Beranda Aplikasi Aplikasi Perekam Video Terbaik Cocok untuk Bikin Film

Aplikasi Perekam Video Terbaik Cocok untuk Bikin Film

6074
1

Adyblog.comAplikasi Perekam Video Terbaik. Apakah kita butuh aplikasi perekam video? Bukankah kebanyakan smartphone sudah memiliki kamera mumpuni? Ya, memang banyak smartphone sekarang yang sudah memiliki kamera mumpuni, seperti contoh Xiaomi. Semua produk smartphone mereka dibekali kamera berteknologi Sony yang menghasilkan gambar dan video yang bagus. Namun, setiap kamera memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, terutama dalam mengambil video.

Disini saya akan jelaskan alasan kenapa kita harus menggunakan aplikasi perekam video untuk merekam video yang bagus. Meskipun banyak aplikasi perekam video terbaik yang tersedia secara gratis di Play Store, namun disini saya akan mengulas salah satu yang terbaik saja dengan segala kelebihannya yang membuat aplikasi tersebut direkomendasikan untuk membuat video profesional.

Aplikasi Perekam Video Terbaik Android

aplikasi perekam video terbaik

Aplikasi yang akan kita gunakan adalah Cinema FV-5. Kalian bisa men-download di Play Store atau mencari Cinema FV-5 Apk jika di Play Store tidak compatible dengan perangkat yang kalian gunakan. Mengapa harus aplikasi ini? Ok, saya akan review aplikasi ini untuk kalian sob. Namun, sebelumnya saya akan menjelaskan tentang perangkat yang direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi ini.

Untuk menggunakan aplikasi perekam video, Cinema FV-5. Aplikasi ini direkomendasikan pada perangkat yang mendukung resolusi Full HD 1080p agar semua fitur aplikasi tersedia dan bisa digunakan. Aplikasi ini juga tersedia dalam versi berbayar. Jika kalian memiliki dana untuk membeli versi Pro dari aplikasi ini akan lebih bagus. Namun, jika ingin menggunakan versi gratis tidak masalah, sebagai percobaan tidak ada salahnya.

Fitur-fitur aplikasi perekam video Cinema FV-5

Auto White Balance (AWB). Auto White Balance adalah fitur yang mengontrol keseimbangan warna putih. Kita bisa memilih keseimbangan warna yang disesuaikan dengan suasana atau keadaan sekitar sehingga bisa menentukan keseimbangan warna putih yang cocok agar menghasilkan pengambilan video yang bagus. Menariknya, aplikasi Cinema FV-5 menyediakan fitur pengunci AWB.

auto white balance

Dengan fitur pengunci AWB kita bisa mengurangi perubahan keseimbangan cahaya agar tidak mempengaruhi hasil video seperti ketika kita menggunakan fitur auto pada kamera bawaan. Kalian mungkin pernah merekam sebuah video pada kondisi cahaya yang tidak stabil sehingga video tersebut menjadi berkedip terang dan gelap karena keadaan cahaya sekitar yang tidak stabil. Dengan menggunakan Cinema FV-5 hal itu tidak akan terjadi lagi. Jadi, pilih AWB yang tepat kemudian kunci dan mulailah merekam video.

 

Auto Focus. Fitur yang satu ini mungkin tidak perlu saya jelaskan secara detail, karena saya yakin kalian sudah paham dengan fitur ini. Pada aplikasi Cinema FV-5 ada beberapa jenis focus seperti macro untuk merekam objek kecil seperti bunga, ada juga face untuk mengambil focus dengan objek manusia, ada juga touch focus, yaitu focus yang ditentukan sendiri dengan cara sentuh dan tahan pada bagian objek. Nah, jika kalian ingin focus yang dihasilkan tetap pada objek yang dipilih maka kalian bisa mengunci auto focus-nya. Silahkan pilih sesuai dengan objek apa yang ingin kalian buat video.

Dibawah ini adalah screenshot video dari channel Youtube saya yang direkam menggunakan Cinema FV-5.

hasil rekaman cinema fv-5

ISO dan Kecerahan (brightness). Cinema FV-5 menyediakan pilihan ISO hingga 3200 (mungkin tergantung perangkat). Kalian bisa atur ISO yang tepat berdasarkan kondisi cahaya sekitar atau memilih untuk menggunakan ISO otomatis. Sedangkan untuk Brightness bisa diatur dengan menggeser posisi ke kiri (-) dan ke kanan (+) sesuai dengan cahaya sekitar tempat pengambilan video.

Selain fitur-fitur penting diatas, ada pula setting kualitas atau resolusi video. Cinema FV-5 menyediakan banyak pilihan resolusi mulai dari yang terendah hingga ke resolusi video 4K. Namun, untuk resolusi 2K dan 4K hanya tersedia untuk Cinema FV-5 versi Pro. Sedangkan untuk audio kalian bisa pilih setting default saja atau bisa setting ke yang paling bagus. Namun, semakin di setting ke kualitas yang tinggi (video dan audio) maka semakin besar file video yang akan di rekam.

Mungkin cukup sekian review tentang aplikasi perekam video terbaik Android ini. Jangan sungkan untuk bertanya jika ada yang mau ditanyakan. Saya akan selalu menyempatkan diri untuk menjawab pertanyaan, terutama tentang fitur lainnya yang mungkin belum saya jelaskan. Jika ingin membuat video profesional, misalnya ingin belajar membuat film pendek. Tidak ada salahnya membeli Cinema FV-5 Pro yang lebih memberi banyak manfaat.

loading...
  • cah demak

    Makasih kereeeen memang aplikasi ini