Cara Install Tema .mtz di Xiaomi Mudah dan Cepat

Cara Install Tema .mtz di Xiaomi

Masih banyak teman-teman kita yang bertanya bagaimana cara menginstall tema Xiaomi dengan ekstensi .mtz. Bagi pemula tentu cukup membingungkan. Meski sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Hanya dalam beberapa langkah mudah saja kamu sudah bisa memasang tema .mtz sendiri.

Memasang tema pihak ketiga memang ada beberapa cara. Paling populer, yakni cara memasang tema tanpa root dan tanpa daftar MIUI designer. Padahal kedua cara tersebut terkadang tidak diperlukan, kecuali pada kasus tertentu yang mengharuskan kamu daftar MIUI designer.

Cara Install Tema .mtz di Xiaomi semua versi MIUI

Cara Install Tema .mtz di Xiaomi

Nah, disini saya jelaskan yang mudah-mudah saja. Silahkan dicoba dulu cara yang paling mudah dan umum digunakan oleh para Mi Fans. Simak cara install tema .mtz di Xiaomi MIUI 7,8 dan 9 berikut ini.

  • Download tema Xiaomi ekstensi .mtz yang kamu inginkan melalui PC/laptop. Kemudian pindahkan ke penyimpanan atau SD card smartphone menggunakan kabel USB standar.
  • Buka aplikasi Tema pada smartphone kamu. Kemudian masuk ke tab Profil, Lalu pilih Tema.
  • Berikutnya gulir kebawah dan pilih Import.
  • Silahkan cari tema (.mtz) yang telah di download melalui File Manager.
  • Tandai file .mtz lalu klik Oke.
  • Tunggu proses pemasangan tema selesai dan muncul di daftar tema.

Proses penerapan tema biasanya mengharuskan perangkat memulai ulang (restart). Silahkan mulai ulang untuk melihat tema yang baru kamu terapkan.

Baca juga  Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2x di Xiaomi MIUI 10

Jika kamu tidak berhasil menginstall tema dengan cara diatas. Kamu bisa install tema Xiaomi lewat aplikasi MIUI Theme Editor (Play Store). Setelah di download, silahkan buka aplikasi MIUI Theme Editor untuk mulai menginstall tema.

Cara edit tema menggunakan aplikasi MIUI Theme Editor

Cara memasang tema menggunakan aplikasi MIUI Theme Editor

Caranya, buka aplikasi MIUI Theme Editor, pilih Browse, cari tema yang ingin kamu install dan klik Mulai. Pada langkah selanjutnya kamu bisa kostumisasi atau edit tema jika diperlukan.

Setelah selesai mengedit, klik Berikutnya. Pada langkah ini kamu bisa edit nama tema juga lokasi penyimpanan. Saya sarankan mengubah nama saja, sedangkan lokasi penyimpanan biarkan default saja.

Setelah berhasil disimpan, kamu bisa install file (.mtz) melalui aplikasi Tema seperti cara yang sudah saya jelaskan diatas.

Sebagai catatan, cara diatas mungkin tidak selalu sama karena tampilan aplikasi mungkin berubah karena aplikasi terus di update. Sementara artikel ini belum diperbarui. Silahkan tinggalkan komentar agar saya bisa segera memperbarui cara ini.