Beranda Tips Trik Cara Menampilkan Album Foto Tersembunyi di MIUI 8

Cara Menampilkan Album Foto Tersembunyi di MIUI 8

4871
37

Cara menampilkan album foto tersembunyi sudah pernah saya tulis pada artikel terdahulu. Namun, karena MIUI terus di upgrade, mungkin cara tersebut sudah tidak bisa diaplikasikan pada smartphone Xiaomi yang sudah menjalankan versi terbaru, yaitu MIUI 8. Ya, memang pada artikel sebelumnya saya menulis tentang cara menampilkan foto tersembunyi pada MIUI 7 saja. Dan, mungkin cara tersebut membingungkan bagi teman-teman yang menggunakan hp Xiaomi dengan antarmuka MIUI 8.

Pada artikel ini saya akan menyampaikan banyak hal seputar album tersembunyi. Jadi, saya harap teman-teman menyimak tulisan ini dengan baik agar nanti tidak ada pertanyaan yang sebenarnya sudah saya jelaskan dalam artikel ini. Tidak hanya itu, di bagian akhir akan saya masukkan sebuah video tutorial menampilkan album tersembunyi. Baiklah berikut ini cara menampilkan album, foto dan video tersembunyi di Xiaomi.

Cara Menampilkan File Tersembunyi

Mungkin lebih singkatnya saya menggunakan nama file saja, artinya sudah masuk semua album, foto dan video. Dibawah ini adalah langkah-langkahnya.

1. Masuk ke Pengaturan.

2. Gulir kebawah pilih Aplikasi Sistem.

Advertisement

3. Selanjutnya pilih Galeri dan aktifkan Tampil Album Tersembunyi.

4. Terakhir, masuk ke Galeri. Pada bagian Album tekan dan tahan layar smartphone sambil digulir kebawah hingga ikon gembok terbuka muncul.

Setelah melakukan cara diatas, silahkan masuk ke Galeri untuk melihat Album atau Folder tersembunyi. Beberapa pertanyaan mungkin sering ditanyakan karena masalah seperti dibawah ini.

Bagaimana menampilkan foto tersembunyi? Jawabannya sudah ada diatas.

Dimana letak album tersembunyi? Jawabannya. Cukup dilihat di Galeri dengan cara diatas.

Saya lupa password album tersembunyi, bagaimana ini? Jawaban. Klik lupa password yang ada di bagian bawah pola (sandi album).

Penjelasan penting tentang Album Tersembunyi

Album tersembunyi adalah salah satu fitur unggulan Xiaomi dimana file (foto dan video) yang disembunyikan akan di unggah ke layangan Mi Cloud. Meski masuk ke Mi Cloud, file tersembunyi tersebut tetap bisa di akses dari Galeri karena Mi Cloud secara teknis langsung terhubung ke Galeri.

Untuk menyembunyikan file, sistem akan otomatis meminta kita untuk mengaktifkan sinkron ke Mi Cloud. Jika telah aktif, maka file yang disembunyikan akan melakukan proses upload. File tersebut akan masuk ke Mi Cloud dan bisa diambil sewaktu-waktu.

Namun, terkadang ada masalah bagi sebagian pengguna dimana mereka tidak menemukan file di Mi Cloud. Salah satu penyebab utama adalah sinkronisasi ke Mi Cloud tidak berjalan dengan semestinya sehingga file tersebut tidak di unggah ke Mi Cloud dengan benar. Masalah ini jelas sangat mungkin terjadi, terlebih jika teman-teman berada pada jaringan yang tidak stabil kecepatan internetnya. Ini adalah masalah utama yang membuat sulitnya menemukan kembali file yang sudah disembunyikan.

Demikian informasi Cara Menampilkan Foto Tersembunyi di Xiaomi ini. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah.

Jika teman-teman berkenan, tolong share artikel ini ke sosial media. Terima kasih, salam Mi Fans Indonesia.

Advertisement

37 KOMENTAR

  1. Saya kan baru mencoba menyembunyikan sebagian foto yg ada di galeri saya, setelah itu di album tersembunyi hanya muncul beberapa foto saja, Foto yg lain tidak bisa dibuka, kalau dibuka warnanya hanya hitam saja. Kemudian saya tandai foto-foto yg saya sembunyikan tadi dan saya milih tampil. Lalu saya taruh ke folder baru. Namun sama saja foto tetap kalau dibuka menjadi hitam, beberapa waktu kemudian saya lihat foto sudah hilang, kira2 bagaimana ya? Dan foto-foto tsb itu kemana? Lalu itu disebabkan oleh apa?
    Terimakasih

    • Berarti tidak sinkron dengan benar. Foto akan di unggah ke Mi Cloud kemungkinan unggahan tidak selesai, jadi foto tidak tampil sepenuhnya. Jika ditampilkan lagi, yang muncul adalah foto yg belum selesai diunggah ke Mi Cloud. Sebaiknya biarkan saja jangan ditampilkan dulu ke galeri. Pas jaringan bagus foto akan selesai di sinkron.

    • Saya mau tanya tadinya niat saya mau sembunyikan foto dan video, lalu saya sembunyikan video nya tapi saya cari d galeri tdk ada d berkas pun tdk ada sedang kan sya tidak sinkron video tersebut k cloud

    • Kalo terhapus nggak bisa. Pun begitu, nggak ada salahnya jika mbak bro cek di Mi Cloud, gunakan PC untuk log-in ke Mi Cloud. Kali aja masih ada filenya.

  2. Saya lupa pola, tapi pas buka album tersembunyi di bagian bawah pola nya gaada tulisan ‘lupa password’ walaupun saya sudah 5 kali salah,yg keluar hanya ulangi. Jadi gimana ya?

    • Kalo di MIUI 8.1 lupa password udah keliatan pertama mengakses album. Jika tidak ada, masukkan terus pola yang salah hingga muncul lupa password. Mungkin butuh beberapa kali hingga muncul “coba lagi dalam” sekitar 190 detik

  3. Setelah 5 kali salah, muncul coba lagi dalam 30 detik. Pas udh nunggu 30 detik, sama aja kembali ke awal, saya pake xiaomi redmi note 2

    • Buka aplikasi Note/Catatan. Ketuk dan tahan layar sambil gulir ke bawah hingga muncul ikon gembok dan pola untuk akses catatan tersembunyi. Selanjutnya masukkan kunci pola yang digunakan.

  4. Saya pake MIUI 8, terus kalo buka note yg tersembunyi yg keluar itu bukan pola, tapi password pin, nah pin nya itu yg saya pake buat sandi kunci layar

  5. Saya pakai resmi 3s..ada file di dalam sd card dan internal yg saya sembunyikan (belum buat akun cloud)…namun setelah saya tampilkan lagi di settingan berkas eh file tersebut hilang…lalu saya buat akun cloud tp nihil..saya restart jg nihil..itu file nyangkut dmn yah ?

    • Wah, emang sering gitu mas. Kalo terlalu cepat sembunyikan file tanpa buat akses dulu ke Mi cloud. Sabar aja dulu mas, cek beberapa hari lagi tunggu file di sinkron dengan benar. Mudah-mudahan masih bisa ketemu.

      • Misi om , Kapasitas penyimpanan mi cloud saya sudah full . Jadi ada beberapa foto yang gagal untuk di singkron ke mi cloud saya .
        Jadi ketika buka galeri . Ada tulisan ” 335 menunggu untuk disinkron” (dipaling atas galeri) kalau di tekan keluar foto foto yg belum berhasil di sinkron
        Pertanyaan saya gimana cara menghapus file yg gagal disingkron karna buat risih pas scroll . Uda saya coba cari hapus tapi yg ada cuman rincian foto

        • Pertama, mas bisa upgrade Mi Cloud untuk menambah kapasitas, mas perlu membayar untuk tindakan ini.

          Jangan dihapus mas, biarkan saja menunggu untuk disinkronkan, foto tersebut tetap ada di penyimpanan internal/eksternal. Lebih baik mas hapus foto yang sudah disinkron saja karena masih ada di Mi Cloud jika sewaktu-waktu ingin diambil kembali. Kalau mas tetap ingin menghapus, buka Galeri, klik dan tahan pada salah satu foto, silahkan klik foto lainnya yang ingin dihapus untuk ditandai juga. Setelah selesai, klik Hapus.

  6. Saya pake xiaomi redmi note 2 miui 8 gan
    Pas mau buka pola gadak lupa sandinya..
    Trus gmn solusinya gan?

    • Yakin nggak ada tulisan”Lupa pola?” gan? Coba cek pembaruan dulu gan, kalo ada upgrade ke versi MIUI terbaru.
      Jalan lain bisa dengan terus-menerus memasukkan pola yang salah sampai muncul lupa pola.

  7. Saya menyembunyikan file yg ada disd card saya, sama menekan foldernya laku saya sembunyikan, setelah itu saya tekan titik3 yg ada dipokok kanan atas lalu saya pilih tapilkan folder, akan tetapi tidak terkadi apapun, dan file saya hilang, bagaimana cara menapilkan folder saya kembali pada sd card ?

  8. Saya sudah coba semuanya tapi tetep tidak bisa, micloud saya sudah penuh , padahal HP baru…Apa harus buat akun baru lagi yaa biar dapat ruang cloud lagi

  9. Kok galeri saya tiap ambil ato download gambar di galeri munculnya lama yah? Padahal di berkas filenya lgsg ad..

    • Apakah maksud mas download gambar di internet dan lama muncul di folder download yang di galeri? Terkadang memang seperti itu mas. Apalagi kalo mas buka lewat aplikasi, misal lewat aplikasi edit foto karena ingin edit foto tersebut.

      Coba mas tutup dulu aplikasi yang berjalan di background, dan buka lagi.

  10. Gan punya saya SDH saya sembunyi kan TPI Masi aman” saja. Setelah memory Eksternal saya cabut saya mau liat foto” yg disembunyikan sudah tidak muncul, trus saya pasang lagi memory nya ttp saja ngk muncul. Tolong solusinya gan.

Komentar