Beranda Tips Trik Cara Membuat, Menampilkan dan Menyembunyikan File di Xiaomi via Berkas

Cara Membuat, Menampilkan dan Menyembunyikan File di Xiaomi via Berkas

Cara lain untuk menyembunyikan file seperti foto dan video di Xiaomi sebenarnya sudah dipermudah oleh pihak Xiaomi sendiri melalui pembaruan ke MIUI 8. Jika sebelumnya banyak pengguna yang bingung tentang cara menampilkan album foto tersembunyi di Galeri. Sekarang, pada MIUI 8 Xiaomi telah menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat folder tersembunyi di Berkas dan dapat di kunci dengan memasukkan pola/kunci sesuai keinginan pengguna. Sehingga tidak mudah di akses oleh pihak lain.

Selain itu, menyembunyikan file melalui Berkas/File Manager lebih mudah jika sewaktu-waktu kita ingin mengembalikan file tersebut ke lokasi semula atau lokasi baru yang dapat di pilih sesuai keinginan. File yang disembunyikan tersebut tidak akan terlihat di Galeri. Berbeda dengan cara menyembunyikan file lewat Galeri, dimana file tersebut di upload ke Mi Cloud dan sedikit sulit untuk dikembalikan ke tempat semula. Disini saya akan memberikan informasi tentang cara membuat folder tersembunyi di Berkas, berikut video tutorial yang akan saya berikan di akhir artikel nanti. Jadi, mari kita simak sama-sama cara menyembunyikan file di Berkas.

Cara Membuat, Menampilkan dan Mengembalikan File Tersembunyi di Xiaomi

Cara Membuat, Menampilkan dan Menyembunyikan File di Xiaomi via Berkas

Caranya cukup mudah kok sob, jika nanti kurang mengerti dengan apa yang saya jelaskan disini, kamu bisa melihat cara yang ada pada video dibawah. Dalam hal kita akan membuat folder dalam berkas tersembunyi. Kamu bisa memasukkan banyak file kedalam folder tersebut seperti dokumen, video, foto dan musik. File yang disembunyikan tersebut tidak di unggah ke Mi Cloud, jadi sewaktu-waktu ingin mengembalikan ke lokasi semula akan lebih mudah.

Cara membuat folder tersembunyi dan menyembunyikan file di Berkas:

  1. Masuk ke Berkas (File Manager bawaan)
  2. Tekan dan tahan layar sambil gulir kebawah hingga muncul icon gembok.
  3. Pilih menu (icon titik tiga) di bagian kanan atas layar.
  4. Buat folder baru dan tambahkan berkas seperti cara nomor 3.
  5. Selanjutnya pilih berkas (file) yang ingin disembunyikan.

Cara mengembalikan file tersebunyi di berkas:

  1. Buka Berkas.
  2. Tekan dan tahan layar sambil gulir kebawah hingga muncul icon gembok.
  3. Masukkan sandi (Pola, Password, Sandi) atau buka dengan sidik jari untuk device yang mendukung.
  4. Pilih folder tersembunyi, pilih dan tandai file yang ingin dikembalikan.
  5. Terakhir, pilih folder tempat file tersebut akan dikembalikan.

Cara ini lebih mudah jika kamu ingin menyembunyikan file di Xiaomi. Jika melalui Galeri file akan masuk ke Mi Clound, untuk mengembalikan file tersebut kamu harus download file-nya dengan cara login ke Mi Cloud melalui laptop/PC. Kemudian pindahkan file tersebut ke Galeri dari Laptop via USB OTG atau Mi PC Suite.

Cara tersebut tentu cukup menyulitkan. Namun, ada beberapa kelebihannya seperti file yang masuk ke Mi Cloud tidak menggunakan memori perangkat. Sedangkan file yang disembunyikan melalui berkas tetap menggunakan memori perangkat. Kelebihannya menyembunyikan di Berkas, yaitu mudah dikembalikan dan tidak memakan kuota seperti menggunakan Mi Cloud.

Jika cara yang saya tulis disini kurang jelas, mohon maaf. Namun, kalian bisa bertanya dengan menulis komentar di bagian bawah posting.

Loading...