menulis.
Berpikir menambah blog
Membuat blog menghabiskan waktu setidaknya 1 jam untuk blog sederhana. Banyak blogger yang berpikir untuk membuat blog baru, padahal blog yang ada belum sempat di isi artikel untuk hari ini. Memang tidak ada yang salah jika ingin menambah jumlah blog yang kita punya, asalkan blog lama sudah mandiri, sudah memiliki traffic yang stabil, jadi tidak masalah satu hari tidak menulis artikel.
Membuat blog baru dengan topik yang tidak benar-benar kita kuasai menguras banyak tenaga. Kita butuh referensi untuk bahan tulisan. Bisa di bayangkan berapa banyak waktu yang terbuang untuk mencari sumber referensi tulisan.
Rasa malas ngeblog bisa di hindari asal kita bisa disiplin. Atur waktu yang kita punya, pada jam berapa menulis, jam berapa belajar, mengedit dan lain sebagainya. Intinya disiplin, puluhan blog yang kita punya akan dengan mudah di kelola jika kita menerapkan kedisiplinan sebagai blogger.
Loading...