Akhirnya, Xiaomi Resmi Luncurkan MIUI 12 Global

MIUI 12 Global

Setelah sebelumnya diperkenalkan pada April lalu di China, Xiaomi akhirnya resmi merilis MIUI 12 secara global. Penerus dari MIUI 11 ini akan mulai menggulir versi beta pada pekan depan.

Sebagai penerus versi sebelumnya, MIUI 12 memiliki sejumlah fitur baru serta menampilkan desain antarmuka baru. Sebagaimana diketahui MIUI 12 fokus pada desain. Apa saja fitur barunya?

Desain dan Animasi baru

MIUI 12 hadir dalam tampilan desain yang baru yang membawa perubahan pada tambahan efek seperti efek gaussian blur.

Menurut Xiaomi, visual dan animasi pada MIUI 12 terinspirasi oleh alam dengan mengusung tema natural. Selain itu, animasi bari di MIUI 12 dibentuk secara 3D sehingga ikon terlihat nyata dan lebih detail.

Super Wallpaper

MIUI 12 memiliki fitur Super Wallpaper yang bisa digunakan pengguna untuk menghiasi background ponsel dengan gambar planet yang ditampilkan secara 3D.

Mode Gelap

Sejak awal rumor tentang MIUI 12 beredar, fitur Mode Gelap mendapat perhatian lebih. Kemampuan Mode Gelap di MIUI 12 diklaim lebih baik karena mampu mengubah aplikasi/web yang belum mendukung mode gelap.

Floating Windows

Floating Windows sangat berguna untuk pengguna yang sering menjalankan multi-tasking. Dengan fitur ini pengguna bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Fitur ini mendukung sejumlah aplikasi buatan Xiaomi dan beberapa aplikasi lainnya seperti Netflik, Facebook, TikTok dan lainnya.

Baca juga  Cara Setting Kamera Xiaomi Agar Hasil Foto Seperti Kamera DSLR

Ultra Battery Saver

Memang bukan fitur baru, namun fitur Ultra Battery Saver di MIUI 12 telah disempurnakan sehingga bekerja lebih optimal. Ultra Battery Saver di MIUI 12 memiliki tingkatan berbeda yang bisa disesuaikan oleh pengguna.

Selain fitur-fitur yang disebutkan diatas, masih ada beberapa fitur tambahan dan sejumlah peningkatan pada fitur yang telah ada sebelumnya.

Dirangkum dari beberapa sumber, update MIUI 12 dimulai tanggal 1 Juni mendatang untuk beberapa perangkat. Sedangkan gelombang kedua akan lebih banyak tipe ponsel Xiaomi yang mendapatkan update MIUI 12.