Cara Mengambil Screenshot Panjang di Xiaomi

Cara Mengambil Screenshot Panjang di Xiaomi

Sebelumnya saya sudah menulis tentang cara mengambil screenshot menggunakan tiga jari di Xiaomi. Nah, pada artikel kali ini saya mau berbagi cara mengambil screenshot panjang (long screenshot) di Xiaomi. Tidak perlu men-download aplikasi tambahan karena fitur screenshot panjang tersedia untuk Xiaomi MIUI 8, 9 dan 10.

Long screenshot sendiri berguna untuk mengambil tangkapan layar yang lebih panjang seperti tangkapan layar sebuah halaman artikel web. Screenshot panjang bisa digunakan untuk mengambil gambar dari halaman yang bisa digulir (di-scroll).

Saat ini hampir semua smartphone terbaru dari berbagai merek sudah menyediakan fitur screenshot panjang secara default. Sehingga pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk dapat mengambil long screenshot. Salah satu yang akan saya bahas disini yakni long screenshot di Xiaomi.

Bagaimana cara mengambil screenshot panjang di hape Xiaomi? Simak caranya dibawah ini.

Cara Mengambil Screenshot Panjang di Xiaomi

  • Persiapkan halaman yang ingin di-screenshot. Kalian bisa jadikan halaman artikel ini sebagai contoh.
  • Silahkan ambil screenshot seperti biasa menggunakan kombinasi tombol power+volume down (-), atau bisa menggunakan screenshot 3 jari.
  • Maka akan muncul pop-up berupa gambar kecil hasil screenshot di sudut kanan atas layar.
  • Selanjutnya kalian bisa klik gambar kecil tersebut.
  • Selanjutnya muncul menu baru untuk mengambil screenshot panjang.
  • Silahkan pilih menu Scroll atau Gulir untuk memulai mengambil long screenshot.
  • Secara otomatis smartphone kalian akan mulai menggulir layar untuk membuat area screenshot panjang.
  • Selanjutnya pilih Done atau Selesai untuk mengambil dan menyimpan hasil screenshot.
  • Setelah selesai kamu bisa membagikan, mengedit atau menghapus long screenshot ini langsung dari bar notifikasi yang muncul.
Baca juga  Ini Daftar Smartphone Xiaomi yang Mendapatkan Upgrade ke MIUI 9

Cukup mudah, bukan? Nah, cara diatas bisa kamu coba di Xiaomi yang menjalankan antarmuka MIUI 8, MIUI 9 dan MIUI 10. Jika ada perubahan pada MIUI terbaru nanti, saya akan membagikan tutorial terbaru seputar screenshot di Xiaomi.

Hasil screenshot panjang yang telah kalian ambil bisa dilihat di Galeri guys. Fitur screenshot panjang ini memiliki banyak manfaat, seperti mengambil screenshot halaman web untuk kemudian dibaca nanti. Selama digunakan untuk hal yang positif, fitur ini sangat berguna dalam kehidupan di era digital saat ini.

Selamat mencoba!