Cara Mengambil Foto Blur (Bokeh) Seperti DSLR Pakai HP Xiaomi

Cara Mengambil Foto Blur (Bokeh) Seperti DSLR Pakai HP Xiaomi

Adyblog.com – Saya sering posting foto-foto blur background di sosmed, dan banyak yang mengira foto tersebut diambil dari kamera DSLR. Padahal sebenarnya hanya dari smartphone Xiaomi, karena auto focus Xiaomi benar-benar bekerja dengan baik dengan teknik tertentu.

Disini saya akan berbagi cara mengambil foto blur seperti pakai kamera DSLR hanya dengan ponsel Xiaomi. Namun, sebelum kamu mencoba caranya, harap kamu perhatikan syarat-syaratnya ya, karena yang namanya kamera ponsel pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, beda dengan kamera DSLR yang sudah jelas memiliki lensa besar dan panjang.

Cara Mengambil Foto Blur (Bokeh) Seperti DSLR Pakai HP Xiaomi

cara mengambil foto bokeh xiaomi

Sebelum memulai, perhatikan beberapa hal berikut ini agar kamu berhasil membuat foto blur dengan baik menggunakan smartphone Xiaomi kamu sobat.

  • Objek harus berukuran kecil.
  • Jarak kamera tidak boleh lebih dari maksimal 1 meter.
  • Jaga kestabilan kamera.
  • Gunakan mode manual.

Beberapa orang ingin membuat foto blur dengan objek manusia memang tidak sempurna seperti kamera DSLR, karena ponsel hanya memiliki kamera dengan lensa kecil tanpa ada lensa tele sebagai tambahan. Oleh sebab itu membuat foto blur background jarang berhasil pada objek manusia.

Jika kamu sudah paham dengan beberapa poin diatas, sekarang saatnya memulai untuk mengambil foto blur backgroun (bokeh) menggunakan ponsel kamu.

  1. Tentukan objek.
  2. Buka kamera hp Xiaomi kamu, gunakan kamera pada mode manual atau otomatis saja.
  3. Dekatkan hp dengan objek, semakin kecil objeknya maka semakin dekatkan hp kamu.
  4. Ketuk pada bagian yang ingin kamu jadikan fokus, sehingga bagian yang tidak dipilih akan tampak blur.
  5. Selanjutnya, ubah jarak hp dengan objek (mendekat dan menjauh) sampai kamu mendapatkan blur yang sempurna.
  6. Ambil foto dengan posisi kamera tetap stabil, pelan saja agar hasilnya bagus.

Pada foto dibawah ini bisa kamu lihat hasil foto yang saya ambil dari beberapa tipe hp Xiaomi yang berbeda. Hasilnya tampak sempurna layaknya menggunakan kamera DSLR.

Cara Mengambil Foto Blur (Bokeh) Seperti DSLR Pakai HP Xiaomi
Diambil menggunakan kamera Xiaomi Redmi 3 Prime | Foto: Ady Kenzie
Cara Mengambil Foto Blur (Bokeh) Seperti DSLR Pakai HP Xiaomi
Diambil menggunakan kamera Xiaomi Mi 4i | Foto: Ady Kenzie

Mungkin kamu ada pertanyaan tentang hp Xiaomi apa saja yang bisa mengambil foto bokeh. Jawabannya adalah semua tipe Xiaomi. Pun begitu tetap ada yang lebih bagus dalam mengambil foto seperti Xiaomi Mi 4i, 4c, semua tipe Redmi dan flagship Xiaomi. Sementara itu, untuk Xiaomi Mi Max menurut saya kurang baik dalam hal fotografi meskipun mampu merekam video 4K.

Baca juga: Setting Kamera Xiaomi untuk Mengambil Foto Macro

Nah, demikianlah informasi cara mengambil foto blur seperti DSLR menggunakan Xiaomi. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar.